Porsche menjadi merek mobil yang disebut dalam lagu NCT 127 berjudul ‘2 Baddies’. Bahkan, tidak hanya dalam lirik, boy group besutan Negeri Ginseng ini juga menampilkan mobil sport car Porsche dalam video klip ‘2 Baddies’.
Tidak diketahui model apa yang mejeng dalam video klip tersebut. Namun, jika dilihat dari cover promosinya, NCT 127 ditemani 3 mobil Porsche, di antaranya adalah Porsche 911 model 911.2 GT3 Cabriolet, Porsche 911 GT3, dan Porsche Taycan.
Selain disebut dalam lirik lagu dan muncul dalam video klip NCT 127, pada September 2022 lalu Porsche juga terlihat melakukan kolaborasi dengan bintang K-Pop lainnya, yakni Jennie Blackpink.
Baca juga: Perbedaan Varian dan Harga Innova Zenix, Pilih Mana?
Jennie merancang mobil Porsche Taycan 4S Cross Turismo dengan desain warna hitam metalik dan sentuhan warna Meissen Blue di bagian eksterior dan interior mobil yang menghadirkan kesan elegan.
Tidak hanya dengan Jennie dan NCT 127, sejumlah produksi film kelas dunia juga sering bekerja sama dengan Porsche, di antaranya adalah film Top Gun, sehingga bisa dikatakan kalau Porsche memang memiliki kelas tersendiri dalam industri otomotif dunia.
Porsche sendiri diambil dari nama pendirinya, yakni Ferdinand Porsche, insinyur otomotif asal Austria yang dikenal sebagai teknisi yang menciptakan mobil pertama Volkswagen. Lantas, seperti apa sejarah merek mobil besutan Jerman ini?
1900
Ferdinand Porsche memulai debut pertamanya di Pameran Dunia di Paris pada tahun 1900.
Kala itu, kendaraan elektrik berkecepatan lebih dari 35 meter per jam berhasil diciptakan Porsche. Dirinya kemudian mendapatkan pengakuan internasional untuk insinyur muda.
1916-1931
Pada 1916, dia menjadi direktur umum Perusahaan Austro-Daimler. Kemudian, Daimler bergabung dengan perusahaan Mercedes Benz pada tahun 1920-an. Porsche bertanggung jawab untuk merancang beberapa mobil balap Mercedes yang hebat pada dekade itu.
Baca juga: Mau Liburan Ke Luar Negeri? Mudah Kok Cara Urus SIM Internasional
Porsche kemudian meninggalkan Daimler pada 1931 dan membangun perusahaannya sendiri. Dikutip dari situs resmi Porsche, awalnya, Porsche menggambar desain mobil di kamar tidur anaknya, Ferry.
Kemudian, di tahun yang sama Porsche pindah ke Stuttgart pada awal 1931 dan menyewa satu ruangan di pusat kota sana untuk membangun perusahaannya.
Meski belum terlaksana, pada saat itu, Porsche ingin sekali membuat mobilnya sendiri. Sampai akhirnya beberapa tahun kemudian, Adolf Hitler meminta insinyur tersebut untuk membantu produksi "mobil rakyat" kecil untuk masyarakat Jerman.
1936
Pada 1936, Porsche merancang prototipe untuk Volkswagen asli yang dikenal sebagai Kraft durch Freude (KDF).
Baca juga: Kelebihan Jalan Berbayar Atasi Kemacetan Jakarta, Apa Lebih Efektif Dibanding Ganjil Genap?
Selama Perang Dunia II, dirinya juga merancang kendaraan militer, seperti tank Tiger.
Namun pada masa akhir perang, Porsche dipenjarakan oleh Perancis selama lebih dari setahun akibat tuduhan melakukan kejahatan perang.
Untuk menjaga perusahaan keluarga tetap bertahan, Ferry, anak Porsche membangun mobil balap Grand Prix Type 360 Cisitalia untuk seorang pengusaha kaya Italia.
Ferry kemudian menggunakan uang bayarannya untuk menebus jaminan ayahnya. Ketika Porsche dibebaskan dari penjara, dia menyetujui proyek lain dari Ferry, yakni membuat mobil sport baru yang nantinya akan menyandang nama Porsche.
Baca juga: Suzuki Grand Vitara Meluncur di IIMS 2023, Harga Rp 300 Jutaan?
Mobil tersebut kemudian dijuluki Tipe 356, mobil yang mengikuti tradisi rancangan Porsche sebelumnya seperti Cisitalia. Mesin ditempatkan di tengah sasis, di depan transaxle, dengan komponen drive train Volkswagen yang dimodifikasi.
1947-1948
Mobil Porsche Tipe 356 kemudian masuk ke produksi dan menggunakan prototipe aluminium yang dibangun secara keseluruhan menggunakan tangan pada tahun 1947 dan selesai digarap pada 8 Juni 1948.
Jerman kemudian menyewa Porsche untuk berkonsultasi tentang pengembangan lebih lanjut dari Volkswagen.
Baca juga: Mengenal Fungsi Cruise Control dan Cara Menggunakannya
Dari proyek tersebut, dana yang dihasilkan digunakan oleh Porsche untuk membuka kantor baru di Stuttgart dengan rencana membangun hingga 500 mobil per tahun.
Dua dekade berikutnya, perusahaan ini telah membangun lebih dari 78.000 kendaraan dan dikenal sebagai salah satu merek mobil ternama dunia.
Porsche meninggal pada tahun 1951
Pada 1951, Porsche meninggal dunia akibat menderita stroke selama beberapa bulan. Berkat pengaruh dan kontribusinya pada dunia otomotif, nama Porsche dikenang dalam Hall of Fame Otomotif.
Baca juga: Komparasi Mitsubishi Xpander dan Mitsubishi Xpander Cross
Porsche dan VW bergabung
Pada 2011, seiring perkembangan bisnis, Porsche Automobil Holding SE dan Volkswagen AG (VW) sepakat menggabungkan kedua perusahaan ke dalam grup.
Dalam kesepakatan tersebut diciptakan satu grup baru dengan 10 merek mobil di bawah naungan nama besar VW. Panjang banget ya ternyata sejarah Porsche? Nggak heran kalau sekarang jadi salah satu merek mobil sport car ternama di dunia.
Baca juga: Gelegar Promo Maret bikin GREGET, Beli Mobil di mobbi Benefit s.d Rp 3 Juta!
Kalau penasaran sama sejarah-sejarah mobil lainnya atau sedang mencari mobil bekas yang terjamin kualitasnya, yuk kunjungi mobbi! mobbi juga bisa kamu akses dengan mudah melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.