×

blog/tidak-melulu-negatif-ini-dia-manfaat-knalpot-racing-pada-mobil-012023

Tidak Melulu Negatif, Ini Dia Manfaat Knalpot Racing Pada Mobil

18 Jan 2023

Sebelum mengganti knalpot racing pada mobil perlu diperhatikan pada pemilihan knalpot dan perhitungan yang tepat. Seperti yang sudah banyak diketahui knalpot bukan hanya berfungsi sebagai saluran pembuangan gas hasil sisa proses pembakaran dalam mesin. 

Knalpot dengan spesifikasi yang lebih baik juga mampu meningkatkan performa mobil. Oleh karena itu banyak pengguna mobil yang mengganti knalpot mereka dengan knalpot racing yang jelas spesifikasinya lebih tinggi dibanding dengan knalpot bawaan dari mobil itu sendiri.

 

Keuntungan Memasang Knalpot Racing

Lalu apakah ada keuntungan dari pemasangan Knalpot racing? Tentu saja ada! 

Baca juga: Warna Mobil Paling Laku Jadi Faktor Penentu Harga Jual?

Terdapat beberapa keuntungan jika mengganti knalpot asli dengan knalpot racing, beberapa keuntungan tersebut adalah :

 

1. Mengubah tampilan lebih menarik

Tujuan awal mengganti knalpot bawaan pabrik dengan knalpot racing umumnya agar tampilannya bisa berubah menjadi menarik. Hal ini tidak dapat dipungkiri karena faktanya knalpot racing memang mampu merubah tampilan mobil menjadi lebih menarik.

Knalpot ini memberikan tampilan baru pada mobil. Meskipun mesin yang digunakan adalah mesin standar, jika pemilik kendaraan memperbarui setelan mesin, knalpot racing bisa dipasang agar mobil tampak menarik.

 

2. Mesin terasa lebih responsif

Manfaat berikutnya berada pada mesin mobil yang sudah injeksi, knalpot ini dapat membuat mesin lebih responsif. 

Baca juga Perbedaan Transmisi CVT dan Otomatis Konvensional

Mesin dapat bekerja menjadi 30 kali lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan knalpot bawaan pabrik, terlebih lagi jika medan lintasannya lurus dan rata seperti jalan tol, performa mesin dapat optimal, kecepatan bisa semakin bertambah.

Karena mesin lebih responsif maka pengeluaran sisa gas bakar akan lebih lancar tanpa hambatan. Pemasangan knalpot  dengan perhitungan yang tepat tidak akan mempengaruhi atau bahkan merusak mesin. 

Jadi perlu diingat jika terdapat dugaan mesin rusak karena knalpot racing maka hal itu tidak dapat dibenarkan. Banyak  pemilik mobil yang merasakan kalau penggunaan knalpot racing ini memang mampu meningkatkan tenaga kendaraan. Hal ini dikarenakan pemasangan knalpot racing membutuhkan proses pengaturan atau setting ulang sistem pengapian mesin yang sudah ada.

 

 

3. Memberi manfaat saat touring

Memakai knalpot saat touring bisa membuat kita terhindar dari rasa kantuk karena suara yang gahar yang dihasilkan. 

Baca juga: Jangan Sampai Keliru! ini Perbedaan Facelift dan All New

Hal ini juga bisa memberikan sinyal bagi pengendara lain yang ikut touring, sehingga meminimalisir salah jalan maupun ketertinggalan rombongan dan nyasar. Selain hal tersebut memakai knalpot racing dapat memberikan pengalaman yang berbeda.

 

4. Mengurangi bobot kendaraan

Knalpot bawaan dari pabrik memiliki komponen – komponen yang rumit untuk memenuhi standar emisi pembuangan gas. 

Hal ini membuat bobot dari knalpot bawaan pabrik cukup berat dibandingkan dengan knalpot racing. Bobot dari knalpot racing biasanya lebih ringan karena hal ini lah maka bobot keseluruhan dari mobil akan berkurang sehingga berpengaruh secara tidak langsung pada performa mesin. 



5. Mengurangi resiko kecelakaan

Dijalan umumnya indra penglihatan terbatas, terlebih lagi saat touring dimana rute lintasnya yang Panjang akan membuat mata Lelah dan ngantuk, oleh karena itu sering terjadi kecelakaan. Misalnya anak – anak yang menyebrang tiba -tiba, pengemudi lain yang berkendara seenaknya. 

Baca juga: Keuntungan Beli Mobil Bekas Dibanding Beli Mobil Baru

Hal ini dapat diminimalisir dari suara bising yang dihasilkan oleh knalpot , suara bising ini bisa meningkatkan kepekaan pejalan kaki atau penyeberang jalan jika akan ada kendaraan yang akan lewat.

Terlepas dari rumor buruk mengenai knalpot racing ternyata cukup banyak manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan knalpot racing tersebut, hal yang terpenting dari berkendara adalah keselamatan.

Dengan menggunakan knalpot ini dapat mengurangi kecelakaan ini artinya pengemudi tidak membahayakan diri sendiri maupun orang lain. 

Namun tetap perlu diingat manfaat dari penggunaan knalpot racing tersebut bisa kita dapatkan hanya jika kita tepat dalam perhitungan saat pemilihan knalpot, tepat dalam pemilihan knalpot dan yang paling penting adalah saat kita sudah menggunakan knalpot racing. 

Baca juga: Jangan Asal Pilih, Ini Tips Beli Mobil Bekas untuk Pemula

Bagi pengguna baru pasti akan sulit menentukan knalpot yang cocok terlebih lagi harus menyetel ulang mesin agar performa mesin bisa optimal, jangan khawatir kamu bisa menemukan mobil impian kamu dengan tampilan menarik dan memiliki knalpot sesuai dengan perhitungan mesin yang pas pada mobbi.

Download aplikasi mobbi untuk mendapatkan berita dan informasi paling up to date seputar otomotif. Gratis di Play Store dan App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan