×

blog/selain-bentuknya-ini-dia-perbedaan-honda-city-hatchback-dan-sedan-052023

Selain Bentuknya, Ini Dia Perbedaan Honda City Hatchback dan Sedan

27 Mei 2023

Honda Prospect Motor (HPM) barangkali saat ini memiliki dua mobil Hota City andalannya. Yang pertama adalah Honda City Sedan yang dirilis pada bukan Oktober 2021 lalu. Mobil tersebut merupakan tipe sedan yang merupakan City generasi kelima.

Di tahun yang sama, Honda telah lebih dahulu meluncurkan City berjuluk City hatchback RS. Mobil yang mulai mengaspal pada Maret 2021 ini merupakan penerus dari Honda Jazz yang telah berhenti diproduksi.

Baca juga: Review dan Harga Suzuki S-Presso, Compact City Car Rasa SUV

Alhasil kini Honda City terbelah menjadi dua versi, yakni tipe sedan dan juga hatchback. Lantas apa saja perbedaan di antara keduanya? Berikut penjelasannya.

 

Eksterior

Jika melihat pada sisi eksterior, tentu terdapat perbedaan mencolok di antara kedua mobil ini. Honda City Hatchback merupakan mobil bertipe hatchback. Artinya, bentuk bodi mobil belakang dan atap menyatu tanpa adanya buntut di belakang. 

Alhasil mobil ini tidak mempunyai bagasi di bagian buntut belakang, seperti mobil hatchback pada umumnya. Justru bagasi mobil ini menyatu dengan ruang kabin dan mobil terlihat lebih membulat.

Baca juga: Mengenal BMW E36, Seri 3 yang Paling Populer di Dunia

Berbeda dengan Honda City Sedan. Mobil tipe sedan ini memiliki buntut di belakang seperti sedan pada umumnya. Alhasil, mobil ini memiliki bagasi yang terpisah dari kabin.

Perbedaan mencolok juga terlihat dari gaya yang diusung pada kedua mobil tersebut. Honda City Hatchback memiliki tampilan yang lebih sporty dengan banyak aksen hitam yang menyelimuti tubuhnya, seperti spion, antena, grille, dan velg.

Sebaliknya, City sedan memiliki tampilan yang lebih elegan dan mewah. Beberapa bagian yang sebelumnya dihitamkan pada versi hatchback kini mengalami perubahan warna. 

Baca juga: Garasi Mobil Erick Thohir Nambah Genesis G80 dan Ioniq 5, ini Spesifikasinya

Misalnya, velg Honda City sedan berubah menjadi perak keabu-abuan, pegangan pintu dan grille depan dilapisi dengan krom, serta spion dan antena disesuaikan dengan warna bodi.

Meskipun demikian, sebagian besar fitur pada City sedan dan hatchback tetap sama. Semua lampu pencahayaan telah menggunakan teknologi LED, termasuk lampu kabutnya. 

Mayoritas komponen mobil juga tidak berbeda, mulai dari desain bumper hingga garis-garis yang menghiasi pintu samping.

 

Interior

Sementara itu, terdapat beberapa kemiripan di bagian interior kedua mobil. Soalnya, komponen-komponen interior yang digunakan City Hatchback dan City Sedan nyaris sama persis. Perbedaannya hanya disesuaikan pada gaya yang disematkan pada kedua mobil.

Baca juga: Mengenal BMW E36, Seri 3 yang Paling Populer di Duni

Misalnya, karena desain Honda City Hatchback RS mengusung gaya sporti, maka bagian interior mobil menyematkan banyak warna merah. Hal ini bisa dilihat dari bagian speedometer, kenob AC, serta jahitan-jahitan pada jok yang dibuat serba merah seakan menjadi mobil balap.

Berbeda dengan versi sedan. Tampilan seperti speedometer, knob AC dan beberapa komponen lainnya dibuat menjadi serba putih. Sementara pada bagian jok seluruhnya dibuat warna hitam dan mengusung tema gelap.

Perbedaan lainnya juga tertampak pada bagian kabin di baris kedua. Pada bagian bawah kursi City Hatchback di baris kedua bisa diangkat yang membuat ruang kabin menjadi lebih luas untuk mengangkut barang. 

Baca juga: Review dan Harga Suzuki S-Presso, Compact City Car Rasa SUV

Adapun fitur ini dijuluki sebagai “Ultraseat" oleh Honda. Konfigurasi ini tidak dimiliki oleh City tipe sedan.Namun, Honda City sedan menyajikan beberapa fitur pengganti yang tak kalah menarik. 

Di antaranya, tersedia ventilasi AC dan armrest untuk penumpang baris kedua, serta dilengkapi dengan tambahan colokan USB di baris pertama dan ruang penyimpanan barang yang lebih luas. Honda juga mengklaim bahwa kapasitas ruang kargo City sedan mencapai 519 liter.

 

Fitur keselamatan

Sementara itu, fitur keselamatan pada kedua mobil ini tidak ada perbedaan. Kedua mobil, baik versi hatchback maupun sedan dilengkapi dengan teknologi Vehicle Stability Assist (VSA), sistem pengereman ABS.

Baca juga: 6 Tanda Mobil Kamu Butuh Spooring Balancing

Selain itu, kedua mobil dilengkapi Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Hill Start Assist (HSA), dan 6 airbags. Adapula sensor parkir, dan kamera mundur dengan tampilan multi-angle yang dapat memudahkan pengemudi dalam mengendarai mobil ini.

Hal serupa juga terlihat pada mesin mobil. Sumber tenaga pada kedua Honda City ini menggunakan mesin 1.500 cc DOHC V-TEC naturally aspirated.

Dengan mesin tersebut, mobil Honda City Hatchback maupun sedan menghasilkan output sebesar 121 PS dan torsi 145 Nm. Tenaga tersebut dialirkan ke roda depan melalui transmisi otomatis CVT.

Baca juga: Lagi Cari Toyota Voxy Bekas? Yuk Simak Kelebihan dan Kekurangannya Berikut!

Namun perbedaan terlihat pada segi transmisi. Mobil Honda City Hatchback tersedia dengan pilihan transmisi manual 6 percepatan. Sementara untuk versi sedannya tidak dilengkapi dengan transmisi tersebut, hanya ada transmisi otomatis CVT saja.

Setelah mengetahui perbedaannya, kamu lebih suka yang mana? Apapun yang menjadi pilihan kamu, pastikan sesuai dengan kebutuhan, ya!

Kunjungi mobbi untuk tau informasi dan tips-tips otomotif menarik lainnya dan temukan mobil idamanmu segera! Kamu juga bisa mengakses mobbi melalui aplikasi dengan mengunduhnya di  Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan