×

blog/usianya-sudah-lebih-dari-200-tahun-bagaimana-sejarah-peugeot-052023

Usianya Sudah Lebih dari 200 Tahun, Bagaimana Sejarah Peugeot?

15 Mei 2023

Peugeot adalah salah satu merek mobil asal Prancis yang telah lama berada di industri otomotif. Sejak didirikan pada tahun 1810, perusahaan ini telah melalui berbagai tahapan dalam sejarahnya hingga menjadi salah satu produsen mobil terkemuka di dunia. 

Yang menarik, Peugeot awal mulanya merupakan produsen alat perkakas gergaji. Lantas bagaimana sejarah Peugeot dari awal hingga saat ini? Berikut penjelasannya.

 

Awal berdiri dari alat perkakas hingga produsen mesin kopi

Peugeot didirikan pada tahun 1810 oleh dua bersaudara, Jean Pierre II dan Jean Frederic Peugeot. Mereka adalah seorang pengusaha Prancis. 

Baca juga: 10 Lagu Coldplay ini Cocok Buat Nemenin Kamu Pergi ke Kantor

Pada awalnya, duo ini memproduksi alat-alat perkakas seperti gergaji. Tak lama berselang, mereka mengembangkan bisnis dengan memproduksi peralatan penggilingan kopi dan rem sepeda di tahun 1840 hingga 1885.  

1 tahun berselang, atau tepatnya pada tahun 1886, Peugeot mulai memproduksi sepeda pertama mereka dengan logo singa di bagian bodinya. Saat itu, perusahaan ini sudah dijalankan oleh Armand Peugeot yang merupakan cucu Jean Pierre II.

Adapun kendaraan roda dua yang diperkenalkan Armand diberi nama Le Grand Bi. Sepedanya unik, memiliki ciri khas pada ban depan yang lebih besar daripada ban belakangnya. 

Baca juga: Bakal Konser di Jakarta, Intip Koleksi Mobil Chris Martin Vokalis Coldplay

Sejak produksi sepeda itulah Armand mulai kepincut pada industri otomotif. Visinya mulai berkobar saat dia bertemu dengan tokoh penting bernama Gottlieb Daimler, yang menciptakan Benz-Patent Motorwagen atau mobil bertenaga bensin pertama di dunia.

 

Mobil 3 roda 

Pertemuan Gottlieb dan Armand berselang beberapa kali dan alot. Di satu titik, Gottlieb berhasil meyakinkan Armand untuk membuat mengekspansi bisnisnya menjadi bidang otomotif. Pada tahun 1889, Armand terayu, dan menyulap brand asal Prancis ini menjadi salah satu produsen di industri otomotif 

Mobil pertama yang dibuat oleh Peugeot adalah kendaraan tiga roda bertenaga uap bernama Serpollet Peugeot. Armand menggandeng seorang insinyur bernama Leon Serpollet dalam memproduksi mobil tersebut.

Baca juga: Daihatsu dan Toyota Indonesia Pastikan Produknya Tidak Terlibat Manipulasi Uji Tabrak

Namun sayang seribu sayang, penjualan mobil cukup terganggu karena tren mobil bertenaga bensin mulai menjamur. 

Tapi Armand tak patah arang, dia malah putar otak mencari cara agar bisnis otomotifnya tetap berjalan. Alhasil, Armand mengalihkan mobil bermesin uap itu menjadi mobil bertenaga mesin bensin.

 

Mobil bensin

Hanya dalam tempo satu tahun, atau tepatnya pada 1890, Armand berhasil membuat Peugeot memproduksi mobil bensin pertama mereka. Mobil yang diberi nama Quadricycle Tipe 2 ini memiliki empat roda dan disokong oleh teknologi mesin Daimler. 

Baca Juga:  Mobil ini Jadi Favoritnya Vin Diesel di Fast and Furious 10

Di bawah lisensi Daimler, mobil itu lebih canggih daripada kebanyakan mobil sezamannya. Sebabnya kendaraan roda empat itu sudah dibekali dengan suspensi tiga titik dan transmisi gigi geser.

Setelah meluncurkan mobil Tipe 2, Armand akhirnya memutuskan untuk memproduksi massal mobil pertamanya pada tahun 1891. Mobil tersebut diberi nama Tipe 3, dan merupakan penyempurnaan dari Tipe 2.

Penjualan mobil itu juga terbilang cukup cemerlang. Alhasil, Armand dan timnya meningkatkan jumlah produksi mobil tipe 3 sebanyak 29 yang dibuat pada tahun 1892, 40 pada tahun 1894, 72 pada tahun 1895, 156 pada tahun 1898, dan 300 pada tahun 1899. 

Baca juga: Daihatsu dan Toyota Indonesia Pastikan Produknya Tidak Terlibat Manipulasi Uji Tabrak

Yang menarik, mobil tipe 3 ini menjadi mobil pertama yang dikemudikan di negara Italia. Mobil ini juga yang pertama kali berhasil menempuh perjalanan dari kota Valentigney-Paris yang jaraknya ratusan kilometer. Mobil ini juga memenangkan beberapa kejuaraan balap di tahun-tahun berikutnya.

 

Punya pabrik perdana

Berhasil memproduksi beberapa mobil dan meraih kesuksesan di ajang balap mobil, Peugeot akhirnya memutuskan untuk mengawali langkahnya di dunia otomotif dengan mendirikan Automobiles Peugeot pada tahun 1896. Di pabrik ini, Peugeot memproduksi sepeda dan mobil dengan brand Peugeot yang terkenal itu.

Baca juga: Rekomendasi Bengkel Spooring dan Balancing di Jabodetabek

Pada tahun 1890, Peugeot meresmikan pabrik pertamanya di wilayah Audincourt, dengan memanfaatkan pabrik bekas yang sebelumnya tidak digunakan. Setahun kemudian, pada tahun 1898, pabrik kedua Peugeot dibuka di wilayah Lille, Prancis. 

Dengan membuka pabrik kedua, Peugeot dapat memperluas jangkauan produksinya dan memenuhi permintaan pasar yang semakin meningkat. 

Tak tanggung-tanggung, setelah sukses memproduksi berbagai jenis kendaraan selama lebih dari 10 tahun, Peugeot memperkenalkan pabrik terbesarnya pada tahun 1912 yang masih berdiri hingga saat ini. 

Baca juga: Segini Harga Mobil Listrik Wuling Setelah Dapat Insentif

Pabrik yang berlokasi di wilayah Sochaux, Prancis, kini dilengkapi dengan museum Peugeot yang menampilkan sejarah perjalanan Peugeot serta koleksi mobil-mobil lawasnya. 

Museum tersebut menjadi saksi bisu dari perjalanan panjang Peugeot di dunia otomotif, dan menjadi destinasi wisata yang menarik bagi para penggemar mobil klasik.

 

Seri 3

Pda tahun 1929, Peugeot memulai memberikan nama mobilnya dengan 3 angka dan angka nol di tengahnya. Mobil pertama yang diberi nama seperti itu adalah Peugeot 201. 

Baca juga: Bahaya Air Hujan untuk Cat dan Bodi Mobil, Jika Malas Mencucinya

Mobil ini sangat spesial kali pertama diluncurkan. 201 menjadi mobil pertama Peugeot yang menggunakan bodi tertutup dan penggerak roda depan independen. Ini merupakan sebuah inovasi besar pada zamannya. 

Dengan inovasi ini, Peugeot membuktikan komitmennya untuk terus memperbaiki performa dan kenyamanan mobil, dan menjadikan Peugeot 201 sebagai salah satu mobil paling revolusioner di masanya.

Kesuksesan Peugeot 201 menjadi awal mula dari keluarga mobil Peugeot dengan penomoran 3 angka dan angka nol di tengahnya. 

Baca juga: Gaya Modifikasi Wuling Air EV yang Tetap Nyaman untuk Harian

Peluncuran Peugeot 301 pada tahun 1932, dan 401 serta 601 pada tahun 1934, membuktikan bahwa Peugeot mampu menciptakan mobil-mobil yang terus mengalami inovasi dan kemajuan teknologi. 

Hingga kini, tradisi penomoran ini masih berlanjut dengan beberapa model mobil terbaru seperti Peugeot 201-208, 308, dan 508. Sebagai merek otomotif yang konsisten dalam inovasi dan pengembangan teknologi, Peugeot terus membuktikan dirinya sebagai pemimpin di industri otomotif global.

 

Peningkatan Penjualan

Pada tahun 1950-an dan 1960-an, Peugeot mengalami peningkatan penjualan yang signifikan, terutama di pasar Eropa. Mereka memproduksi mobil yang populer di kelas menengah, seperti mobill bergenre sedan 403 dan 404. Mereka juga memproduksi mobil sport, seperti tipe 205 GTI yang menjadi salah satu mobil sport paling populer pada masanya.

Baca juga: Rekomendasi Bengkel Spooring dan Balancing di Jabodetabek

Brand asal Prancis ini juga memasuki pasar mobil mewah dengan memproduksi model tipe 504 pada tahun 1975. Model ini memiliki desain yang elegan dan dilengkapi dengan fitur-fitur modern seperti kaca depan elektrik dan AC.

 

Inovasi Teknologi

Peugeot terus melakukan inovasi teknologi pada mobilnya. Pada tahun 1984, mereka menjadi produsen mobil pertama yang memasang rem cakram pada semua roda pada model 505 Turbo Injection miliknya. 

Mereka juga memperkenalkan teknologi injeksi bahan bakar pada mobil-mobilnya pada tahun 1980-an. Peugeot juga terus melakukan penelitian dan pengembangan di bidang kendaraan ramah lingkungan. 

Baca juga: Segini Harga Mobil Listrik Wuling Setelah Dapat Insentif

Pada tahun 1998, mereka memperkenalkan mobil listrik pertamanya, yaitu model hatchback 106 Electric. Kemudian pada tahun 2010, mereka meluncurkan mobil hybrid pertamanya, yaitu model 3008 Hybrid4.

Selain itu, mereka juga mengembangkan teknologi yang lebih efisien dan ramah lingkungan pada mesin dieselnya. Pada tahun 2004, mereka meluncurkan mesin diesel berkinerja tinggi dengan teknologi particulate filter (DPF) yang dapat mengurangi emisi gas buang.

Pada tahun 2016, Peugeot meluncurkan mobil yang menggunakan teknologi i-Cockpit. Teknologi i-Cockpit dirancang untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih interaktif dan ergonomis dengan menempatkan instrumen-instrumen kendaraan di depan pengemudi.

Baca juga: Bahaya Air Hujan untuk Cat dan Bodi Mobil, Jika Malas Mencucinya

Merek mobil berlogo singa ini juga terus mengembangkan mobil otonom dan memperkenalkan teknologi driver assist yang dapat membantu pengemudi dalam berkendara, seperti sistem pengereman darurat otomatis dan sistem adaptive cruise control.

 

Prestasi dan Penghargaan

Peugeot telah meraih banyak prestasi dan penghargaan dalam sejarahnya. Salah satu prestasi terbesarnya adalah saat mereka memenangkan balapan Paris-Dakar selama empat tahun berturut-turut pada tahun 1987-1990 dengan mobil andalannya 205 T16.

Pada tahun 2014, model 308 memenangkan penghargaan European Car of the Year, mengalahkan pesaing-pesaingnya seperti Mercedes-Benz C-Class dan BMW i3. Model 3008 juga memenangkan penghargaan European Car of the Year pada tahun 2017.

 

Masuk Indonesia

Peugeot pertama kali memasuki pasar otomotif Indonesia pada tahun 1970-an. Saat itu, mobil Peugeot mulai diperkenalkan melalui jalur impor oleh beberapa pengusaha mobil.  Salah satunya melalui anak perusahaan Astra International, yakni PT Multi France Motor yang hongga sekarang masih dipegang oleh Astra International dengan nama PT Astra International Peugeot.

Baca juga: Benarkah Mobil Klasik Cocok untuk Investasi?

Pada akhir dekade 1970-an, Peugeot kemudian membangun pabrik perakitan mobil di Jakarta sebagai upaya untuk lebih memperkuat kehadirannya di Indonesia. Hal ini merupakan langkah yang tepat lantaran penjualan Peugeot di Indonesia terbilang laris.

Beberapa mobil Peugeot telah mencatat kesuksesan di pasar otomotif Indonesia, antara lain model 505, 405, 206, 306, 406, dan 307. Adapun untuk Peugeot 206 mungkin yang paling terkenal. Mobil ini dianggap sebagai salah satu pelopor tren hatchback sporty di Indonesia pada awal 2000-an. 

Penjualan 206 secara global juga menggiurkan. Mobil ini menjadi kendaraan roda empat yang penjualannya paling laris dan sukses yang pernah dihasilkan oleh Peugeot. Mobil ini berhasil terjual hingga lebih dari 7 juta unit di seluruh dunia.

Baca juga: Mengulas Toyota Corolla DX, Legenda Toyota yang Sedang Naik Daun

Hingga saat ini, Peugeot terus mempertahankan kehadirannya di Indonesia dengan meluncurkan beberapa model terbaiknya. Adapun model Peugeot 3008, Peugeot 5008, Peugeot 2008 adalah mobil Peugeot paling populer di Indonesia untuk saat ini.

Ternyata, panjang banget ya sejarah brand yang satu ini? Mengingat Peugeot usianya sudah ratusan tahun, maka soal kualitas sudah nggak perlu kamu ragukan lagi! Sama seperti kualitas mobil bekas yang ada di mobbi.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan