×

blog/toyota-yaris-dan-honda-jazz-bekas-pilih-mana-cek-komparasinya-yuk-122022

Toyota Yaris dan Honda Jazz Bekas, Pilih Mana? Cek Komparasinya Yuk!

28 Des 2022

Sedang dihadapkan dengan kebingungan untuk memilih Toyota Yaris atau Honda Jazz bekas? Kedua mobil ini memang kerap menjadi rival untuk satu sama lain, tidak terkecuali di pasar mobil bekas, hal ini karena keduanya berada di segmen yang sama, yakni hatchback.

Tidak heran jika banyak yang kesulitan untuk memilih salah satu di antaranya. Agar tidak bingung, tentunya kamu harus tahu spesifikasi dan fitur apa saja yang ditawarkan kedua hatchback tersebut. 

Nah, berikut mobbi rangkumin komparasi Toyota Yaris yang terakhir kali mengalami pembaruan melalui facelift di tahun 2020 dan Honda Jazz generasi terakhir sebelum digantikan Honda City Hatchback di tahun 2021.

 

Toyota Yaris

Dimulai dari eksteriornya, Toyota Yaris punya bodi sporty dengan dimensi panjang 4.145 milimeter, lebar 1.730 milimeter, dan tinggi 1.500 milimeter. Dimensi tersebut menjadikan kabin Toyota Yaris terasa lega dengan head room dan leg room yang luas.

Baca juga: Jelang Malam Tahun Baru 2023, Ada Rekayasa Lalu Lintas di Sejumlah Wilayah

Dengan begitu, berkendara jadi terasa nyaman, apalagi dengan adanya fitur hiburan seperti head unit layar sentuh 7 inci dengan HD display yang dilengkapi Radio FM/AM, DVD, USB, AUX, dan konektivitas Bluetooth.

Untuk semua varian sudah dibekali dengan berbagai fitur tambahan yang modern, seperti Miracast, Weblink, iPod-ready, konektivitas Internet, multitasking window, dan remote apps melalui smartphone.

Tak hanya fitur hiburannya saja yang canggih, fitur keamanannya pun juga. Untuk pengereman, Toyota Yaris dibekali dengan Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Anti-lock Braking System (ABS), serta Brake Assist (BA). 

Baca juga: Belajar Mengemudi Mobil, Pilih Manual atau Matic

Dengan demikian hasil pengereman menjadi lebih sempurna, serta dapat mencegah terjadinya ban terkunci jika pengemudi melakukan pengereman secara mendadak.

Tak cukup sampai di situ, Toyota Yaris juga memiliki airbag di sejumlah titik, 3 point seatbelt, ISOFIX, Vehicle Stability Control (VSC), hingga Hill-Start Assist (HSC).

Lalu bagaimana dengan performanya? Toyota Yaris menggunakan mesin 2NR-FE 4 silinder tipe DOHC dengan teknologi Dual VVT-I yang memiliki kapasitas 1.496 cc dengan tenaga maksimal 105,5 daya kuda pada 6000 RPM, serta torsi sebesar 14,3 Nm pada 4200 RPM.

Baca juga: ETLE Mobile dan ETLE Statis Resmi Dirilis, Apa Perbedaannya?

Mesin tersebut memiliki dua pilihan transmisi, yaitu transmisi manual dengan 5 percepatan dan transmisi otomatis CVT 7 percepatan. 

 

Honda Jazz

Tidak jauh berbeda dengan Toyota Yaris, Honda Jazz juga punya bodi yang sporty. Namun, dari segi dimensi, mobil ini punya panjang dan lebar yang lebih kecil, yakni 3.995 milimeter x 1.694 milimeter. 

Sedangkan, untuk tingginya, Honda Jazz sedikit lebih tinggi dibanding Toyota Yaris, yakni 1.524 milimeter. Untuk menambah kenyamanan, Honda Jazz dilengkapi dengan fitur hiburan seperti head unit berukuran 8 inci yang mengusung konsep smart touch.

Baca juga: Berlaku Kembali, Apa Saja Pelanggaran yang Kena Sanksi Tilang Manual?

Head unit tersebut memiliki fitur pemutar musik CD, AUX, dan USB. Untuk fitur keamanan, Honda Jazz dilengkapi dengan dual SRS front airbags, side impact beam, pedestrian protection, seat belt adjuster, dan seatbelt 3P ELR dengan pretensioner with load limiter.

Mobil ini juga sudah memiliki sistem pengereman yang mumpuni dengan adanya fitur ABS, EBD, dan Brake Override System. Namun sayangnya, belum ada BA dan VSC seperti Toyota Yaris.

Soal performanya, Honda Jazz dibekali mesin i-VTEC + DBW SOHC 1.500cc mampu melaju hingga 120 daya kuda pada 6.600 RPM dan torsi 145 Nm pada 4.600 RPM.

 

Pilih mana?

Jadi, yang mana nih pilihan kamu? Toyota Yaris bekas atau Honda Jazz bekas? Buat kamu yang mengincar mobil bergaya minimalis nan lincah, namun tetap ingin kabin dan bagasi yang lega, Toyota Yaris bisa menjadi pilihan yang tepat.

Namun, jika doyan mengemudi dan suka mobil fun to drive dengan handling yang baik, kamu bisa menjatuhkan pilihan pada Honda Jazz. Apapun pilihan kamu, pastikan sudah sesuai dengan kebutuhan dan budget, ya. 

Di mobbi, kamu bisa menemukan Toyota Yaris bekas seharga mulai dari Rp 160 jutaan. Sedangkan Honda Jazz bekas bisa kamu temukan dengan harga mulai dari Rp 200 jutaan. Tenang, semua unit mobil bekas di mobbi dijamin berkualitas! 

Baca juga: Tidak Ditilang, Ternyata Ini Aturan dan Sejarah Lampu DRL mobil

Apalagi, sekarang setiap mobil yang ada di mobbi sudah memiliki badge mobbi Certified, yang berarti sudah diinspeksi oleh ahli dari Astra.

Jadi, sudah pasti bebas dari tabrakan besar, bebas banjir, dan bebas dari kilometer putaran. Tidak hanya itu, surat-surat, nomor rangka dan nomor mesin yang terjamin keaslian dan keabsahannya. 

Nah, spesial bulan Desember 2022, beli mobil bekas di mobbi bisa dapetin cashback senilai jutaan rupiah, diskon langsung, potongan TDP,  hingga asuransi gratis yang bikin mobil kamu terjamin perlindungannya! 

Baca juga: Beli Mobil Bekas Gratis Asuransi dan Diskon 2 Juta? YA IYA DONG! #mobbidariASTRA!

Tunggu apalagi? Yuk beli mobil bekas di mobbi sekarang agar tidak ketinggalan promonya! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan