×

blog/tips-mudah-merawat-mesin-diesel-di-mobil-suv-042022

Tips Mudah Merawat Mesin Diesel di Mobil SUV

07 Apr 2022

Walaupun terkenal bandel, bukan berarti kamu boleh tidak merawat mesin diesel dengan baik. Layaknya kendaraan bermotor pada umumnya, mobil bermesin diesel juga memerlukan perawatan agar performanya tetap terjaga.

Selain dikenal bandel, mesin diesel juga diketahui efisien dalam konsumsi bahan bakar serta mampu mengeluarkan torsi yang lebih besar, dan masih ada banyak keunggulan lainnya.

Dengan segudang keunggulan yang dimilikinya, tanpa perawatan yang mumpuni, keunggulan tersebut mungkin saja tidak bisa kamu rasakan.

Baca juga: Tips Beli Mobil Bekas Online, Bagaimana Sih Caranya?

Untuk itu, yuk simak tips merawat mesin diesel berikut ini, mudah kok!

 

Panaskan sebelum digunakan

Sebelum digunakan, panaskanlah mesin mobil terlebih dahulu. Tidak perlu terlalu lama, cukup 5-10 menit saja. Hal ini ditujukan agar oli dapat bersirkulasi dan melumasi komponen di dalam mesin.

 

Pemilihan oli

Cara merawat mesin diesel selanjutnya adalah dengan memilih oli yang tepat. Pastikan oli yang digunakan berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan pabrikan serta lakukan penggantian sesuai jadwal perawatan berkala pada buku servis kendaraan.

 

Gunakan solar berkualitas

Bukan cuma oli saja yang harus berkualitas, untuk merawat mesin diesel juga harus menggunakan solar yang berkualitas. Seperti solar dengan kadar Cetane Number (CN) tinggi atau kandungan sulfur yang lebih rendah.

Baca juga: Beli Mobil Bekas Berkualitas Mobil Baru, Memang Bisa?

Sebab, menggunakan solar dengan kandungan sulfur yang tinggi dapat merusak komponen injektor dan membuat pembakaran jadi tidak sempurna.

 

Mengganti filter bahan bakar

Perlu diketahui kalau kandungan solar terkadang masih terdapat air dan kotoran, dan jika masuk ke sistem pembakaran, maka proses pembakaran menjadi tidak sempurna dan berpotensi menyebabkan mobil mogok.

Untuk itu, pastikan kamu rutin melakukan penggantian filter bahan bakar dengan mengacu pada jadwal yang ada di buku manual atau buku servis perawatan agar filter bisa bekerja dengan baik dalam menyaring kandungan solar.

 

Mengganti filter udara

Untuk merawat mesin diesel tidak cukup hanya mengganti filter bahan bakar, filter udara juga harus diganti secara rutin. Sebab, proses pembakaran pada mesin yang sempurna juga dipengaruhi faktor udara bersih.

 

Perawatan rutin

Layaknya mobil pada umumnya, untuk merawat mesin diesel kamu juga harus membawanya secara rutin ke bengkel resmi agar mobil ditangani oleh mekanik profesional dan terpercaya.

Baca juga: Cara Negosiasi Mobil Bekas di mo88i

Bagaimana? Ternyata mudah kan merawat mesin diesel? Kalau kamu tertarik untuk memilikinya, berikut rekomendasi mobil bermesin diesel pilihan mo88i (baca: mobi).

 

Isuzu PANTHER LV TURBO M/T 2017

Mobil bermesin diesel ini hadir dengan warna silver metalik serta mesin berkapasitas 2.500 cc dan odometer 132.466 kilometer. Untuk membawa pulang mobil bekas Bandung ini, kamu bisa membelinya seharga Rp 177 juta.

 

Toyota FORTUNER G VNT A/T 2014

Rekomendasi mobil bermesin diesel selanjutnya datang dari Toyota Fortuner berkelir putih metalik. Mobil ini memiliki mesin berkapasitas 2.500 cc dengan odometer 83.458 kilometer. Jika tertarik untuk memiliki mobil bekas Jakarta ini, kamu cukup merogoh kocek sedalam Rp 292 juta.

 

Toyota INNOVA G M/T 2019

Masih dari Toyota, Innova bekas ini hadir dengan mesin berkapasitas 2.400 cc dengan warna hitam metalik yang menampilkan kesan gagah dan sporty, serta odometer berada di angka 57.109 kilometer. 

Tertarik? Tenang, terjangkau, kok! Kamu cukup menebus mobil bekas Surabaya ini seharga Rp 320 juta untuk bisa segera menungganginya.

 

Toyota FORTUNER G A/T 2015 

Rekomendasi terakhir datang dari Toyota Fortuner. Mesin berkapasitas 2.500 cc disematkan pada mobil berkelir hitam metalik ini. Mobil bekas Jakarta dengan odometer 68.140 kilometer ini dijual seharga Rp 328 juta.

Semua mobil bekas bermesin diesel di atas bisa kamu beli di mo88i. Selain terjangkau, beli mobil bekas di mo88i juga dijamin aman, karena tiap unit yang ada di mo88i sudah melewati pemeriksaan secara seksama dan teliti oleh inspektor berpengalaman. 

Semua unit mobil bekas dijamin tidak pernah mengalami tabrakan yang mengubah struktur rangka dan terendam banjir. Dokumen dan odometer pun dijamin keasliannya.

Baca juga: Tangkap TEBAR KETUPAT, Beli Mobil Bekas di mo88i Hemat hingga Rp 50 Juta!

Beli mobil bekas di mo88i juga dijamin untung! Soalnya, selama bulan Ramadan kamu bisa dapetin KEJUTAN BERLIPAT mulai dari saldo AstraPay hingga Rp 2 juta, free TLO 1 tahun, free emergency services, voucher car wash, hingga lucky dip dengan berbagai hadiah langsung mulai dari iPhone 12, PS 5, logam mulia, dan hadiah menarik lainnya.

Tunggu apalagi? Yuk beli mobil bekas di mo88i sekarang agar tidak ketinggalan promonya! mo88i juga bisa diakses melalui smartphone dengan mengunduhnya di Playstore atau Appstore.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan