×

blog/sparepart-mobil-yang-wajib-kembali-dicek-usai-menempuh-perjalanan-jauh-042023

Sparepart Mobil yang Wajib Kembali Dicek Usai Menempuh Perjalanan Jauh

27 Apr 2023

Bila saat berangkat mudik kondisi sparepart mobil kamu dalam keadaan baik, pastikan pulangnya juga harus sama. 

Saat mudik, mobilmu sudah menjalani perjalanan yang sangat jauh dan panjang. Bagaimana dengan kondisi sparepart dan komponennya saat ini, apakah baik-baik saja? 

Nah, untuk mengetahuinya, sepulang mudik, segera bawa mobil kamu ke bengkel langganan untuk mengecek kondisinya. 

Baca juga: Komponen yang Rusak Jika Mobil Sering Menghantam Lubang

Jangan sampai, ketika kamu menggunakannya untuk beraktivitas normal kembali, mobil alami kendala seperti tiba-tiba mogok dan atau tidak mau menyala. Berikut ini beberapa sparepart mobil yang wajib dicek setelah menempuh perjalanan jauh. 

 

Rem 

Sparepart penting yang wajib dicek pertama kali adalah rem. Mengapa? Karena komponen mobil yang satu ini sangat penting sebagai fitur keselamatan kamu saat berkendara. 

Semakin sering kamu menggunakan mobil, maka performa rem mobilmu juga semakin berkurang –terutama bila tidak melakukan pemeriksaan secara berkala.

Periksa kondisi sparepart ini dengan membuka ban dan memeriksa ketebalan kampas remnya. Bila ketebalannya kurang dari 1 milimeter, segera ganti dengan yang baru. 

Salah satu tanda kampas rem sudah aus adalah ada suara decitan saat rem digunakan. Hal tersebut terjadi akibat adanya gesekan antara 2 logam.

Selain rem kaki, periksa juga rem tangan. Rem tangan erat kaitannya dengan rem belakang mobil. Caranya, lihat ketinggian tuas saat ditarik dan bandingkan dengan saat posisinya normal. 

Baca juga: Mudik Aman dengan Mobil Bekas Berkualitas Bersama mobbi Mudik Certified

Ganti juga minyak rem agar sistem pengereman terjaga baik, terutama bila jarak tempuh mobil sudah mencapai 20.000 kilometer.

 

Aki 

Sparepart lainnya yang kondisinya harus tetap terjaga baik adalah aki mobil. Ini penting karena berhubungan dengan kelistrikan mobil. 

Kalau mobilmu menggunakan aki basah, periksa volume cairan aki. Bila suhu mobil naik, air aki juga akan ikut menguap. Jadi segera isi bila ketinggiannya berada di bawah batas indikator.

Baca juga: 10 Rekomendasi Mobil Keluarga Murah yang Ada di mobbi

Namun jika kendaraanmu menggunakan aki kering, tidak perlu khawatir. Penguapan pada aki kering sangat minim, sehingga cairannya tak mudah berkurang.

 

Oli 

Setelah melakukan perjalanan jauh, jangan lupa juga periksa oli mobil. Pastikan volume oli tak kurang dari batas bawah tongkat pengukur oli (dipstick oil). Perhatikan juga kualitas oli dengan cara meneteskannya pada jari tanganmu.Telaah warna dan teksturnya.

Warnanya tak boleh keruh, hitam pekat, atau cair seperti tercampur air. Kemudian cek juga  teksturnya, apakah ada butiran-butiran seperti pasir atau tidak. Jika iya, segera ganti dengan yang baru agar performanya kembali normal. 

Baca juga: Oli Mobil Netes, Apa yang Jadi Penyebabnya?

Ini juga pertanda filter oli harus diganti agar oli tetap bersih dan mampu bersirkulasi pada mesin dengan baik. Dianjurkan filter oli diganti setiap enam bulan sekali atau setiap kelipatan 10.000 kilometer. 

 

Filter udara

Fungsi sparepart ini adalah untuk menyaring kotoran dan debu agar tidak masuk ke ruang mesin. Penumpukan kotoran bisa menghambat udara bersih masuk ke ruang pembakaran.

Alhasil, membuat pembakaran menjadi tidak sempurna dan membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih boros. Untuk itu, jangan lupa bersihkan komponen ini pasca mudik. 

 

Filter AC

Jika filter AC tidak terawat dengan baik itu akan menurunkan kinerja AC mobil kamu, salah satunya suhu pada kabin akan sulit dingin. Dan, bila dibiarkan berlarut-larut, AC bisa rusak. 

Pastikan kamu mengecek sparepart ini juga di bengkel, ya. Atau bila jarak tempuh kendaraanmu sudah mencapai 20.000 kilometer, ganti yang baru saja. 

 

Mesin 

Ruang mesin kendaraan biasanya akan kotor dan berdebu pasca perjalanan jauh. Bersihkan mesin menggunakan kain lap basah, ini sekaligus membantumu untuk dapat melihat bila ada kebocoran atau kerusakan lainnya.

Baca juga: Catat! Kenali 20 Ciri Mesin Mobil Sehat Saat Beli Bekas

Lakukan juga pemeriksaan pada panel instrumen dengan memposisikan kunci kontak ON. Jika mesin bermasalah, lampu indikator pasti akan menyala.

 

Busi

Fungsi busi mobil adalah sebagai pemantik api agar terjadi pembakaran di ruang mesin. Bila kondisi busi buruk, konsumsi BBM menjadi boros dan pembakarannya kurang optimal. Lakukan perawatan pada sparepart ini secara rutin di bengkel langganan kamu. 

 

Ban mobil

Ban tak kalah pentingnya dengan sparepart lain pada mobil, karena komponen ini yang satu-satunya langsung bersentuhan dengan medan jalan dan penopang bobot kendaraan dan isinya. 

Baca juga: Yuk Kenali Jenis Ban Mobil yang Aman untuk Berkendara!

Periksa tekanan anginnya, telapak, dinding ban, juga bibir velg mobil. Apakah ada yang aneh seperti benjolan, bolong, atau sobek pada permukaan ban? Bila kamu merasa ada yang janggal, segera cek ke bengkel, dan ganti yang baru bila perlu.

Tapi bila semua normal, kamu bisa mempertimbangkan pemeriksaan lain dengan spooring dan balancing untuk menjaga kondisi ban tetap stabil.

 

Kaki-kaki mobil

Ini adalah salah satu penyangga beban mobil selama berkendara selama menempuh perjalanan jauh dan melewati medan yang tak menentu. Jika tidak dicek, kamu tidak akan tahu apakah ada atau tidak kerusakan di sana. 

Baca juga: Daftar Komponen Mobil Paling Mahal Saat Melakukan Servis

Sparepart pada kaki-kaki mobil yang perlu untuk diperiksa adalah tie rod, ball joint, bushing arm, bearing, dan laker

Kalau kamu mendengar suara dengung ketika mobil dijalankan, itu pertanda bantalan roda sudah mulai aus. Jangan dibiarkan berlama-lama, ganti bantalan roda dengan yang baru sehingga stabilitas mobil tetap terjaga.

 

Komponen lain yang juga penting untuk diperiksa

 

1. Cairan di ruang mesin

Periksa cairan di ruang mesin, seperti radiator dan tabung penyimpan cadangan air radiator. Perhatikan ketinggian tabung penyimpan minyak rem dan pembersih kaca depan.

Baca juga: Butuh Reparasi Segera? Inilah Rekomendasi Bengkel Mobil Terdekat di Jakarta Selatan

Periksa juga volume tabung fluida kopling (khusus mobil bertransmisi manual) dan ketinggian air aki. Jika terjadi pengapuran, segera bersihkan permukaan terminal aki dan tutup pengisi.

Terakhir, periksa volume minyak power steering hidrolis dan pastikan freon AC dalam kondisi penuh.

 

2. Eksterior, interior, dan kolong mobil

Bagian eksterior, interior, dan kolong mobil juga perlu dibersihkan dengan benar. Cuci mobil untuk menghilangkan semua debu dan kotoran yang menempel. Bisa sendiri atau membawanya ke fasilitas cuci steam, yang penting pastikan seluruh bagiannya dicuci, termasuk piranti AC, panel pintu, ruang mesin, bagasi, dan komponen lainnya.

Baca juga: Butuh Rekomendasi Toko Spare Part Mobil di Wilayah Jakarta? Cek Langsung Disini!

Semprotkan desinfektan untuk membunuh bakteri, virus, dan kuman, serta menghilangkan bau tidak sedap yang didapat selama perjalanan mudik. 

Nah, itulah beberapa sparepart penting yang perlu kamu periksa usai melakukan perjalanan jauh mudik kemarin. Segera buat janji dengan bengkel langgananmu dan bawa mobilmu ke sana.

Dengan melakukan pemeriksaan sparepart dan komponen lain pada mobil, kamu bisa lebih awal mendeteksi adanya kerusakan dan menanganinya. 

Temukan mobil idamanmu atau informasi serta tips-tips otomotif menarik lainnya di mobbi! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan