×

blog/yuk-kenali-perbedaan-safety-driving-dan-defensive-driving-092022

Yuk Kenali Perbedaan Safety Driving dan Defensive Driving!

23 Sep 2022

Tidak asal injak gas, keselamatan saat berkendara juga harus diperhatikan dengan menerapkan safety driving dan defensive driving. Biar nggak bingung, yuk cari tahu perbedaan keduanya!

Sekarang sudah paham kan apa perbedaan keduanya? Nah, untuk menerapkan keduanya ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, berikut tipsnya.

 

Cara menerapkan safety driving

Untuk tetap menjaga kewaspadaan selama berkendara, begini cara menerapkan safety driving.

 

1. Cara mengemudi

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah cara mengemudi. Ada dua tipe posisi tangan saat berbelok, yaitu pull down dan push up.

Baca juga: Cara Cek Mobil Bekas Tabrakan, Mana Saja Titiknya?

Pull down adalah cara mengemudi dimana pengemudi memegang setir bagian atas lalu bergerak ke sisi samping hingga akhirnya tangan berada di bawah.

Sedangkan push up adalah cara mengemudi dengan memegang setir di bagian bawah lalu menuju ke bagian samping hingga akhirnya tanga ada di atas. 

Kedua cara ini sama-sama tepat, yang penting adalah posisi tangan harus luwes saat mengendalikan setir.

 

2. Posisi duduk

Ada tiga poin yang harus diperhatikan dalam mengatur posisi duduk. Yang pertama adalah kenyamanan, yakni pengemudi harus bisa duduk tanpa lelah selama 2-4 jam tanpa membuat bagian tubuh cedera.

Baca juga: Benarkah Jarang Dipakai Bikin Aki Mobil Tekor?

Kemudian kontrol, yakni posisi kaki harus pas, posisi tangan yang mengendalikan setir harus berada di bawah jantung dan seluruh punggung rapat dengan sandaran bangku agar tidak mudah lelah.

Terakhir, komunikasi, yakni mampu mengoperasikan seluruh instrumen yang ada di dashboard dan mampu memantau blind spot.

 

3. Sikap mengemudi

Sikap mengemudi juga harus diperhatikan dalam menerapkan safety driving, seperti menekan pedal gas dengan lembut, perpindahan gigi secara ideal serta mengesampingkan emosi saat berkendara.

 

4. Langkah mendahului yang tepat

Mendahului juga tidak boleh asal, ada langkah-langkah yang sebaiknya tidak kamu acuhkan supaya aman dan tidak membahayakan orang lain. 

Baca juga: Apa Sih Perbedaan Spooring 3D dengan Spooring Biasa?

Dimulai dari jaga jarak aman, memberikan lampu sign, meminimalisir dan menghindari blind spot, gunakan gigi rendah, putar kemudi dengan lembut, cek kondisi sekitar, kemudian mendahului mobil satu per satu.

 

Cara menerapkan defensive driving

Sementara untuk menerapkan defensive driving, lakukan cara berikut ini.

 

1. Persiapan mengemudi

Persiapan mengemudi mencakup seatbelt, mengatur posisi semua spion, air dan karet wiper,  lampu-lampu dan lainnya. Kemudian, sebisa mungkin di sekitar ruang kamu mengemudi tidak ada barang yang dapat mengganggu.

 

2. Hindari gangguan

Bentuk gangguan saat mengemudi bisa datang dari dalam maupun luar. Sistem audio, suara penumpang telepon hingga minuman tumpah merupakan bentuk gangguan konsentrasi dari dalam.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Bengkel Ketok Magic

Sedangkan gangguan mengemudi dari luar mencakup suara klakson mobil lain yang mengganggu, lampu yang menyilaukan atau adanya hal yang di pinggir jalan. 

Hal-hal tersebut akan sangat mengganggu konsentrasi pengemudi hingga kemungkinan untuk mengambil sebuah tindakan menjadi tidak lagi efektif, bahkan cenderung melakukan manuver yang ceroboh.

 

3. Beri jarak aman

Dengan menyediakan jarak yang cukup dengan kendaraan yang ada di depan, kamu bisa mengambil tindakan yang dibutuhkan lebih awal, baik untuk melakukan pengereman maupun menghindar.

Baca juga: Tips Merawat Mobil Putih Agar Selalu Bersih dan Kinclong

Sebaiknya gunakan hitungan detik untuk membuat jarak aman, sehingga seberapa cepat laju kendaraan, jarak aman yang diterapkan akan sesuai. Jarak aman dengan mobil depan idealnya adalah 4 detik.

Tidak sulit kan cara menerapkan keduanya? Jadi, mulai sekarang tidak ada alasan lagi untuk tidak melakukan safety driving dan defensive driving, ya! Yuk jadi pengendara yang bijak dan cerdas!

Untuk informasi dan tips-tips menarik lainnya, kunjungi mobbi, ya! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan