×

blog/sistem-wiper-mobil-mati-ini-penyebab-dan-cara-memperbaikinya-062023

Sistem Wiper Mobil Mati? Ini Penyebab dan Cara Memperbaikinya

05 Jun 2023

Wiper mobil adalah komponen penting dalam sistem pembersihan kendaraan. Komponen ini berperan dalam membersihkan kaca depan dari air hujan, debu, atau kotoran lainnya yang dapat mengganggu pandangan saat mengemudi.

Namun, terkadang kita bisa menghadapi masalah di mana wiper mobil mati dan tidak berfungsi dengan baik. Meski terlihat sepele, mengemudi dengan wiper yang mati dapat membahayakan. Apalagi jika kamu melaju di saat hujan lebat.

Untuk itu, selalu jaga kondisi wiper mobil kamu agar tetap berfungsi dengan baik. Berikut adalah beberapa penyebab umum mengapa wiper mobil bisa mati dan beberapa cara untuk memperbaikinya.

 

1. Karet wiper aus

Salah satu penyebab wiper rusak atau tidak berfungsi dengan baik karena karetnya aus atau mengeras. Sebaiknya, jika kamu menemukan karet wiper yang sudah aus, segera gantilah dengan yang baru yang lebih lentur.

Baca juga: Deretan Koleksi Mobil Hotman Paris, Mewah!

Ketika karet wiper mengalami keausan atau kekerasan, sapuannya terhadap permukaan kaca mobil tidak akan merata. Ini berarti wiper tidak akan mampu membersihkan kaca dengan baik, meninggalkan bercak atau garis-garis air yang mengganggu pandangan.

Selain itu, karet wiper yang mengeras juga berpotensi merusak kaca mobil dengan meninggalkan goresan. Pemulihan kaca mobil yang tergores dapat memakan biaya yang cukup mahal, oleh karena itu lebih baik mencegahnya dengan mengganti karet wiper tepat waktu.

Untuk mengganti karet wiper, kamu dapat membeli karet pengganti yang sesuai dengan merek dan model mobil di toko suku cadang atau bengkel terdekat. Pastikan kamu memilih karet wiper yang lentur dan memiliki kualitas yang baik.

Baca juga: Ford Rilis Teaser Mobil Baru, Diduga Ford Ranger

Sebab, mengganti karet wiper secara berkala adalah langkah yang bijaksana untuk menjaga performa wiper mobil kamu agar tetap optimal.

Selain mengganti karet wiper, perlu juga diperhatikan cara merawatnya. Jaga kebersihan karet wiper dengan rutin membersihkannya dari kotoran atau residu yang menempel.

Gunakan air bersih dan lap yang lembut untuk membersihkannya secara perlahan. Hindari menggunakan bahan kimia atau pembersih keras yang dapat merusak karet wiper.

 

2. Kotoran menumpuk

Salah satu fenomena yang sering terjadi pada sistem penggerak wiper mobil adalah gerakan wiper yang lambat. Biasanya, hal ini disebabkan oleh adanya kotoran atau kekotoran pada bagian internal sistem penggerak wiper.

Kondisi ini dapat mempengaruhi aliran arus listrik dan menghambat gerakan engkol wiper. Untuk mengatasi masalah ini, perlu dilakukan pembersihan pada tahanan koil tersebut.

Alasan lain mengapa gerakan wiper menjadi lambat adalah adanya karat pada elemen wiper.

Baca juga: 10 Pelanggaran yang Kena Sanksi Tilang Kamera ETLE, Berapa Dendanya?

Karat yang menempel pada engkol wiper dapat menghambat pergerakan yang lancar dan menyebabkan kinerja wiper tidak optimal, sehingga sapuannya menjadi lebih lambat.

Untuk mengatasi hal ini, kamu dapat membersihkan engkol wiper dari karat dan menggunakan cairan anti karat untuk melindungi elemen tersebut. Namun, jika karat sudah parah, mungkin perlu dilakukan proses pengelasan atau penggantian elemen wiper yang terkena karat.

Untuk membersihkan tahanan koil dan engkol wiper dari kotoran atau karat, kamu dapat menggunakan lap yang lembut dan cairan pembersih yang sesuai. Bersihkan dengan hati-hati dan pastikan untuk menyemprotkan cairan anti karat jika diperlukan.

Baca juga: Resmi, Motor dan Mobil Listrik Bebas PKB dan BBNKB Mulai Tahun Ini

Jika kamu merasa tidak yakin atau kurang berpengalaman dalam melakukan perbaikan ini, lebih baik untuk meminta bantuan dari mekanik yang berpengalaman.

 

3. Motor listrik atau sekring rusak

Kadang-kadang, kita menghadapi situasi di mana wiper mobil sama sekali tidak mau bergerak. Ada beberapa kemungkinan yang dapat menjadi penyebab utama masalah ini.

Pertama, kemungkinan motor listrik wiper yang sudah aus. Jika motor wiper mengalami keausan, tidak ada pilihan lain selain menggantinya dengan yang baru.

Baca juga: Butuh Rekomendasi toko Spare Part Mobil di Wilayah Jakarta? Cek Langsung Disini!

Perhatikan tanda-tanda motor wiper yang tidak berfungsi atau bergerak dengan lambat sebagai indikasi kemungkinan kerusakan.

Selain itu, permasalahan pada sekring juga dapat menjadi penyebab wiper yang tidak bergerak. Jika sekring putus, ini menandakan adanya arus listrik yang berlebihan.

Oleh karena itu, perlu diperhatikan dan diperiksa rangkaian serta hubungan antar kabel yang terkait dengan sekring. Pastikan tidak ada kabel yang putus atau terlepas.

Baca juga: All New Toyota Rush Dikabarkan Meluncur November 2023, Segini Perkiraan Harganya

Langkah pertama untuk memeriksa sekring adalah dengan melihat panduan penggunaan mobil untuk mengetahui lokasi sekring yang terkait dengan wiper.

Setelah itu, periksa kondisi sekring dengan memeriksa apakah sekring tersebut putus atau tidak. Jika sekring putus, gantilah dengan yang baru dengan ampere yang sesuai.

Selain itu, penting juga untuk memeriksa konektivitas kabel yang terhubung dengan sekring wiper. Pastikan kabel terhubung dengan baik dan tidak ada yang terlepas. Jika ada kerusakan pada kabel, perlu diperbaiki atau diganti dengan yang baru.

Baca juga: Ada Uji Emisi Gratis di Jakarta, Catat Tanggal dan Lokasinya

Jika setelah memeriksa motor wiper, sekring, dan konektivitas kabel masalah masih berlanjut, disarankan untuk membawa mobil ke bengkel terpercaya atau mekanik yang berpengalaman.

Mereka akan dapat melakukan diagnosa yang lebih mendalam dan menemukan solusi yang tepat untuk memperbaiki masalah wiper yang tidak bergerak.

 

4. Dinamo terbakar

Kerusakan wiper juga bisa terjadi karena dinamo wiper terbakar. Umumnya ini terjadi karena adanya hubungan singkat arus listrik pada mobil.

Baca juga: Dampak Negatif Bila Mobil Sering Terjemur Matahari

Hubungan singkat arus listrik pada mobil dapat terjadi karena berbagai faktor, seperti kabel yang terkelupas atau terjepit, atau adanya masalah pada saklar wiper. Hal ini dapat menyebabkan aliran arus listrik yang tidak stabil dan merusak kumparan pada dinamo wiper.

Jika dinamo wiper mengalami kerusakan akibat hubungan singkat ini, biasanya tidak dapat diperbaiki dan penggantian dinamo wiper menjadi satu-satunya solusi yang efektif.

Untuk mengganti dinamo wiper yang rusak, kamu dapat mengunjungi bengkel terpercaya atau toko suku cadang mobil untuk membeli dinamo wiper pengganti yang sesuai dengan merek dan model mobil yang kamu miliki.

 

5. Tidak ada air

Salah satu masalah yang sering terjadi pada sistem washer mobil adalah semprotan air yang kurang kuat, kecil, atau tidak tepat sasaran.

Baca juga: Resmi, Motor dan Mobil Listrik Bebas PKB dan BBNKB Mulai Tahun Ini

Alhasil, kurangnya semprotan air tersebut membuat gerak wiper terbebani karena fungsi air adalah melumasi wiper agar bisa bergerak bebas membersihkan kaca mobil.

Kurangnya kinerja semprotan wiper mobil secara umumnya disebabkan oleh lubang di kepala washer yang tersumbat oleh kotoran atau residu. Namun, tidak perlu khawatir, membersihkannya cukup mudah dilakukan.

Untuk membersihkan lubang di kepala washer yang tersumbat, ada dua caranya, yang pertama adalah membersihkan tabung washernya terlebih dahulu. Cara ini pertama kali dilakukan dengan melepaskan tabung washer yang terletak di bawah kap mobil.

Baca juga: Jenis-Jenis Sparepart Mobil yang Kamu Wajib Tahu!

Setelah itu, campurkan pasir kerikil ke dalam tabung washer dan kocok-kocok tabung tersebut hingga kotoran yang menempel pada dinding tabung hilang.

Proses mengguncangkan tabung dengan pasir kerikil akan membantu membersihkan tabung yang yang tersumbat dan sudah penuh kotoran / lumut. Agar hasilnya lebih optimal, kamu dapat mengulangi langkah ini beberapa kali.

Setelah selesai, jangan lupa untuk membilas tabung washer dengan air bersih untuk memastikan tidak ada pasir kerikil yang tersisa.

Langkah kedua bisa dilakukan dengan menusuk lubang washer dengan peniti / pentul sehingga kerak air yang ada di lubang washer tersebut terangkat dan dapat mengalirkan air secara maksimal.

Baca juga: Nggak Perlu Repot Ke Bengkel, Ini Cara Mudah Ganti Oli Mobil Sendiri

Langkah-langkah sederhana ini dapat membantu membersihkan lubang di kepala washer yang tersumbat dan mengembalikan semprotan air menjadi optimal.

Namun, jika setelah membersihkan lubang masih terjadi masalah yang sama, kemungkinan ada masalah lain yang perlu diperiksa.

Salah satu kemungkinan adalah adanya kerusakan pada pompa washer atau masalah pada sistem aliran air. Jika demikian, disarankan untuk membawa mobil ke bengkel terpercaya agar masalah tersebut dapat ditangani dengan tepat.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan