×

blog/suzuki-jimny-5-pintu-sudah-terdaftar-kapan-resmi-dirilis-092023

Suzuki Jimny 5 Pintu Sudah Terdaftar, Kapan Resmi Dirilis?

21 Sep 2023

Diprediksi Suzuki mendaftarkan mobil terbarunya di Indonesia, yakni Suzuki Jimny 5. Hal ini diketahui dari laman Samsat PKB DKI Jakarta, di mana Suzuki mendaftarkan kendaraan terbarunya dengan kode 6N5VX (4x4 MT) yang merupakan kode dari Suzuki Jimny 5 pintu.

Pada laman Samsat PKB DKI Jakarta terdapat dua kode mobil berpenggerak 4x4 yang didaftarkan Suzuki tahun 2023 ini. Pertama, model 6 G5VX 4X4, yaitu Jimny 3 pintu yang sudah dipasarkan saat ini. Kendaraan ini ditawarkan dalam dua varian, yaitu MT dan AT.

Sementara yang kedua, yang didaftarkan dengan kode 6N5VX 4X4, diyakini merupakan kode model terbaru Suzuki Jimny 5 pintu. Kendaraan ini mengadopsi 5 pintu dan dipasarkan di Indonesia dengan pilihan transmisi MT dan AT.

Baca juga: Rekomendasi Mobil yang Tepat untuk Offroad

Jauh sebelumnya, 4W Marketing Director Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Ismi Saputra sudah memberikan bocoran. Katanya setelah Suzuki Jimny 3, Suzuki masih akan meluncurkan produk SUV (Sport Utility Vehicle) teranyarnya di Indonesia yang kemungkinan akan masuk akhir tahun ini. Tapi mengenai detailnya belum diberitahukan secara rinci.

"Jadi ke depannya, salah satu strategi produk kita akan memperkenalkan dan menyegarkan produk-produk SUV kami. S-Presso salah satu contoh, dengan penambahan fitur baru. Lalu, Grand Vitara. Kemudian dalam waktu dekat nanti ada lagi penyegaran untuk SUV yang sudah diproduksi dalam negeri," kata Donny pada Mei lalu.

Banyak yang memprediksi kendaraan yang baru saja didaftarkan Suzuki adalah Suzuki Jimny 5 pintu. Mengenai hal ini Donny belum memberikan jawabannya. Tapi sepertinya memang kemungkinan besar produk yang akan diluncurkan Suzuki itu adalah Suzuki Jimny 5.

Baca juga: Mobil Milik Andre Taulany dan Raffi Ahmad, Siapa Paling Hedon?

"Rencananya akan ada juga penyegaran atau ekstensifikasi model terhadap line up legend SUV kami, kami tidak sebutkan timing dan modelnya (apakah Suzuki Jimny 5 pintu atau model lainnya). Jadi untuk strategi pembaruan unit, harga, dan sebagainya kami belum bisa sampaikan, nanti kami akan sampaikan (pada waktunya)," terang Donny.

 

Spesifikasi Suzuki Jimny 5

Mungkin kamu masih bingung apa yang membedakan Suzuki Jimny 5 dengan yang reguler. Versi 5 pintu kendaraan ini memiliki dimensi panjang 3.985 milimeter, lebar 1.645 milimeter dan tinggi 1.720 milimeter. Sementara jarak sumbu rodanya 2.590 milimeter atau 300 milimeter lebih panjang dari yang reguler.

Suzuki Jimny 5 juga memiliki ground clearance 210 milimeter dengan bobot total 1.545 kilogram dan radius putar 5,7 meter.

Baca juga: Hyundai Creta vs Suzuki Grand Vitara, Mana yang Lebih Bertenaga?

Dengan dimensi yang lebih panjang ini (termasuk wheelbase-nya) bikin ruang kabin Jimny 5 juga jadi lebih luas. Ini juga memungkinkan penumpang yang ada di kursi belakang jadi lebih leluasa. 

Sedangkan dalam urusan mesin juga terdapat perbedaan. Spesifikasi mesinnya memang masih sama-sama mengusung mesin 4 silinder berkapasitas 1.500 cc. Tapi kode mesinnya beda, yakni K15C, alias sudah mengusung teknologi dual injector yang dinamakan Suzuki DualJet.

Spesifikasi mesin ini mampu menghasilkan tenaga 102 PS dan torsinya 138 NM. Tapi dengan catatan, power to weight ratio-nya memang berbeda dengan Jimny versi reguler.

 

Harga Suzuki Jimny 5

Saat ini tren SUV memang tengah tren dalam industri otomotif di Tanah Air. Dan sepertinya Suzuki Indonesia tak mau ketinggalan momen ini, dan turut juga menghadirkan lebih banyak mobil-mobil berjenis SUV. Salah satunya dengan menghadirkan SUV Grand Vitara dari Suzuki Jimny 5.

Baca juga: Komparasi Suzuki Grand Vitara dan Wuling Alvez, Mending Pilih Mana?

Penasaran dengan harga SUV ini?

Adapun NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) Suzuki Jimny 5 yang tertera dalam laman Samsat PKB DKI Jakarta adalah Rp325 juta untuk varian MT. Sementara harga untuk varian matiknya, 6N5VX (4x4) AT, adalah sekitar Rp335 juta.

Yuk, kamu pecinta Jimny, pantau terus kehadiran Suzuki Jimny 5 dan pastikan kamu memilikinya nanti. 

Temukan mobil idamanmu atau informasi serta tips-tips otomotif menarik lainnya di mobbi! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan