×

blog/tips-memilih-audio-mobil-yang-tepat-012023

Tips Memilih Audio Mobil Yang Tepat

25 Jan 2023

Audio mobil menjadi komponen yang sangat penting untuk melengkapi perjalanan. terdapat berbagai jenis audio mobil yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu juga dapat menjadi bagian dari modifikasi agar suara yang dihasilkan sesuai dengan keinginan kamu.

Baca juga: Alasan Toyota Innova Diesel Bekas Harganya Tetap Stabil

Dengan adanya musik, bisa membuat pengemudi mengurangi rasa kantuk, sehingga bisa lebih fokus saat mengemudi. Perjalanan juga akan lebih menyenangkan dan tidak membosankan terlebih jika melakukan perjalanan bersama keluarga, teman atau pasangan.

 

Jenis audio pada mobil

Sebelum mengetahui tips dalam memilih audio mobil, sebaiknya kenali dulu jenis audio mobil yang nantinya menjadi kebutuhan sesuai dengan tipe mobil. Mengenali jenis audio ini sangat penting dalam pemilihan audio yang sesuai kebutuhan. Jadi, apa saja jenisnya? 

Berikut jenis-jenis yang mungkin bisa menjadi pertimbangan dalam pemilihan audio:

1. Car theater, jenis audio ini merupakan sistem multimedia merupakan fasilitas yang dapat kamu gunakan untuk memainkan berbagai jenis format musik dari berbagai perangkat atau device, contohnya seperti kabel USB, flashdisk, dan lain sebagainya.

2. Sound Quality (SQ) jenis ini merupakan jenis audio mobil yang menitik  beratkan pada persamaan suara dari volume kekencangan semua garis frekuensi.

3. Sound Quality Loud (SQL) jenis ini merupakan sistem yang paling banyak digunakan pada belakang mobil. Performa yang dihasilkan dari jenis ini memang lebih dominan saat diletakkan di belakang mobil.

4. Sound Pressure Level (SPL) jenis ini merupakan sistem audio yang menitikberatkan pada kekencangan suara dalam kendaraan, khususnya pada audio yang menggunakan frekuensi bass.

 

Tips memilih audio mobil

Jika sudah dipastikan selanjutnya membeli jenis yang diinginkan, jangan terkecoh dengan tampilannya, dalam pemilihan audio ini diperlukan ketelitian, berikut tips nya:

 

1. Pastikan kualitas head unit

Kualitas jenis apapun sangatlah dipengaruhi oleh kualitas head unit di bagian sound system-nya. Pastikan memilih yang kualitas head unit yang spesifikasinya lengkap, head unit yang bagus biasanya memiliki fitur time alignment yang sangat berguna untuk hasilkan audio yang bagus.

 

2. Memastikan keluaran suara audio

Setelah memastikan kualitas head unit yang memiliki spesifikasi lengkap, selanjutnya lakukanlah uji coba keluaran suara dari audio. Carilah yang mengeluarkan suara bagus, enak, dan bersih saat melakukan uji coba usahakan tidak membuat kebisingan.

 

3. Memperhatikan bagian instalasi

Proses instalasi juga menjadi hal yang perlu diperhatikan,  karena tidak bisa dipasang dengan sembarangan. Apalagi, membuat kabel menjadi rusak atau putus, jangan letakkan kabel sembarangan.

Untuk memberikan suara yang berkualitas kabel bisa ditempatkan ditempat yang tersembunyi dari pandangan agar lebih aman.

 

4. Memilih merek 

Hal terakhir adalah memilih merek yang berkualitas, jika mendatangi bengkel terdekat usahakan bertanya kepada mekaniknya merek mana yang berkualitas. Rekomendasi merek yang terbaik dapat memberikan perjalanan yang menyenangkan. 

Baca juga: Catat! Kenali 20 Ciri Mesin Mobil Sehat Saat Beli Bekas

Usahakan memilih sound system yang berjenis bass head dan pilihlah merek yang terbaik yang memberikan kualitas suara terbaik, serta yang paling sesuai dengan kebutuhan agar dapat memberikan kenyamanan berkendara dengan maksimal.

Agar tidak salah pilih, pastikan kamu melakukan riset terlebih dahulu, ya. Bisa melalui ulasan yang ada di internet, dari kerabat, atau rekomendasi dari mekanik yang ada di bengkel. 

Baca juga : Pengaruh Ganti Velg Mobil Jadi Lebih Besar dari Standar

Mau informasi dan tips-tips lainnya, atau sedang mencari mobil bekas berkualitas? Kunjungi mobbi, ya! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan