×

blog/tarif-tol-jakarta-semarang-terbaru-jangan-sampai-salah-ya-122022

Tarif Tol Jakarta Semarang Terbaru, Jangan Sampai Salah Ya!

22 Des 2022

Kalau kamu ada rencana road trip ke Kota Semarang, jangan lupa cek tarif tol Jakarta Semarang terbaru, ya. Pasalnya, setiap dua tahun sekali, tarif tol akan diperbarui. 

Jadi, biar kamu nggak salah memperhitungkan budget untuk liburan dan bisa menyiapkan saldo elektronik dengan akurat, pastikan kamu sudah tahu tarif terbarunya.

Untuk melakukan perjalanan dari Jakarta ke Semarang, setidaknya ada ada delapan ruas tol yang akan kamu lalui.

Baca juga: Wisata Jawa Barat, Cek Dulu Yuk Jalan Tol Baru Jakarta Bandung

Delapan ruas tol yakni ruas Tol Jakarta-Cikampek (Japek), Cikopo-Palimanan, Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, Batang-Semarang (Kalikangkung), dan Semarang ABC. 

Lebih lanjut, berikut rincian tarif tol Jakarta Semarang terbaru.

 

1. Ruas tol Jakarta-Cikampek

Untuk menuju ke Semarang, ruas tol pertama yang akan kamu lalui adalah ruas tol Jakarta-Cikampek dengan total panjang 72 kilometer. Untuk Golongan I yang meliputi sedan, jip, pick up, truk kecil dan bus, tarif yang dikenakan adalah Rp 20.000.

Baca juga: Bukan Cuma Ditilang, Pakai Pelat Nomor Palsu Terancam Pidana

Pada ruas tol ini, kamu bisa menemukan tujuh buah rest area, yakni KM 19 A, KM 39 A, KM 62 B, KM 32 B, KM 33 A, KM 52 B dan KM 57 A. Sedangkan untuk durasi tempuhnya, kamu akan memerlukan waktu 1,5 jam hingga 2 jam jika arus lancar.

 

2. Ruas tol Cikopo-Palimanan

Selanjutnya adalah ruas tol Cikopo-Palimanan. Ruas tol yang merupakan bagian dari Astra Infra Toll Road ini merupakan yang terpanjang untuk perjalanan dari Jakarta menuju Semarang, total panjangnya yakni 116,75 kilometer.

Saldo elektronik yang harus disiapkan untuk kendaraan Golongan I saat melintasi ruas tol Cikopo-Palimanan adalah Rp 107.500. Terdapat beberapa titik rest area yang bisa kamu temukan, di antaranya KM 86 A, KM 103 A, KM 86 B, dan KM 130 B.

Baca juga: Jelang Malam Tahun Baru 2023, Ada Rekayasa Lalu Lintas di Sejumlah Wilayah

Durasi yang dibutuhkan untuk melalui ruas ini adalah sekitar 1,5 jam hingga 2 jam jika arus lancar. 

 

3. Ruas tol Palimanan-Kanci

Untuk menuju Semarang, kamu juga akan melalui ruas tol Palimanan-Kanci dengan total panjang hanya 26,3 kilometer dan tarif sebesar Rp 12.500.

Berhubung jaraknya relatif pendek, kamu hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 30 menit untuk melalui ruas ini dan hanya akan menemukan dua titik rest area, yakni KM 207 A dan KM 208+400 B.

 

4. Ruas tol Kanci Pejagan

Mirip dengan ruas tol sebelumnya, ruas tol Kanci-Pejagan juga relatif pendek, yakni hanya 35 kilometer dengan tarif sebesar Rp 29.500.

Baca juga: ETLE Mobile dan ETLE Statis Resmi Dirilis, Apa Perbedaannya?

Durasi waktu tempuhnya juga tidak terlalu lama, yakni sekitar 30 menit hingga 45 menit apabila arus lalu lintas normal. Di ruas tol ini kamu bisa beristirahat di rest area KM 228+300 A dan KM 229 B.

 

5. Ruas tol Pejagan-Pemalang

Ruas tol selanjutnya adalah Pejagan-Pemalang dengan total panjang 57,5 kilometer dan tarif sebesar Rp 60.000. 

Durasi yang diperlukan untuk melalui ruas tol ini apabila kondisi arus lalu lintas normal adalah sekitar Rp 30 menit. Untuk beristirahat, kamu bisa melipir ke rest area KM 252 A, KM 275 A, dan KM 287 A.

 

6. Ruas tol Pemalang-Batang

Ruas tol Pemalang-Batang memiliki total panjang 39,19 kilometer dan tarif sebesar Rp 45.000. Durasi tempuh yang diperlukan yakni sekitar 30 menit. Ruas tol ini dilengkapi dengan satu buah rest area yakni KM 33 A.

 

7. Ruas tol Batang-Semarang

Ruas tol selanjutnya adalah Batang-Semarang yang memiliki total panjang 75,6 kilometer. Tarif tol Jakarta Semarang pada ruas ini adalah sebesar Rp 86.000.

Baca juga: 10 Pelanggaran yang Kena Sanksi Tilang Kamera ETLE, Berapa Dendanya?

Di ujung tol ini, kamu bisa langsung masuk ke kota Semarang atau melanjutkan ke Bandara Ahmad Yani Semarang. Apabila ingin beristirahat, kamu bisa melipir ke rest area KM 379 A, KM 391 A, KM 429 A, KM 389 A.

 

8. Tol Semarang ABC

Tol terakhir adalah Semarang ABC yang merupakan akses tol dalam kota yang menghubungkan wilayah Barat, Timur dan Selatan Kota Semarang. Panjangnya hanya 24,7 kilometer dengan tarif sebesar Rp 5.000.

Jika ditotal, maka tarif tol Jakarta Semarang untuk Golongan I dengan rute tersebut adalah Rp 360.500. Jadi, sebelum berangkat, pastikan saldo elektronik kamu sudah terisi dengan nominal tersebut, ya.

Untuk informasi dan tips-tips menarik lainnya, kunjungi mobbi, ya! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan