×

blog/toyota-kijang-kapsul-model-boleh-tua-tapi-kualitas-istimewa-012023

Toyota Kijang Kapsul: Model Boleh Tua Tapi Kualitas Istimewa

18 Jan 2023

Mobil Kijang Kapsul ini merupakan mobil keluaran Toyota yang masih menjadi pilihan bagi konsumen mobil bekas. 

Harganya yang cukup terjangkau di kantong, membuat mobil ini memiliki daya tarik tersendiri. Kijang Kapsul hadir pada tahun 90-an. Konsep awal kendaraan ini adalah sebagai kendaraan niaga atau berjualan namun beralih menjadi kendaraan penumpang pada generasi ketiga. 

 

Keunggulan Kijang Kapsul

Lalu kenapa mobil Kijang Kapsul menjadi pilihan bagi pembeli mobil bekas? Mobil Kijang Kapsul memiliki beberapa kelebihan yang tak kalah dengan mobil – mobil baru pada jaman sekarang. Apa saja kelebihan tersebut? 

Baca juga: 10 Tips Aman Menghindari Diri Dari Tindak Pencurian Mobil

Kalau bicara tentang kelebihan, Kijang Kapsul sebenarnya punya banyak kelebihan yang bisa diandalkan. Walaupun usia mobil ini sudah memasuki kepala dua, tapi untuk merawatnya juga terbilang mudah.

1. Kelebihan pertama dari mobil ini terdapat pada harga jualnya, harga jual Kijang Kapsul cenderung stabil, bahkan di beberapa daerah bisa dibilang punya harga tertinggi, untuk ketersediaan suku cadang dan ketersediaan sparepart mobil ini juga cukup melimpah. 

2. Karena Kijang Kapsul merupakan mobil hasil produksi lokal, maka kelebihan mobil ini adalah perawatannya yang sangat mudah, mesin dari Kijang Kapsul ini terkenal bandel, awet dan tidak rewel. 

3. Adapun keistimewaan lain yang dimiliki oleh mobil ini adalah ayunan suspense terbilang empuk Ketika melewati jalan yang keriting. 

Untuk bagian roda depannya memakai suspense berjenis double wishbone dan Rigid axle clamp di roda belakang, serta mobil ini memiliki kabin yang cukup luas dibanding mobil lainnya. 

 

Perubahan dari waktu ke waktu

Dari segi penampilan memang terlihat sangat berbeda dan kuno di jaman sekarang, terlebih pada Kijang Kapsul versi LX pasalnya mobil ini mendapatkan garis – garis yang lebih melengkung dan tambahan warna body yang berbeda, sehingga tampilannya mirip seperti kapsul. 

Ketika pertama kali diperkenalkan mobil ini hanya menggunakan mesin berkode  7K 1.800 cc dari generasi sebelumnya. Toyota baru memperkenalkan model bermesin diesel dengan kode 2L 4-silinder dan kapasitas mesin 2.500 cc pada bulan April 1997. 

Baca juga: 10 Rekomendasi Mobil Irit BBM Bermesin 1.200 cc di mobbi

Beranjak pada tahun 2000-an, Kijang Kapsul mendapat pembaruan khususnya dari bodi yang menjadi lebih ramping. Perubahan paling signifikan justru terjadi pada tahun 2002, fitur – fiturnya semakin lengkap, lebih mendukung kenyamanan berkendara.

Wajar jika mobil ini cukup digemari oleh masyarakat Indonesia kala itu. Pada Kijang versi tahun 1997 sampai 1999, mesin bensin masih menggunakan karburator. Barulah pada tahun 2000, tersedia mesin bensin dengan sistem injeksi elektronik, Elektronik Fuel Injection (EFI).

Ada dua pilihan mesin untuk mesin bensin EFI, yaitu 7K – E dengan kapasitas 1.800 cc bertenaga 80 daya kuda dan 1RZ-E dengan kapasitas 2.000 cc bertenaga 100 daya kuda yang diambil dari Toyota Hilux. Meskipun mesin 1RZ-E secara teknologi lebih canggih dibandingkan dengan mesin 7K-E.

Baca juga: Rekomendasi Harga LCGC Bekas di Bawah Rp 100 juta

Namun sayangnya mesin 2.000 cc ini kurang laku di pasaran Indonesia. Pada versi Kijang Kapsul selain terdapat varian SX, SSX, SGX (sasis pendek) LX, LSX, LGX (sasis Panjang) ada juga versi Krista (berbasis varian LGX).

Varian ini hadir dengan tambahan over fender, warna body two tone dan ban cadangan ala jip yang dipasang menempel pada pintu belakang. mobbi adalah tempat yang cocok untuk ada jika ingin mencari Kijang Kapsul bekas.

mobbi, platform jual beli mobil bekas yang membantu menemukan mobil idaman untuk mendukung mobilitasmu. mobbi juga menyediakan jasa konsultasi mengenai mobil idaman, termasuk informasi pembiayaan dan asuransi melalui fitur live chat

Baca juga: Tips Beli Mobil Bekas Online, Bagaimana Sih Caranya?

Untuk informasi dan tips-tips menarik lainnya, kunjungi mobbi, ya! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduh di Play Store atau  App Store. Selamat mencoba dan semoga tips ini bisa membantu, ya!

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan