×

blog/sejarah-mobil-ford-indonesia-sebelum-akhirnya-hengkang-042023

Sejarah Mobil Ford Indonesia Sebelum Akhirnya Hengkang

17 Apr 2023

Sebelum masuk ke Indonesia, Ford sudah ada sejak 1903 dan merupakan salah satu merek otomotif tertua yang terus eksis hingga kini. Mobil Ford pertama kali masuk ke Indonesia sejak 1950 an. 

Tapi saat itu semua mobilnya diimpor secara utuh atau Completely Built Up (CBU). Namun nama Ford tenggelam dengan banyaknya merek produsen mobil Jepang di tahun 1970an.

Setelah itu, pabrikan kendaraan terkemuka di Amerika itu kembali masuk pada tahun 1989 ke Indonesia di bawah naungan Republic Motor Company (IRMC). 

Baca juga: Ini Dia Daftar Mobil Sport Jepang yang Telah Melegenda di Dunia!

Di bawah bendera IRMC, Ford meluncurkan beberapa produk mobil yang cukup diminati masyarakat di Indonesia. Di antaranya mobil Ford jenis TX-3, TX-5, Cortina dan Laser. Dan tak lama, tenggelam lagi. 

Ford baru hadir kembali pada medio 2000 melalui perusahaan barunya PT Ford Motor Indonesia (FMI) –juga sebagai agen tunggal pemegang merek (APM) mobil Ford di Indonesia

Kemudian di tahun 2001, FMI mulai berbisnis dengan menghadirkan sejumlah model anyar di Tanah Air. Di antaranya Ranger, Everest, Focus, Escape Sporty, hingga Fiesta. 

Baca juga: Ada Astra Siaga Lebaran 2023, Mudik Jadi Aman dan Nyaman

Ini meningkatkan penjualan mobil Ford di tahun 2015 dengan total 4.986 unit. Angka ini memang tidak setinggi penjualan mobil garapan Jepang yang harganya jauh lebih murah. Tapi itu tak menghalangi eksistensi Ford dengan terus mengeluarkan produk baru.

Ford kemudian meluncurkan EcoSport di Indonesia. Ini mobil yang diciptakan untuk menjawab tingginya permintaan akan mobil sport utility vehicle (SUV). 

Memasuki tahun 2015, Ford mulai meluncurkan New Focus, New Ranger dan All New Everest. Tapi sayang, semua penjualan mobil Ford jeblok dibandingkan sebelumnya.

 

Hengkang dari Indonesia

PT FMI hanya mampu puas menjual mobil Ford sebanyak 12.008 unit di tahun 2014 dan 4.968 unit pada tahun 2015. Tahun 2016, penjualan mobil Ford kembali merosot dengan hanya mampu menjual 484 unit di tahun itu.

Baca juga: 10 Mobil Eropa Bekas Paling Elegan di mo88i (Baca: Mobi)

Akhirnya, dengan angka penjualan yang tidak logis itu, Ford memutuskan berhenti berproduksi di Indonesia. Tentunya kabar pengunduran diri itu mengejutkan banyak pihak, terutama para pecinta mobil Ford.

"Hari ini kami telah mengumumkan keputusan bisnis yang sulit untuk mundur dari seluruh operasi kami di Indonesia pada paruh kedua tahun ini. Hal ini termasuk menutup dealership Ford dan menghentikan penjualan dan impor resmi semua kendaraan Ford," isi kutipan surat resmi FMI kepada media melansir CNN.

Namun meski begitu, Ford tetap memastikan konsumennya dapat mengakses layanan penjualan, servis, dan garansi selama beberapa tahun. 

Baca juga: Mudik ke Surabaya dan Semarang Bisa Naik Kapal Perang TNI, Gratis!

Produksinya memang dihentikan tapi bisnis after sales-nya di bawah kendali RMA Group (distributor resmi Ford Service dan Genuine Parts di Indonesia) tetap berjalan.

 

Kembali ke Indonesia

Meski mengaku berhenti berproduksi dan hengkang dari Indonesia, bukan berarti mobil Ford hilang dari peredaran. Mobil produk Amerika ini tetap mengaspal di jalan-jalan Indonesia.

Penjualan yang merosot memang satu-satunya alasan logis Ford keluar dari Indonesia. Namun, sepertinya itu tak lama. 

Baca juga: 8 Kelebihan Mobil Eropa Bekas

Mengingat pecinta otomotif di Indonesia semakin berkembang, dan kebutuhan akan mobil, terutama mobil-mobil buatan Amerika dan Eropa semakin tinggi. 

Enam tahun setelah menyatakan diri keluar, Ford balik hadir ke Tanah Air dan mengibarkan bendera lagi di Indonesia pada Maret 2022 di bawah naungan RMA Group Indonesia.

Kedatanganya  tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. “Ford itu akan datang tanggal 20 Juni jadi kebetulan di-cover oleh saya. 

Baca juga: Hati-Hati Beli Mobil Bekas! Telat Bayar Pajak 2 Tahun Dianggap Kendaraan Bodong

Mereka semuanya mau end to end. Karena, mereka tahun sekarang yang paling bisa itu Indonesia,” terang Luhut mengutip Okefinance. Selamat datang kembali, Ford.

Jadi, meski sempat hengkang dan kiprahnya di Indonesia tidak semulus mobil-mobil buatan Jepang, nyatanya Ford berhasil kembali ke Tanah Air.

Ini artinya, Ford punya tempat tersendiri di hati para penggiat otomotif di Indonesia.

Nah, kalau kamu sendiri lebih suka mobil buatan Amerika atau Jepang, nih? Apapun pilihan kamu, jangan lupa sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan, ya!

Kunjungi mobbi dan temukan informasi serta tips-tips otomotif menarik lainnya! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan