Siapa yang tidak kenal dengan Mitsubishi Lancer, sedan legendaris yang merajai ajang balap rally dari awal kemunculannya hingga tahun 2000an.
Menurut data resmi Mitsubishi Indonesia, Mitsubishi Lancer sudah terjual di seluruh dunia sebanyak 7 juta unit. Kiprah Mitsubishi Lancer di Indonesia sendiri dimulai pada tahun 1980an dan dimulai dengan Lancer SL. Berikut perjalanan lengkapnya.
1. Kelahiran Mitsubishi Lancer SL (1981)
Mitsubishi Lancer SL mengaspal di Indonesia pada tahun 1981 melalui Krama Yudha Tiga Berlian Motor (KTB) sebagai distributor resminya. Hadir dengan seri 1400SL dan mesin berkapasitas 1.400cc bertransmisi lima.
Awalnya kehadiran Lancer SL ini untuk mengimbangi penjualan Corolla DX milik Toyota yang sudah duluan datang ke Indonesia akhir 70an.
Hingga tahun 1984 Mitsubishi Lancer SL mengalami tiga kali permak minor facelift. Dan setelah itu kendaraan ini ditawarkan dalam dua model, yakni sedan dan hatchback. Produksinya berakhir tahun 1987.
2. Lancer Dan Gan (1987)
SL digantikan oleh Dan Gan yang mulai diproduksi 1987. Di tahun 1989, tipe Mitsubishi Lancer ini pernah mengalami facelift. Produksinya berakhir tahun 1992.
3. Lancer Evolution I (1992)
Kehadiran Mitsubishi Lancer Evolution I atau lebih dikenal dengan Lancer Evo sangat unik. Sebelumnya, ada keinginan Mitsubishi untuk ikut serta dalam World Rally Championship (WRC).
Tapi untuk bisa turut serta, salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah setiap pabrikan harus memproduksi mobil balap yang dijual ke publik minimal 2.500 unit.
Baca juga: Deretan Mobil Sedan Bekas Terbaik di Jakarta
Akhirnya, diciptakanlah Lancer Evolution I untuk memenuhi syarat kelas FIA Group A (mobil reli berbasis mobil produksi massal).
Pada Oktober 1992 Mitsubishi Lancer Evolution I untuk pertama kalinya ikut WRC. Jadi bisa dibilang, Lancer ini sangat berperan membesarkan nama Mitsubishi.
Untuk bisa bersaing dengan mobil lainnya, Mitsubishi Motors membuat bodi Lancer Evolution I lebih ringan dan compact dengan mengurangi bobot dan menggantinya dengan kap mesin aluminium.
Mesin menggunakan 4G63T dengan turbocharger yang berasal dari Galant VR-4 ditambah penggerak 4WD full time, terbukti pesat di generasi ke-6 Galant VR-4.
Baca juga: Hal yang Mempengaruhi Harga Mobil Bekas
Modifikasi mesin ini menghasilkan tenaga buas 250 PS, bahkan lebih besar 10 PS dari standar Galant VR-4. Sementara model massalnya GSR dan RS menggunakan mesin 4G63 2.000 cc DOHC non turbo.
4. Lancer Evolution II (1994)
Kesuksesan di WRC membuat Mitsubishi meng-upgrade Lancer Evolution generasi kedua pada Januari 1994.
Yang membedakannya dari yang pertama adalah ditiadakannya Limited Slip Differential (LSD) di bagian belakang dan digantikan dengan pelat sehingga lebih lincah dan stabil di tikungan.
Berkat itu, meski masih menggunakan mesin yang sama, tenaga Lancer Evolution II 10 PS lebih cepat.
5. Lancer Evolution III (1995)
Kendaraan ini diluncurkan Februari 1995 dengan aerodinamika dan pendinginan mesin yang lebih baik sehingga lebih kompetitif di WRC.
Yakni dengan sedikit mengubah bagian bumper depan, samping, air dam belakang dan spoiler belakang sehingga bisa memaksimalkan pendinginan mesin, serta air dam untuk mendinginkan rem dan transfer case. Mesinnya juga di-upgrade jadi 270 PS.
Baca juga: Tips Mendapatkan Cicilan Ringan Saat Beli Mobil Bekas
Berkat hal tersebut, Tommi Makinen berhasil menjadi juara reli dunia pada 1996.
6. Lancer Evolution IV (1996)
Mobil penumpang Lancer mendapat full model change pada Oktober 1995. Mobil Lancer Evolution RS digunakan dengan spesifikasi dan fungsi yang sesuai dengan keinginan tim WRC. Mesin kembali ditingkatkan menjadi 280 PS.
Kendaraan ini juga dibekali teknologi Active Yaw Control (AYC) yang fungsinya mengontrol keseimbangan ban sisi kanan dan kiri saat bermanuver.
7. Lancer Evolution V (1996)
Generasi berikutnya terus dikembangkan dan diluncurkan pada Januari 1998 dengan sebutan Lancer Evolution V. Modifikasinya semakin inovatif mengikuti kebutuhan reli mobil Group A.
Baca juga: Coating Mobil Bekas, Mengapa Perlu dan Apa Fungsinya?
Kaki-kaki dan wheel track dilebarkan sehingga handling lebih tajam. Rear spoiler bisa disetel agar lebih baik secara aerodinamika –ini salah satu fitur yang terkenal dari Lancer Evolution V.
Piston mobil lebih ringan, nozzle turbocharger lebih besar, juga beberapa ubahan lain sehingga torsi maksimumnya bisa sampai 373 Nm di 3.000 RPM. Modifikasi ini mengantar Mitsubishi Motors menjadi juara Manufaktur di ajang WRC pertama kalinya.
8. Lancer Evolution VI (1998)
Di tengah kejayaan Lancer Evo V, Evo VI muncul. Mobil ini berada di puncak kesuksesan dari Januari 1998 hingga Maret 2001. Generasi keenam ini didesain secara total dari segi aerodinamika, sistem pendingin dan endurance-nya.
9. Lancer Evolution VII (2001)
Pada tahun 2001, Evo lagi-lagi berganti model. Tapi kali ini dengan penampilan yang berbeda dari generasi sebelumnya.
Baca juga: 10 Rekomendasi Mobil Keluarga Murah yang Ada di mobbi
Lancer Evolution VII mengusung Lancer Cedia sebagai platform-nya dengan tetap menggunakan mesin 4G63T berdaya 280 dk. Evo VII eksis hingga Januari 2003.
10. Lancer Evolution VIII (2003)
Tampilannya serupa Evo VII dengan tambahan Super Active Yaw Control dan tetap dengan mesin 4G63T berdaya 280 dk.
Sedan sport ini diproduksi dengan model GSR dan RS dan dilengkapi atap baja serta transmisi 5-percepatan. Dengan model inilah pertama kali Evo dijual secara resmi ke Amerika Serikat.
11. Lancer Evolution IX (2005)
Mitsubishi Lancer Evolution IX pertama kali dikenalkan di Jepang, 3 Maret 2005, pada ajang Geneva Motor Show. Atapnya terbuat dari aluminium (modelnya station wagon) dan daya mesinnya ditingkatkan menjadi 286 dk.
12. Lancer Evolution X (2008)
Mitsubishi Lancer Evolution X atau Concept –X meluncur tahun 2008 ini merupakan generasi terakhirnya Evo. Secara tampilan Evo X yang didesain perusahaan desain asal Eropa Omer Halilhodzic ini punya kesamaan dengan pendahulunya, Mitsubishi Lancer standar.
Baca juga: Cara Menggunakan Simulasi Kredit Mobil di mobbi untuk Tahu DP dan Cicilan
Evo X menutup generasinya dengan mesin legendaris 4G63T yang juga hadir di Evo I. Tambahannya mesin 2.000 cc 4B11T kapasitas 2.0L turbocharged dan all-aluminium inline-4 engine, seperti bawaan Galant Fortis.
Kolaborasi ini berhasil menyemburkan daya 280 dk dan torsi 422 Nm. Ini model untuk versi domestik Jepang (Japanese domestic market/JDM). Sementara versi Amerika 295 dk dan versi Inggris 276 dk.
Mitsubishi Lancer berhenti dijual secara global pada 2017. Perusahaan beralasan ingin fokus pada pengembangan mobil ramah lingkungan juga jenis SUV. Ini juga yang menjadi produk sedan terakhir dari Mitsubishi.
13. Mitsubishi Lancer EX (2010)
Selain meluncurkan Lancer Evolution X. Mitsubishi juga meluncurkan varian non-performa dari Evo X yang dinamakan dengan Lancer EX. Bentuk dari mobil ini sama dengan versi performanya tapi dia menggunakan mesin yang lebih jinak 4B114 4 silinder line 16 Valve MIVEC DOHC, berkapasitas 1.998 cc dengan tenaga maksimal 155 PS dan berpenggerak FWD.
Baca juga: Mesin Bensin Salah Isi BBM Pakai Diesel, Apa Akibatnya?
Itulah sepak terjang Mitsubishi Lancer sejak awal kemunculannya hingga mampu mengangkat Mitsubishi ke kancah otomotof dunia.
Yuk kunjungi mobbi dan temukan mobil idamanmu atau informasi serta tips-tips otomotif menarik lainnya! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.