×

blog/spesifikasi-the-beast-mobil-presiden-joe-biden-di-ktt-g20-bali-112022

Spesifikasi The Beast, Mobil Presiden Joe Biden di KTT G20 Bali

14 Nov 2022

Spesifikasi The Beast atau Cadillac One yang merupakan mobil kepresidenan Amerika tengah menjadi sorotan. 

Mobil yang diklaim paling aman di dunia ini diboyong langsung dari Amerika untuk menunjang kegiatan presiden AS Joe Biden selama kunjungannya di Indonesia dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 Bali 2022.

Ya, sesuai dengan asas resiprokal hubungan antar negara, Joe Biden diperbolehkan untuk tidak menggunakan fasilitas kendaraan yang sudah disediakan. 

Baca juga: Jadi Kendaraan Resmi KTT G20, Apa Sih Kelebihan Toyota bZ4X?

Indonesia sendiri telah menyediakan mobil ramah lingkungan sebagai kendaraan resmi para kepala negara yang hadir di KTT G20, yakni Hyundai Genesis G80.

Lalu, apa yang membuat mobil presiden AS ini begitu spesial? Yuk simak ulasan spesifikasi The Beast berikut ini!

 

Sistem keamanan

Mobil Joe Biden ini dilengkapi teknologi seperti mobil cerita fiksi James Bond seperti layar asap dan gagang pintu yang dapat mengalirkan listrik berdaya 120 volt untuk mencegah orang lain masuk. Ada pula slick minyak untuk menyingkirkan siapapun yang mengejar.

Baca juga: Masa Berlakunya Habis, Begini Cara Perpanjang SIM Online

The Beast juga dapat menyemburkan cairan untuk membuat kendaraan musuh tidak terkendali. Tak hanya itu, senjata seperti shotgun, pelontar granat, night vision atau kamera penglihatan malam, dan gas air mata juga tersedia dimiliki mobil ini.

The Beast sendiri memiliki bobot antara 8 hingga 10 ton dengan bodi yang terbuat dari pelat baja setebal 8 inci mampu melindungi penumpangnya dari potensi serangan bom.

Ada pula jendela setebal 5 inci yang dapat mencegah peluru magnum 44 serta fitur yang dapat mencegah serangan kimia pada bagian interiornya.

Baca juga: Mau Weekend Staycation? Cek Dulu Jadwal Buka Tutup Puncak

Selain bodinya, velg mobil ini juga menggunakan baja. Sedangkan bannya diperkuat dengan bahan kevlar, yakni serat fiber berbahan dasar karbon tipis yang memiliki kekuatan luar biasa namun tetap ringan dan fleksibel.

 

Sistem komunikasi

Spesifikasi The Beast selanjutnya yang tidak kalah menarik untuk dibahas adalah sistem komunikasinya.

Karena dilapisi baja, suara hampir tidak dapat terdengar dari dalam mobil Joe Biden ini. Jadi, untuk berkomunikasi, mobil ini dibekali mikrofon di dalam dan speaker di luar mobil.

Baca juga: Resmi Meluncur Hari ini, Bagaimana Review Toyota bZ4X dan Harganya?

Selain itu, terdapat alat komunikasi lain juga yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan mobil iring-iringan yang mengawal presiden.

Alat komunikasi yang menarik dari The Beast adalah presiden AS dapat mengirimkan kode untuk menembakan senjata nuklir ketika ada situasi mendesak.

 

Dilengkapi suplai darah dan oksigen

Mobil presiden AS ini membawa suplai darah yang cocok dengan golongan darah milik presiden. Hal ini untuk berjaga-jaga apabila ada sesuatu yang bersifat mendesak.

Baca juga: Bea Balik Nama Mobil Bekas Bakal Dihapus, Kapan Mulai Berlaku?

Tidak hanya itu, mobil yang diproduksi General Motors (GM) ini juga membawa suplai oksigen yang dapat disalurkan langsung dari kabin.

 

Performa

Tidak lengkap rasanya jika tidak membahas spesifikasi The Beast dari segi performanya. Namun sayangnya, tak banyak informasi terkait performa mobil Joe Biden ini. 

The Beast kabarnya dibekali dengan mesin diesel berkapasitas 5.000 cc dan diklaim mampu menempuh 60 mil atau sekitar 96,5 kilometer per jam hanya dalam 15 detik.

 

Harga

Dengan lengkapnya fasilitas yang dimiliki, kira-kira berapa ya harga The Beast? Diketahui bahwa mobil mobil presiden AS ini menghabiskan biaya sebesar US$ 1,5 juta dalam pembuatannya. 

Baca juga: Jangan Asal Ganti, Perhatikan Cara Cek Kode Sekring Mobil Ini

Jika dirupiahkan dengan kurs Rp 15.600 per dolar AS, artinya harga The Beast adalah Rp 23,4 miliar.

Selain memboyong The Beast, selama KTT G20, Joe Biden juga dikawal The Secure Package atau iring-iringan mobil pengawalan presiden AS yang terdiri dari dua limosin dan lebih dari 10 unit mobil pengawalan.

Luar biasa ketat ya pengamanannya? Semoga jalannya KTT G20 di Indonesia dapat berlangsung dengan lancar dan tanpa hambatan, ya! Apalagi jika mengingat ada 3.443 delegasi dan 17 kepala negara yang hadir.

Baca juga: Call me mobbi, Beli Mobil Bekas Langsung Dapet Asuransi Gratis dan Diskon 2 Juta!

Untuk informasi dan tips-tips menarik lainnya, kunjungi mobbi, ya! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan