×

blog/sejarah-honda-br-v-yang-lahir-dari-basis-honda-mobilio-022023

Sejarah Honda BR-V yang Lahir dari Basis Honda Mobilio

23 Feb 2023

Honda BR-V pertama kali diluncurkan pada Desember 2015, tepatnya dalam ajang otomotif Gaikindo International Indonesia Auto Show atau GIIAS.

Bicara soal nama, kata BR-V sendiri merupakan singkatan dari Bold Runabout Vehicle, yang artinya mobil ini gagah dari penampilan, serta mampu diajak melintasi berbagai macam medan.

Baca juga: Segera Servis AC Mobil Apabila Muncul 4 Tanda Ini

Honda BR-V hadir ketika pemain Low SUV (LSUV) belum banyak dan merupakan jawaban dari keinginan konsumen akan Honda Mobilio berpenampilan crossover. Lebih lengkap, berikut sejarah Honda BR-V.

 

Menggunakan basis Honda Mobilio

Mobil yang dijuluki sebagai New Generation Crossover Utility Vehicle oleh Honda Indonesia ini sebenarnya adalah Honda Mobilio yang disulap menjadi SUV. 

Ya, Honda BR-V menggunakan platform yang sama dengan Honda Mobilio. Itulah mengapa, keduanya memiliki kemiripan pada interiornya. Mulai dari tata letak kisi-kisi AC, pengaturan AC, panel instrumen, head unit, hingga cup holder semuanya sama. 

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan RWD Dibanding FWD Pada Avanza Terbaru

Sharing platform sendiri merupakan hal yang lumrah dilakukan oleh pabrikan otomotif. Tujuannya, agar biaya pengembangan dan produksi bisa ditekan.

Secara performa, Honda BR-V dan Honda Mobilio juga memiliki kesamaan, yakni dibekali mesin 1.500 cc i-VTEC 4-silinder DOHC, yang bisa menyemburkan tenaga hingga 119,3 daya kuda pada 6.600 RPM dan torsi puncak 145 Nm yang diraih pada 4.600 RPM.

Sementara soal fitur keselamatan juga dua-duanya memiliki dual SRS airbag, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), serta Hill Start Assist (HSA) pada varian paling tinggi. 

 

Honda BR-V Facelift

Sejak pertama kali diluncurkan, Honda BR-V memang laku keras. Sayangnya, hal tersebut tidak bertahan lama, lambat laun pamornya alami penurunan akibat persaingan di segmen LSUV.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Honda Brio Bekas di Awal Tahun 2023

Sadar akan hal tersebut, pembaruan pun dilakukan. Pada ajang Indonesia International Motor Show atau IIMS 2018, Honda memberikan sedikit penyegaran pada mobil ini.

Penyegaran tersebut berupa penambahan garnish di pintu, spion elektrik, antena shark fin, head unit 8 inci baru, dan armrest di konsol tengah. 

Karena tidak terlalu berdampak pada penjualan, Honda BR-V kembali melakukan penyegaran melalui facelift pada tahun 2019.

Baca juga: Sejarah Toyota Land Cruiser, Legenda Toyota yang Terus Mengaspal

Honda BR-V Facelift mengusung ubahan minor di sisi eksterior, mulai dari desain lampu DRL baru, garnish foglamp baru, serta desain grille, bumper, dan under spoiler baru.

 

Honda N7X

Sebelum meluncurkan versi All New-nya, Honda terlebih dahulu meluncurkan mobil konsep yang bertajuk New 7 Seater eXcitement alias N7X pada 3 Mei 2021.

Mobil konsep ini dirancang berdasarkan riset Honda R&D Asia Pacific terhadap kebiasaan masyarakat Indonesia dalam menggunakan mobil. Selera konsumen akan tampilan eksterior dan interior, fitur yang dibutuhkan, dan beragam aspek lain.

Baca juga: Pilihan Dashcam Tepat Untuk Mobil Kesayangan Kamu

Hasil riset menyebutkan bahwa masyarakat memiliki kebiasaan mengunjungi keluarga di tempat yang jauh. Selain itu, kondisi medan yang bervariasi di Indonesia juga memberi tantangan tersendiri untuk menciptakan mobil yang nyaman sekaligus tangguh.

Mobil ini dipersembahkan untuk keluarga generasi X dengan memadukan kelapangan khas MPV dengan ketangguhan dan gaya sebuah SUV. Keseimbangan antara gaya hidup serta aktivitas pribadi dan kebersamaan keluarga juga menjadi pertimbangan.

Setelah meluncur untuk pertama kalinya di Jakarta, Honda N7X melanjutkan perjalanannya ke empat kota besar di Indonesia, yakni Bandung, Semarang, Surabaya, dan Makassar.

 

All New Honda BR-V

Setelah melakukan roadshow ke 4 kota besar, konsep awal yang ditawarkan oleh Honda N7X diwujudkan ke dalam All New Honda BR-V.

Baca juga: Sejarah Jalan Tol Jakarta Cikampek, Dari Era Soeharto hingga Jokowi

Dibandingkan pendahulunya, perbedaan paling mencolok dari All New Honda BR-V adalah ukurannya yang lebih besar dengan ground clearance lebih tinggi.

All New Honda BR-V mengusung mesin 1.500 cc  DOHC i-VTEC yang mampu tenaga maksimum 119 daya kuda pada 6.600 RPM dan torsi maksimum 145 N.m pada 4.300 RPM.

Mesin tersebut telah disempurnakan dengan didukung sistem transmisi CVT yang baru, menghasilkan efisiensi bahan bakar lebih baik, performa yang lebih bertenaga, sekaligus ramah lingkungan sesuai standar Euro 4.

Baca juga: Benarkah Daihatsu Ayla dan Toyota Agya Terbaru Launching di IIMS 2023?

Berbagai penyempurnaan tersebut diterapkan ke dalam empat varian yang dapat dipilih sesuai keperluan, yakni varian S, E, Prestige, dan Prestige with Honda SENSING.

Dengan tenaga tertinggi serta kabin dan bagasi terluas di kelasnya, All New Honda BR-V varian S sebagai varian terendahnya sudah mumpuni untuk memenuhi kebutuhan keluarga Indonesia. 

Sementara itu, varian E dan Prestige memiliki beberapa fitur tambahan, seperti Remote Engine Start, Walk-Away Auto Lock, dan Smart Entry System. 

Baca juga: Tips Memperbaiki Bemper Mobil dan Biayanya

Bagi yang membutuhkan teknologi keselamatan terkini, All New Honda BR-V Prestige yang dilengkapi Honda SENSING dapat menjadi pilihan. 

Gimana? Kamu sendiri lebih suka Honda BR-V versi yang mana, nih? Apapun pilihan kamu, belinya di mobbi aja, yuk! Selain Honda BR-V bekas, kamu juga bisa menemukan LSUV lainnya, seperti Daihatsu Terios atau Toyota Rush.

Ada juga mobil dari segmen lainnya, seperti MPV, sedan, hingga city car. Tenang, semua unit di mobbi dijamin tidak pernah mengalami tabrakan yang mengubah struktur rangka dan terendam banjir. Nggak cuma itu aja, dokumen dan odometer pun dijamin keasliannya! 

Baca juga: mobbi Selalu Sayang, Beli Mobil Idaman Bisa Dapet Bonus hingga Rp 3 Juta

Spesial Februari 2023, beli mobil di mobbi bisa dapat bonus senilai Rp 3 juta dan bonus asuransi yang bikin mobil kamu terjamin perlindungannya.

Tunggu apalagi? Yuk beli mobil di mobbi sekarang! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan