×

blog/sering-disebut-di-tukang-ac-begini-cara-mengisi-freon-ac-mobil-062023

Sering Disebut di Tukang AC, Begini Cara Mengisi Freon AC Mobil

06 Jun 2023

Freon AC mobil memainkan peran penting dalam menjaga udara di dalam kabin mobil tetap sejuk. Tanpa freon, AC mobil tetap bisa menyala, namun tidak dapat mendinginkan udara dengan efektif alias hanya keluar angin saja. Freon sering disebut di bengkel / tukang AC karena memang peran freon sangatlah penting didalam sistem AC.

Freon sejatinya tidak akan habis meskipun AC sering digunakan. Namun jika sistem AC kamu bermasalah, dapat membuat freon cepat habis.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan AC dalam kondisi yang memadai dan segera ganti cairannya dengan yang baru jika sudah habis. Adapun pengisian freon pada sistem AC mobil sebaiknya dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman. 

Baca juga: Rekomendasi GPS Mobil Terbaik dan Harganya

Nah bagi kamu yang penasaran bagaimana proses pengisian freon itu berlangsung, yuk simak penjelasan dibawah

 

1. Cek kebocoran pada sistem

Sebelum memutuskan untuk mengisi freon mobil kamu. Pastikan tidak ada kebocoran pada sistem AC kamu karena biasanya freon habis karena ada sistem yang bocor misalkan dari evaporator /. kondensor. Pastikan bagian atau sistem yang rusak telah diperbaiki / ditambal terlebih dahulu agar freon baru yang diisi tidak kembali bocor sia sia.

 

2. Menyiapkan alat untuk memeriksa tekanan freon

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa tekanan freon pada sistem AC mobil. Untuk melakukan hal ini, kamu membutuhkan alat yang disebut manifold gauge. Alat ini akan membantu kamu mengukur tekanan freon secara akurat.

Sambungkan manifold gauge pada sistem AC mobil sesuai dengan petunjuk yang tertera pada alat tersebut. Setelah itu, baca dan catat tekanan freon yang ditampilkan pada skala manifold gauge.

Baca juga: Jadi Acara Tahunan Warga Jakarta, Bagaimana Sejarah PRJ?

Jika tekanan freon berada antara angka 160-250 psi, itu berarti tekanan freon terlalu tinggi dan perlu dikoreksi. Sebaliknya, jika tekanan freon berada antara angka 15-40 psi, itu berarti tekanan freon terlalu rendah dan juga perlu dikoreksi.

 

3. Kosongkan sisa freon

Setelah mengetahui tekanan freon pada sistem AC mobil, langkah berikutnya adalah mengosongkan freon yang ada. Untuk melakukan ini, pertama, pastikan katup manifold gauge sudah tertutup dengan baik menggunakan selang yang sesuai dengan tekanan yang telah kamu periksa sebelumnya.

Baca juga: Rolls-Royce Boat Tail jadi Mobil Termahal di Dunia 2023, Ini Alasannya!

Adapun selang yang dimaksud terdiri dari warna biru, hijau dan merah beserta fungsinya masing-masing. Pastikan selang berwarna biru terhubung ke nepel tekanan rendah, sedangkan selang berwarna merah harus terhubung ke nepel tekanan tinggi. 

Pastikan juga bahwa selang berwarna hijau atau biru telah terhubung ke pompa vakum. Setelah semua terhubung dengan benar, buka salah satu katup pada manifold gauge dan nyalakan pompa vakum. 

Perhatikan indikator pada pompa vakum dan tunggu hingga indikator menunjukkan angka 600 mmHg. Jika ingin lebih jelas dan efektif, buka katup manifold hingga indikator mencapai angka 750 mmHg. Dengan melakukan ini, sistem AC akan terbebas dari uap freon yang masih ada.

 

4. Isi freon

Setelah freon dikosongkan, langkah berikutnya adalah dengan mengisi freon. Penting untuk diingat, pengisian freon saluran tekanan rendah dan tekanan tinggi harus diisi secara terpisah. 

Baca juga: Deretan Koleksi Mobil Hotman Paris, Mewah!

Untuk mengisi pada saluran tekanan tinggi, langkah awal adalah menaikkan tekanan pada tabung freon dengan memanaskannya menggunakan charging station. Pastikan AC mobil dalam keadaan mati saat melakukan pengisian. 

Setelah manifold gauge terpasang, tutup kran tekanan rendah dan buka kran tekanan tinggi. Balikkan tabung freon yang sudah dipanaskan untuk memasukkan freon cair ke dalam saluran sampai penuh. 

Freon AC nantinya akan mengalir ke kondensor karena semua katup telah tertutup dengan rapat. Sementara itu, ada perbedaan cara pengisian freon pada saluran tekanan tinggi. Langkah pengisiannya adalah dengan menyalakan AC dan mesin mobil. 

Baca juga: Review dan Harga Suzuki S-Presso, Compact City Car Rasa SUV

Kemudian, injak pedal gas dan atur kecepatan mesin pada 2.000 hingga 3.000 RPM. Hal ini dilakukan agar suhu AC mencapai maksimum. 

Selanjutnya, pastikan kamu telah memeriksa saluran yang digunakan untuk mengisi freon pada posisi S atau L pada kompresor AC. Lalu pasang manifold gauge terlebih dahulu dan buka kran pada tabung freon secara perlahan. 

Lanjutkan dengan membuka kran tekanan rendah perlahan dan tutup kran tekanan tinggi agar gas dapat masuk dan menghindari masuknya cairan ke dalam.

Baca juga: Cara Kerja dan Keunggulan Mesin Turbocharged pada Mobil

Selama proses pengisian, perhatikan jarum manometer. Sistem akan terisi penuh ketika angka pada saluran tekanan rendah mencapai 1,5 hingga 2 bar.

Pada saluran tekanan tinggi, angka yang harus dicapai adalah 14,5 hingga 15 bar. Setelah mencapai angka tersebut, tutup kran dan lepaskan selang, lalu tutup tabung freon.

 

5. Cek sistem AC

Meskipun freon telah diisi, pekerjaan belum selesai. Periksa pompa vakum dan biarkan tetap menyala selama 30 menit. Kemudian, pastikan bahwa kedua katup pada manifold gauge sudah tertutup.

Perhatikan juga angka yang terbaca di meteran. Kalau terjadi penurunan pada angkanya, maka ini menunjukkan adanya masalah pada sistem AC. Umumnya masalahnya adalah kebocoran pada sistem AC mobil dan harus segera diperbaiki.

Baca juga: Cara Kerja dan Keunggulan Mesin Turbocharged pada Mobil

Tapi kalau angkanya stabil, artinya pekerjaanmu dilakukan dengan benar dan sistem AC mobil kamu berfungsi secara optimal. Dengan begitu, mobil siap digunakan dan kamu bisa menikmati AC mobil yang sejuk.

Itulah beberapa cara dan tips mengisi freon AC mobil. Mudah, bukan? Jadi, di situasi darurat, kamu bisa menggantinya sendiri dan nggak perlu repot-repot ke bengkel! Tapi, kalau AC mobil kamu mengalami masalah yang lebih serius, sebaiknya serahkan ke bengkel terpercaya, ya.

Temukan mobil idamanmu atau informasi serta tips-tips otomotif menarik lainnya di mobbi! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan