×

blog/sejarah-airbag-sebagai-fitur-keselamatan-mobil-102022

Sejarah Airbag Sebagai Fitur Keselamatan Mobil

27 Okt 2022

Sejarah airbag ternyata sudah dimulai pada tahun 1950an. Ya, fitur keselamatan ini ternyata bukanlah hal baru di dunia otomotif. 

Seakan fitur wajib, saat ini hampir setiap mobil telah dilengkapi dengan airbag, yakni kantung udara yang akan mengembang atau mengempis secara cepat dan otomatis apabila terjadi kecelakaan atau terdeteksi adanya benturan keras. 

Keberadaan fitur tersebut ditujukan untuk mengurangi resiko benturan penghuni kabin mobil saat terjadi kecelakaan. 

Baca juga: Benarkah Jarang Dipakai Bikin Aki Mobil Tekor?

Ketika mengembang, airbag akan melindungi daerah vital seperti kepala, leher, dan dada. Tanpa fitur keselamatan ini, tubuh hanya akan ditahan oleh seatbelt dan berpotensi mengakibatkan cedera.

Posisi airbag sendiri biasanya berada di dashboard kursi pengemudi. Namun pada beberapa mobil, airbag ditempatkan di lebih dari satu titik, seperti kursi penumpang.

Lalu, bagaimana sejarah perjalanan airbag?

 

1952

Sejarah airbag dimulai pada tahun 1952, saat itu insinyur industri asal Amerika bernama John W. Hetrick beserta istri dan anak perempuannya sedang melakukan perjalanan ke Pennsylvania dengan menggunakan mobil Chrysler Windsor 1948.

Saat berkendara, tiba-tiba ada sebuah batu besar di depannya yang membuat Hetrick harus menghentikan laju mobilnya dengan menginjak rem sekuat-kuatnya. Sang istri pun refleks mengangkat tangannya untuk melindungi putrinya agar tidak terbentur ke dashboard.

Baca juga: Tanda Kaca Film Harus Diganti. Berapa Biayanya?

Peristiwa tersebut lah yang membuat Hetrick berpikir untuk merancang sebuah benda yang dapat melindungi pengemudi atau penumpang saat terjadi kecelakaan.

Ia pun mulai membuat sketsa bantalan pengaman untuk kendaraan dan berhasil mendapatkan paten pada tahun 1952 di Amerika.

Sementara itu, di benua Eropa, seorang insinyur asal Jerman bernama Walter Linderer juga mengembangkan airbag dengan sistem udara yang terkompresi dan bisa diaktifkan oleh benturan bumper atau dikembangkan sendiri oleh pengemudi.

Baca juga: 10 Tips Aman Menghindari Diri Dari Tindak Pencurian Mobil

Namun, seiring berjalannya waktu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa udara yang terkompresi tidak mampu mengembangkan kantung udara dengan cepat, sehingga dinilai tidak efektif.

 

1968

Sejarah airbag masih berlanjut hingga 13 tahun setelahnya atau pada 1968, Allen Breed pertama kali menemukan sensor dan sistem keamanan yang dianggap sebagai sistem airbag pertama. 

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Bengkel Ketok Magic

Ford Motor menjadi pabrikan yang pertama kali mengaplikasikan airbag pada mobil buatannya, tepatnya pada tahun 1971. Kemudian disusul oleh General Motor yang memasang airbag di Chevrolet Impala 1973.

Di tahun-tahun berikutnya, fitur ini mulai ditawarkan ke publik dan dijual sebagai perangkat terpisah dan opsional.

 

1981

Sejarah airbag masih berlanjut hingga tahun 1981. Di tahun ini, Mercedes-Benz memperkenalkan perangkat keselamatan yang lebih canggih dan modern. 

Baca juga: Tips Merawat Mobil Putih Agar Selalu Bersih dan Kinclong

Perangkat keselamatan tersebut dilengkapi dengan sensor yang secara otomatis akan mengencangkan sabuk pengaman dan mengembangkan airbag saat terjadi benturan.

Selama dekade tersebut, hampir semua pabrikan otomotif menjadikan airbag sebagai fitur keselamatan standar di kendaraan buatannya, dan hingga hari ini airbag sudah seperti perangkat wajib di semua mobil modern.

Meski kini semua mobil telah dilengkapi dengan airbag dan mampu melindungi diri dari dampak benturan saat kecelakaan, sebaiknya jangan sepenuhnya bergantung pada fitur tersebut. 

Baca juga: Komponen yang Rusak Jika Mobil Sering Menghantam Lubang

Akan lebih baik jika menghindari kecelakaan dengan selalu mengutamakan keselamatan serta menerapkan safety driving dan defensive driving. Yuk jadi pengendara yang bijak dan cerdas!

Untuk informasi dan tips-tips menarik lainnya, kunjungi mobbi, ya! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan