×

blog/tips-jitu-memilih-kaca-film-yang-tepat-012023

Tips Jitu Memilih Kaca Film Yang Tepat

25 Jan 2023

Kaca film merupakan salah satu komponen yang cocok dipakai bagi pemilik mobil di Indonesia yang beriklim tropis. Komponen ini memiliki banyak fungsi yang bisa membantu pengendara selama berkendara di bawah sinar matahari yang terik. 

Dilihat dari segi keamanan berkendara, kaca film dapat membatasi penglihatan dari arah luar mobil. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan, kaca film dapat menahan kaca pecah agar tidak mengenai pengendara maupun penumpang di dalamnya. 

Baca juga: Tanda Kaca Film Harus Diganti. Berapa Biayanya?

Dari segi kesehatan, penggunaan komponen ini di mobil kamu dapat menangkal paparan sinar UV yang dapat merusak kulit. Selain itu, pandangan mata juga akan lebih redup karena sinar matahari yang diterima oleh mata berkurang. 

 

Tips memilih kaca film yang tepat untuk mobil kesayangan Kamu

Seiring dengan banyaknya mobil yang menggunakan kaca mobil, tentu saja banyak pilihan yang bisa kamu pilih dan gunakan. Kesalahan memilih kaca film untuk mobil tentunya akan mengganggu kenyamanan berkendara kamu. Lakukanlah beberapa tips di bawah ini agar kamu tak keliru memilih:

 

1. Perhatikan tingkat kegelapannya

Pilihlah kaca film yang memiliki kegelapan tidak lebih dari 40 persen. Kondisi kaca yang terlalu gelap tentunya akan sangat berbahaya di malam hari dan kondisi tertentu seperti hujan, dan lain-lain. Jarak pandang yang berkurang akan menimbulkan resiko kecelakaan. 

 

2. Gelap di luar, tapi terang di dalam

Kaca film yang baik adalah kaca yang bisa memberikan efek gelap jika dilihat dari luar, namun terlihat terang dan jelas jika dari dalam mobil. 

Baca juga: Tips Beli Mobil Bekas Online, Bagaimana Sih Caranya?

Hal ini dapat membantu pengemudi untuk berkendara dalam jangkauan yang aman. Ada beberapa tipe kaca yang terlihat gelap baik dari dalam maupun dari luar kendaraan.

 

3. Gunakan kaca film dengan fitur UV 400

Keadaan siang hari yang terik di Indonesia tentunya memberikan efek negatif bagi kulit. Bagi kamu yang sering melakukan perjalanan di siang hari, pilihlah kaca yang mengandung fitur UV 400. Hal ini berfungsi untuk menangkal paparan sinar UV berlebih pada kulit. 

 

4. Perhatikan warna mobil

Dalam memilih kaca film, hendaknya memperhatikan warna mobil kamu. Selain untuk keamanan, hal ini bertujuan agar mobil lebih enak untuk dilihat. Tampilan mobil akan tampak lebih menawan dengan pemilihan warna kaca yang tepat dan serasi.

 

5. Gunakan merek ternama

Tidak bisa dipungkiri bahwa kaca film dengan merek ternama tentu memiliki kualitas yang sudah teruji. Kamu dapat memilih berbagai merk kaca yang ditawarkan dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.  

 

6. Pertimbangkan garansi yang ditawarkan

Saat kamu memilih menggunakan kaca film pada merek tertentu, pastikan garansi yang diberikan jelas. Sehingga jika terjadi ketidaksesuaian saat pelayanan, kamu dapat mengajukannya. Garansi pelayanan yang ditawarkan bisa meliputi perubahan warna, pengelupasan, keretakan, dan lain-lain.

 

7. Perhitungkan budget yang akan kamu keluarkan

Sesuaikan pilihan kamu dengan anggaran yang sudah direncanakan. Hal ini dapat membantu kamu untuk mengurangi pengeluaran yang tepat.
Baca juga: Cara Merawat Kaca Mobil Agar Selalu Kinclong
Kamu bisa memilih kaca film yang sedikit lebih mahal namun awet. Namun itu semua tergantung pada kebutuhan dan keadaan mobil.

Bagi kamu yang memiliki rencana untuk memasang atau mengganti komponen ini, beberapa tips sederhana di atas dapat diaplikasikan. Tentunya pilih kaca yang disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran kamu demi kenyamanan dan keamanan berkendara.

Unduh mobbi melalui Play Store dan App Store untuk mendapatkan beragam mobil bekas dengan kualitas terpercaya. Kamu dapat melakukan transaksi dengan aman, cepat, dan tepat. Hanya di mobbi, tempat hunting mobil bekas terpercaya!

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan