×

blog/sejarah-toyota-camry-yang-kini-jadi-kendaraan-dinas-menteri-112022

Sejarah Toyota Camry yang Kini Jadi Kendaraan Dinas Menteri

18 Nov 2022

Sejarah Toyota Camry menjadi bahasan yang menarik untuk diulas. Hal ini karena dalam perjalanannya, Toyota Camry dijadikan sebagai kendaraan dinas menteri.

Tepatnya pada era Menteri Kabinet Indonesia Bersatu jilid I masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Toyota Camry sendiri bukanlah pemain baru di dunia otomotif. Di Indonesia, mobil ini sudah mengaspal sejak tahun 1999. Lebih lengkapnya, berikut sejarah Toyota Camry.

 

Toyota Camry XV20

PT Toyota Astra Motor (TAM) pertama kali membawa Toyota Camry ke Indonesia pada tahun 1999 sebagai pengganti Toyota Corona.

Baca juga: Masa Berlakunya Habis, Begini Cara Perpanjang SIM Online

Generasi pertamanya yang mengusung nama Toyota Camry XV20 ini hadir dalam dua varian, yakni GLX dan Grande. Perbedaannya ada pada kapasitas mesin dan kelengkapan fitur.

Varian GLX menggunakan tipe mesin yang sama dengan Toyota Corona, hanya saja kapasitasnya ditingkatkan menjadi 2.200 cc 4 silinder segaris. 

Sedangkan untuk varian Grande menggunakan mesin baru dengan kapasitas 3.000 cc 6 silinder berkonfigurasi V atau V6. Keduanya didukung dengan pilihan transmisi matik dan manual

Baca juga: BPKB Hilang? Mengurusnya Mudah dan Biayanya Murah Loh!

Di tahun 2001, Toyota Camry XV20 mendapatkan pembaruan berupa facelift di beberapa bagian, sehingga sedan ini terlihat lebih mewah dari versi sebelumnya.

 

Toyota Camry XV30

Sejarah Toyota Camry masih berlanjut di tahun 2002. Model terbarunya dirilis dengan kode XV30 dan memiliki desain yang lebih modern, semakin mewah dan tidak lagi kaku seperti generasi sebelumnya.

Toyota Camry XV30 ditawarkan dalam dua varian, yakni mesin baru berkapasitas 2.400 cc pada varian G dan 3.000 cc 6 silinder berkonfigurasi V yang masih menggunakan mesin yang sama dengan sebelumnya.

 

Toyota Camry XV40

Generasi ketiganya mengusung nama Toyota Camry XV40 yang diproduksi tahun 2006 hingga 2012. Di generasi inilah Toyota Camry digunakan sebagai mobil dinas menteri dan pemerintahan lainnya.

Baca juga: Mau Weekend Staycation? Cek Dulu Jadwal Buka Tutup Puncak

Berbeda dari generasi-generasi sebelumnya yang hanya memiliki dua varian, Toyota Camry XV40 hadir dalam tiga varian, yakni G, V, dan Q.

Varian G dan V menggunakan mesin 2.400 cc. Sedangkan varian Q yang merupakan varian tertinggi datang dengan mesin berkapasitas 3.500 cc.

Hingga saat ini, unit seken dari Toyota Camry XV40 masih banyak diminati dan dicari di bursa mobil bekas. Harganya pun sudah lebih terjangkau.

 

Toyota Camry XV50

Di tahun 2012, model terbarunya kembali dirilis dengan kode XV50. Pada generasi ini, Toyota Camry juga hadir dengan teknologi hybrid. Harganya cukup berbeda jauh dengan generasi sebelumnya. Meski begitu, Toyota Camry Hybrid tetap memiliki banyak peminat.

 

Toyota Camry XV70

Nah, versi yang terakhir adalah Toyota Camry XV70, yang diluncurkan di awal tahun 2019. Pada generasi ini, Toyota Camry menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA).

Baca juga: Sejarah Wiper Mobil, Pernah Dianggap Berbahaya dan Dilarang

Tersedia tiga varian, yakni G, V, dan Hybrid, di mana ketiganya sama-sama menggunakan mesin berkapasitas 2.500 cc.

Nah, kalau kamu sendiri lebih suka Toyota Camry yang mana, nih? Apapun pilihan kamu, jangan lupa belinya di mobbi aja, ya! Pilihannya banyak, unitnya berkualitas!

Semua unit di mobbi dijamin tidak pernah mengalami tabrakan yang mengubah struktur rangka dan terendam banjir. Dokumen dan odometer pun dijamin keasliannya.

Baca juga: Call me mobbi, Beli Mobil Bekas Langsung Dapet Asuransi Gratis dan Diskon 2 Juta!

Spesial bulan November 2022, beli mobil di mobbi ada cashback senilai jutaan rupiah, diskon langsung, potongan TDP,  hingga asuransi gratis yang bikin mobil kamu terjamin perlindungannya! 

Tunggu apalagi? Yuk beli mobil bekas di mobbi sekarang agar tidak ketinggalan promonya! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan