×

blog/sejarah-mobil-jeep-ternyata-sudah-ada-sejak-pd-ii-052023

Sejarah Mobil Jeep, Ternyata Sudah Ada Sejak PD II

12 Mei 2023

Mobil Jeep telah menjadi salah satu ikon dari dunia otomotif. Kendaraan ini terkenal sebagai kendaraan yang tangguh dan dapat melewati berbagai medan, baik itu medan off-road atau di tengah-tengah kondisi cuaca yang ekstrem. 

Tapi tahukah Anda bahwa Jeep sebenarnya telah hadir sejak zaman Perang Dunia II? Mari kita bahas lebih lanjut tentang sejarah mobil Jeep.

 

Sejarah Jeep

Pada awalnya, mobil Jeep disebut sebagai Willys MB, dan dibuat oleh Willys-Overland Motor Company pada tahun 1941. Mobil ini dibuat untuk digunakan dalam perang oleh militer Amerika Serikat. 

Baca juga: Sejarah Toyota 86, Hachi Roku yang Tenar Namanya di Kalangan Petrolhead!

Willys MB dirancang oleh seorang insinyur bernama Karl Probst pada tahun 1940 dan mengalami berbagai uji coba sebelum akhirnya dipilih oleh militer Amerika Serikat.

Model pertama Jeep dirancang untuk dapat melewati medan yang sulit dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan militer, seperti patroli, pengiriman pasukan, dan sebagainya. 

Willys MB juga dilengkapi dengan teknologi 4x4 dan memiliki mesin bensin yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 60 tenaga kuda.

 

Gunakan nama Jeep

Setelah Perang Dunia II usai, mobil Jeep mulai diproduksi secara massal untuk konsumen sipil. Pada tahun 1945, nama "Jeep" mulai dipakai oleh Willys-Overland untuk memasarkan mobil tersebut. 

Baca juga: Mengenal Aneka Jenis Body Repair pada Mobil!

Nama Jeep sendiri konon berasal dari kata "GP" atau "General Purpose", yang merupakan julukan yang diberikan pada mobil tersebut oleh para tentara.

Pada tahun 1950, Willys-Overland bergabung dengan perusahaan lain, yakni Kaiser-Frazer Corporation. Setelah bergabung, mobil Jeep mulai diproduksi dengan nama Kaiser-Jeep, dan kemudian diganti menjadi Jeep Corporation pada tahun 1970.

 

Perubahan dari masa ke masa

Jeep terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Pada tahun 1945, Willys-Overland memperkenalkan model CJ-2A (Civilian Jeep 2A) yang merupakan model pertama Jeep yang dijual ke masyarakat umum. Model ini memiliki beberapa perubahan dari model militer, seperti penambahan kursi belakang dan atap.

Baca juga: Bakal Konser di Jakarta, Intip Koleksi Mobil Chris Martin Vokalis Coldplay

Selanjutnya, Jeep terus merilis model-model baru, seperti Jeep CJ-3A, Jeep CJ-5, dan Jeep CJ-7. Pada tahun 1987, Jeep merilis model Jeep Wrangler, yang hingga kini masih diproduksi sekarang dengan kode bodi Wrangler JL dan terkenal sebagai salah satu model Jeep yang paling populer.

Selain model off-road, Jeep juga merilis beberapa model yang lebih modern, seperti Jeep Grand Cherokee, Jeep Cherokee, dan Jeep Compass. Kendaraan-kendaraan ini memiliki fitur-fitur modern yang lebih lengkap dan cocok untuk penggunaan sehari-hari.

 

Jeep Willys, Kendaraan Tangguh di Perang Dunia ke II

Selama Perang Dunia II, Jeep Willys terbukti menjadi kendaraan yang sangat tangguh dan dapat diandalkan dalam kondisi medan yang sulit. Mobil ini digunakan oleh militer Amerika Serikat untuk berbagai keperluan, seperti mengangkut pasukan, patroli, dan pengintaian.

Baca juga:  Mau Bore Up Mobil? Cek Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Jeep Willys juga menjadi kendaraan yang penting dalam operasi militer Normandy pada tahun 1944. Mobil ini dipakai oleh pasukan Sekutu untuk melakukan serangan pantai dan menembus pertahanan musuh. Mobil ini juga digunakan dalam pengangkutan pasokan dan peralatan militer ke garis depan.

 

Ikonik

Mobil Jeep telah menjadi salah satu kendaraan ikonik dalam dunia otomotif. Dari sejarah awalnya yang dirancang untuk digunakan dalam perang hingga menjadi kendaraan off-road yang populer di seluruh dunia, Jeep telah melewati berbagai perubahan dan tantangan sepanjang sejarahnya.

Jeep bukan hanya sekadar mobil, tetapi juga menjadi simbol dari keberanian dan ketangguhan. Mobil ini telah menjadi bagian dari sejarah Amerika Serikat dan telah memainkan peran penting dalam perang dan perkembangan mobil off-road di seluruh dunia. 

Baca juga: Benarkah Mobil Klasik Cocok untuk Investasi?

Meskipun telah mengalami berbagai perubahan dan tantangan, Jeep tetap menjadi kendaraan yang tetap dicari dan diidamkan oleh banyak orang.

Yuk kunjungi mobbi dan temukan mobil idamanmu atau informasi serta tips-tips otomotif menarik lainnya! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di  Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan