×

blog/sejarah-toyota-vios-sejak-19-tahun-yang-lalu-hingga-sekarang-102022

Sejarah Toyota Vios Sejak 19 Tahun yang Lalu hingga Sekarang

10 Okt 2022

Kehadirannya yang sudah 19 tahun di Indonesia membuat sejarah Toyota Vios menarik untuk dibahas. 

Sejumlah keunggulan yang dimilikinya membuat Toyota Vios menjadi salah satu sedan terlaris di Indonesia, bahkan dipercaya untuk menjadi armada taksi hingga sekarang melalui variannya yang bertajuk Toyota Limo.

Baca juga: Toyota All New Vios Resmi Meluncur di Indonesia, Segini Harganya

Setelah 3 generasi, Toyota Vios diketahui akan kembali meluncurkan versi terbarunya dengan status All New secara virtual dalam waktu dekat. Tapi sebelum itu, yuk ketahui sejarahnya dari generasi ke generasi!

 

Toyota Vios generasi pertama

Sejarah Toyota Vios dimulai pada tahun 2003 dan hadir sebagai penerus Toyota Soluna yang sudah pensiun. Pada generasi ini, Toyota Vios dibekali mesin 1.500 cc 1NZ-FE 4 silinder DOHC dengan teknologi VVT-i.

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 109 daya kuda di 6.000 RPM dan torsi 141 Nm di 4.200 RPM. Generasi ini memiliki desain yang modern dengan headlamp-nya yang berbentuk opal dan segaris dengan grille dibalut dengan krom.

Baca juga: Fungsi Filter Oli Mobil dan Dampaknya Kalau Telat Ganti

Kemudian pada tahun 2005, Toyota Vios mendapat pembaruan berupa facelift. Sejumlah pembaruan tersebut ada pada desain grille, lampu sein di spakbor dan interiornya yang berwarna ivory.

 

Toyota Vios generasi kedua

Generasi keduanya diperkenalkan pada tahun 2007 lalu dengan desain yang mirip Toyota Yaris dan memiliki kelengkapan yang melimpah, seperti jok dan suspensi yang lebih empuk dari sebelumnya.

Pembeda lainnya dari generasi pertama ada pada desain headlamp-nya yang lebih sipit dan grille yang menyatu. Bagian bumper-nya juga dilengkapi fog lamp dan body kit yang lebih elegan. Ada pula lampu depan HID dengan auto leveling yang bergerak vertikal.

Baca juga: Tips Merawat Mobil Putih Agar Selalu Bersih dan Kinclong

Fitur safety-nya juga bertambah, mulai dari hadirnya sepasang airbag, ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake Force), BA (Brake Assist), hingga collapsible steering column

Sedangkan untuk performanya, Toyota Vios generasi kedua menggunakan mesin berkode 1NZ-FE berkapasitas 1.500 cc yang menghasilkan tenaga 107 daya kuda dan torsi maksimal 141 Nm pada putaran 4.200 RPM. 

Pada April 2010, Toyota Vios mengalami facelift dengan menambahkan aksen krom pada grille, desain pelek dan lampu belakang baru, lis krom di buritan belakang, serta interior warna beige dengan pola jok baru.

Baca juga: Daftar Bengkel Uji Emisi Jaringan Astra di Jakarta, Catat Ya!

Hadir pula versi TRD Sportivo yang membawa tampilan eksterior yang lebih keren. Generasi ini berakhir pada tahun 2012 dan di tahun berikutnya Toyota Vios merilis generasi terbaru.

 

Toyota Vios generasi ketiga

Perjalanan sejarah Toyota Vios berlanjut sampai ke generasi ketiga yang dirilis pada tahun 2013 dan memiliki masa edar hingga sekarang.

Pada generasi ini, Toyota Vios tampil lebih mewah, mulai dari desain hingga kelengkapan fiturnya. Seperti perubahan grille dan fascia depan yang lebih elegan. 

Baca juga: Mesin Mobil Ngelitik? Kenali 12 Penyebab dan Solusinya

Selanjutnya pada September 2014, generasi ketiga tipe TRD Sportivo diluncurkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014.

Kemudian pada tahun 2018, Toyota Vios mengalami facelift dengan berbagai ubahan pada tampilan dan fitur keselamatannya, yakni 7 titik airbag, Hill Start Assist, Vehicle Stability Control, Crash Sensor, dan Emergency Brake Signal. 

Di generasi ini pula varian Toyota Limo hadir dan dijadikan sebagai armada taksi.

 

Toyota Vios 2022

Pada 12 Oktober 2022 mendatang, Toyota All New Vios akan diluncurkan secara virtual. Beberapa waktu lalu, Toyota Yaris Ativ resmi diluncurkan di Thailand.

Baca juga: Mesin Bensin Salah Isi BBM Pakai Diesel, Apa Akibatnya?

Adapun generasi terbaru dari Toyota Yaris Ativ ini merupakan penerus dari Yaris Sedan, atau beredar di Indonesia sebagai Vios.

Soal performa, mengutip dari Toyota.co.th, Yaris Ativ menggunakan mesin dengan kode 3NR-VE yang berkapasitas 1.197 cc Dual VVT-iE dan menghasilkan tenaga 92 daya kuda/6.000 RPM dan torsi puncak 110 Nm/4.400 RPM.

Nah, kalau kamu sendiri lebih suka Toyota Vios generasi ke berapa, nih? Apapun pilihan kamu, jangan lupa belinya di mobbi aja, ya! Pilihannya banyak, unitnya berkualitas!

Baca juga: Nama Baru Promo Lebih Seru, Beli Mobil di mobbi Bisa Dapet Cashback Rp 2 Juta!

Semua unit di mobbi dijamin tidak pernah mengalami tabrakan yang mengubah struktur rangka dan terendam banjir. Dokumen dan odometer pun dijamin keasliannya.

Spesial bulan Oktober 2022, beli mobil di mobbi ada cashback senilai jutaan rupiah hingga asuransi gratis yang bikin mobil kamu terjamin perlindungannya!

Yuk beli mobil bekas di mobbi sekarang agar tidak ketinggalan promonya! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan