×

blog/tips-merawat-mobil-pintu-geser-052023

Tips Merawat Mobil Pintu Geser

29 Mei 2023

Mobil pintu geser atau sliding door merupakan fitur yang semakin populer pada kendaraan keluarga dan minivan. Pintu geser ini memberikan kemudahan akses yang lebih baik, terutama saat membuka dan menutup pintu di ruang parkir yang sempit. 

Namun, untuk memastikan pintu geser berfungsi dengan baik dan tahan lama, diperlukan perawatan yang tepat. Dalam artikel ini, yuk kita bahas tips merawat mobil pintu geser agar tetap awet dan terhindar dari kerusakan.

 

1. Membersihkan dan melumasi rel pintu geser

Salah satu hal penting dalam merawat pintu geser adalah membersihkan dan melumasi rel pintu geser secara teratur. Gunakan sikat atau lap bersih untuk membersihkan kotoran dan debu yang menempel pada rel. 

Baca juga: Awas Keliru, ini Perbedaan Toyota Corolla Cross Versi Bensin dan Hybrid

Setelah membersihkan, aplikasikan pelumas yang direkomendasikan oleh produsen pada rel pintu geser. Hal ini akan membantu menjaga kelancaran gerakan pintu dan mencegah gesekan berlebih yang dapat menyebabkan kerusakan pada mekanisme pintu.

 

2. Perhatikan kondisi roller dan karet pintu

Pastikan roller pada pintu geser dalam kondisi baik. Periksa apakah ada kerusakan atau keausan pada roller, dan segera ganti jika diperlukan. 

Selain itu, perhatikan juga karet pintu geser. Karet yang aus atau rusak dapat mengakibatkan masuknya air atau debu ke dalam kabin mobil. 

Baca juga: Jangan Asal, ini Aturan Membunyikan Klakson Mobil

Jika ditemukan kerusakan pada karet pintu, segera ganti dengan yang baru untuk menjaga kekedapan dan kenyamanan di dalam mobil.

 

3. Hindari beban berlebih pada pintu geser

Pintu geser dirancang untuk menahan beban tertentu. Hindari menumpangkan beban berlebih pada pintu geser, seperti duduk atau menekan tubuh pada pintu saat pintu dalam keadaan terbuka. 

Beban berlebih dapat menyebabkan kerusakan pada mekanisme pintu dan mengurangi umur pakai pintu geser.

 

4. Periksa dan atur kembali sistem pengereman otomatis

Beberapa mobil pintu geser dilengkapi dengan sistem pengereman otomatis yang berfungsi untuk menghentikan gerakan pintu jika ada hambatan saat menutup. 

Baca juga: Diprediksi Meluncur Juni 2023, ini Bocoran Toyota Alphard dan Vellfire Generasi Baru 

Periksa secara berkala apakah sistem pengereman otomatis berfungsi dengan baik. Jika terdapat masalah, seperti pintu tidak berhenti saat ada hambatan, segera bawa mobil ke bengkel untuk pengecekan dan perbaikan.

 

5. Rutin lakukan perawatan pada motor pintu geser

Motor pintu geser merupakan komponen kunci dalam mekanisme pintu geser. Pastikan untuk rutin memeriksa kondisi dan kinerja motor pintu geser. 

Perhatikan tanda-tanda seperti suara yang tidak normal, getaran yang berlebihan, atau gerakan pintu yang terhenti secara tiba-tiba. Jika ada tanda-tanda kerusakan, segera bawa mobil ke bengkel untuk diperiksa dan diperbaiki oleh teknisi yang berpengalaman.

 

6. Jaga kebersihan dan kondisi interior mobil

Selain merawat mekanisme pintu geser, menjaga kebersihan dan kondisi interior mobil juga penting dalam merawat pintu geser. 

Baca juga: Ada Uji Emisi Gratis di Jakarta, Catat Tanggal dan Lokasinya

Hindari membiarkan sampah, debu, atau kotoran menumpuk di sekitar pintu geser. Bersihkan interior mobil secara rutin dengan menyapu atau menggunakan penyedot debu untuk menghindari masuknya partikel-partikel kecil yang dapat mengganggu gerakan pintu.

 

7. Hindari pintu geser tertutup terlalu kencang

Ketika menutup pintu geser, hindari menutupnya terlalu kencang atau dengan kekuatan berlebih. Hal ini dapat merusak kunci atau mekanisme pintu geser. 

Tutup pintu dengan lembut dan pastikan pintu terkunci dengan baik. Jika terdapat kesulitan saat menutup pintu, periksa apakah ada hambatan atau kerusakan yang menyebabkan kesulitan tersebut.

 

8. Lakukan perawatan berkala di bengkel resmi

Selain merawat pintu geser secara mandiri, sangat disarankan untuk melakukan perawatan secara berkala di bengkel resmi atau tempat layanan yang terpercaya. 

Baca juga: Selain Bentuknya, Ini Dia Perbedaan Honda City Hatchback dan Sedan

Bengkel tersebut memiliki teknisi yang terlatih dan memiliki pengetahuan khusus mengenai mobil pintu geser. Melakukan perawatan rutin di bengkel dapat membantu mendeteksi kerusakan lebih awal dan menjaga kinerja pintu geser dalam kondisi optimal.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat merawat mobil pintu geser dengan baik dan memastikan kinerja dan keandalan pintu tersebut. Perawatan yang baik akan memperpanjang umur pakai pintu geser dan menjaga keamanan serta kenyamanan saat menggunakan mobil. 

Pastikan juga untuk mengacu pada panduan perawatan dan instruksi yang diberikan oleh produsen mobil atau dealer resmi guna menjaga garansi kendaraan.

Baca juga: Lebih dari 30 Merk Mobil dan Motor akan Ramaikan GIIAS 2023, Ada Apa Saja?

Kunjungi mobbi dan temukan mobil idamanmu atau informasi serta tips-tips otomotif menarik lainnya! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di  Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan