×

blog/selamatkan-bumi-dengan-kendaraan-paling-ramah-lingkungan-berikut-ini-032023

Selamatkan Bumi Dengan Kendaraan Paling Ramah Lingkungan Berikut Ini!

21 Mar 2023

Seiring dengan semakin meningkatnya isu pemanasan global, gaung kendaraan paling ramah lingkungan semakin bergema. Kendaraan ini juga biasa disebut dengan kendaraan hijau karena memiliki emisi gas buang yang rendah dan hemat energi.

 

Berkenalan dengan kendaraan ramah lingkungan

Kendaraan Ramah Lingkungan atau kendaraan eco-friendly merupakan kendaraan yang menghasilkan emisi rendah. Salah satu kendaraan ramah ini adalah mobil listrik yang kini banyak diembangkan di berbagai negara.

Kendaraan biasa dengan bahan bakar fosil dapat menghasilkan emisi karbon sebesar 125 gram per kilometer. Sedangkan mobil listrik hanya menghasilkan 0-5 gram per kilometer.

 

Apa saja kendaraan ramah lingkungan itu?

Terdapat 3 jenis kendaraan ramah lingkungan yang sudah digunakan di dunia. Berikut ini ulasan singkatnya:

 

1. Hybrid Electric Vehicle (HEV)

Jenis kendaraan yang pertama ini menggunakan mesin HEV yang mengandalkan 2 jenis mesin yaitu mesin bertenaga bensin dan baterai. 

Baca juga: Kemenhub Prediksi 123,8 Juta Orang Bakal Mudik, Mobil dan Motor Jadi Andalan

Energi listrik yang dihasilkan oleh baterai digunakan sebagai tenaga cadangan. Sedangkan mesin yang menggunakan bahan bakar bensin berfungsi sebagai mesin utama. 

Cara kerja kedua mesin tersebut adalah dengan memutar transmisi untuk memutarkan roda. Saat terjadi pengereman, energi listrik yang dihasilkan dapat berubah menjadi generator dan menghasilkan listrik untuk disimpan di baterai.

Baca juga:Fitur Toyotaa Innova Zenix Hybrid Benarkah Lebih Hemat BBM

Mobil dengan mesin hybrid ini tidak dilengkapi dengan charging port untuk isi ulang baterai. Walaupun demikian, emisi yang dikeluarkan tetap rendah bila dibandingkan mobil yang menggunakan bahan bakar bensin. 

Beberapa mobil yang sudah menggunakan mesin hybrid ini antara lain All-New Corolla Cross Hybrid, All New Corolla Altis Hybrid, dan All New Camry Hybrid.

 

2. Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV)

Mobil dengan mesin ini merupakan pengembangan dari jenis pertama. Tenaganya dihasilkan dari sumber energi fosil, sumber energi alternatif, dan baterai. 

Saat digunakan, mobil ini menggunakan 2 metode. Metode yang pertama, mobil bergerak dengan menggunakan daya dari baterai yang disebut dengan all-electric-mode. 

Baca juga: Kelebihan Mobil Hybrid Toyota

Untuk mode yang kedua, energi listrik dan bensin digunakan secara bersama-sama atau biasa disebut dengan hybrid mode.

Jadi pada mobil ini, mode pertama yang digunakan adalah mode all-electric-mode dan bergerak dengan menggunakan energi listrik. Sedangkan saat mobil sudah melaju dengan stabil di jalan, mode yang digunakan adalah hybrid mode

 

3. Battery Electric Vehicle (BEV)

Berbeda dengan dua jenis kendaran ramah lingkungan di atas, pada jenis ketiga ini tenaga yang digunakan adalah tenaga baterai. All Electric Vehicle (AEV) adalah sebutan lain dari jenis yang ketiga ini. 

Baca juga: Hati-Hati Beli Mobil Bekas! Telat Bayar Pajak 2 Tahun Dianggap Kendaraan Bodong

Kendaraan ini menggunakan tenaga listrik dari baterai untuk mengoperasikan. Jenis kendaraan ini dinilai lebih efisien dan ramah lingkungan. Hal ini bisa dilihat dari emisi karbon yang dihasilkan sangat rendah.

 

Manfaat Kendaraan Ramah Lingkungan

Kendaraan eco-friendly memiliki manfaat bagi lingkungan maupun diri sendiri. Beberapa manfaatnya antara lain:

 

1. Berperan serta dalam menjaga lingkungan

Manfaat dan tujuan utama kendaraan ini adalah menjaga lingkungan dari pencemaran dan polusi. Mobil ini memiliki emisi rendah sehingga tidak mencemari lingkungan sekitar.

 

2. Terhindar dari polusi suara

Suara mesin yang dihasilkan mesin bertenaga baterai lebih senyap dan tidak bising. Sehingga tidak mengganggu ketenangan sekitar dan memberikan kenyamanan lebih.

 

3. Perawatannya lebih mudah

Mobil ramah lingkungan ini memiliki komponen gerak yang lebih sedikit sehingga perawatannya pun lebih mudah. Kamu bisa melakukan perawatan di bengkel-bengkel yang ada di sekitar.

 

4. Pajaknya rendah

Pajak mobil hybrid telah diatur dalam peraturan pemerintah (PP) No. 74 Tahun 2021. Pajaknya tentu saja  rendah karena pemerintah telah memberlakukan insentif PPnBM yang berdasar pada kadar emisi kendaraan. 

Nah itu dia beberapa ulasan singkat mengenai kendaraan eco friendly. Kamu tertarik ganti mobil ke kendaraan yang lebih ramah lingkungan? Cek deretan mobil istimewa di mobbi yang siap untuk dipinang. Banyak pilihan dengan harga yang bersaing dan proses aman.

Baca juga: Bakal Ada Hybrid, Kenalan Yuk Sama Sejarah Toyota Innova

Belum punya aplikasi mobbi? Segera unduh aplikasi mobbi di Play Store atau App Store sekarang juga di handphone kamu dan temukan mobil impian kamu.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan