×

blog/sedang-mengincar-bmw-320i-e90-ini-dia-plus-minusnya-062023

Sedang Mengincar BMW 320i E90? Ini Dia Plus Minusnya!

07 Jun 2023

BMW 320i E90 merupakan mobil sedan premium entry level dengan tampilan mewah dan berbagai fitur menarik yang sering menjadi incaran para pencinta dan penggemar merk BMW.

Meskipun merupakan varian terendah dalam jajaran BMW Seri 3, BMW 320i E90 tetap menawarkan banyak kelebihan yang tidak boleh diabaikan.

Baca juga: Mengenal BMW E36, Seri 3 yang Paling Populer di Dunia!

Namun, seperti halnya mobil lainnya, tidak ada yang sempurna. Di balik kelebihannya, BMW 320i E90 juga memiliki beberapa kekurangan. Mari kita bahas secara lengkap plus minusnya agar kamu dapat membuat keputusan yang tepat sebelum membelinya. 

 

Kelebihan BMW 320i E90

Berikut sejumlah kelebihan yang ditawarkan BMW 320i E90 yang membuatnya menjadi salah satu mobil BMW yang masih dicari hingga saat ini.

 

Desain elegan

BMW 320i E90 menampilkan desain yang elegan dan sporty. Garis-garisnya yang cenderung lembut dan menawan serta proporsi yang seimbang memberikan kesan yang menarik dan mewah. Sekilas design mobil ini seperti desain mobil Eropa dengan influence Jepang, ini dikarenakan desainer mobil ini awalnya didesain oleh desainer berkebangsaan Jepang yaitu Joji Nagashima.

Walaupun begitu, ia tetap tidak meninggalkan ciri khas dengan tetap memiliki hoffmeister kink di bagian belakang yang sangat ikonik. Overall design BMW 320i E90 ini sangat timeless dan cocok untuk dikoleksi bagi para penggemar / pencinta BMW.

 

Performa yang baik

Mesin 320i E90 memiliki tenaga yang cukup untuk memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan. 

Ditenagai oleh mesin bensin 2.0 liter N43B20/N46B20 4 silinder Double VANOS, mobil ini menawarkan akselerasi yang responsif dan daya yang memadai untuk perjalanan sehari-hari. Akselerasi 0-100 km/jam dapat dilakukan dalam waktu 10,1 detik saja.

Baca juga: Harga BBM Pertamina Hingga Shell Turun, Ini Daftar Terbarunya

BMW 320i E90 juga memiliki suspensi yang lebih empuk dibandingkan dengan generasi sebelumnya yaitu E46, sehingga mobil ini terasa lebih nyaman untuk dikendarai sehari hari.

 

Kualitas interior yang baik

Interior BMW 320i E90 dirancang dengan baik dan menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Kabin yang nyaman, kursi yang ergonomis, dan tata letak kontrol yang intuitif menciptakan pengalaman berkendara yang menyenangkan dan mewah.

 

Dilengkapi berbagai fitur

BMW 320i E90 dilengkapi dengan berbagai fitur. Sebut saja pada stirnya, terdapat tombol pengaturan radio dan Bluetooth di sebelah kiri. Di sebelah kanan, ada juga tombol untuk mengeluarkan CD dan buka tutup ventilasi.

Baca juga: Rekomendasi GPS Mobil Terbaik dan Harganya

Namun sayangnya Bluetooth tersebut hanya bisa digunakan untuk menelpon saja dan belum bisa untuk memutar lagu. 

Mobil ini juga dilengkapi dengan fitur yang dapat mengecek kondisi mobil, seperti konsumsi bahan bakar, umur oli, spare parts dan kapan harus melakukan servis. Fitur yang sangat canggih pada masanya.

BMW 320i E90 juga dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan yang melindungi pengemudi dan penumpang. Beberapa fitur tersebut termasuk sistem pengereman anti terkunci (ABS), kontrol stabilitas elektronik (ESC), sistem pengingat pengemudi, dan airbag.

 

Handling yang baik

BMW dikenal karena handlingnya yang baik, dan BMW 320i E90 tidak terkecuali. Suspensi yang disetel dengan baik dan sistem kemudi yang responsif memberikan pengalaman berkendara yang stabil dan mengasyikkan, terutama saat melewati tikungan.

 

Merek bergengsi

BMW adalah merek otomotif terkenal yang memiliki reputasi yang baik dalam hal kualitas dan ketahanan. Memiliki mobil dari merek bergengsi ini dapat memberikan kebanggaan dan prestise tersendiri.

Terlebih lagi mobil ini juga masih terlihat segar, apalagi jika kondisi catnya terawat, sehingga mobil ini terlihat keren apabila kamu parkir di parkiran hotel / mall yang bergengsi.

 

Kekurangan 320i E90

Seperti layaknya mobil lainnya, meskipun mobil ini merupakan model yang menarik dan timeless.  BMW 320i E90 juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah poin minus yang harus kamu ketahui sebelum meminang mobil ini.

 

Ruang kaki pengemudi terbatas

Meskipun mobil ini menghadirkan posisi mengemudi yang ergonomis, ada sedikit intrusi girboks yang mengurangi ruang kaki pengemudi. Bagi pengemudi yang memiliki postur tubuh tinggi, hal ini mungkin akan mengurangi aspek kenyamanan saat mengemudi.

 

Kapasitas bagasi terbatas

Bagasi pada BMW 320i E90 tidak terlalu besar dibandingkan dengan beberapa mobil sekelasnya.

Baca juga: Biaya dan Cara Mengurus STNK Hilang

Bahkan, bagasi mobil ini tidak memberikan ruang untuk ban serep, hal ini karena sejak awal peluncuran, mobil ini merupakan mobil pertama yang menggunakan ban Run Flat Tire (RFT).

Jadi, bagi kamu yang sering membawa barang bawaan banyak, mungkin perlu mempertimbangkan alternatif lain yang menawarkan ruang bagasi yang lebih luas.

 

Mechatronic yang bermasalah

Jika kamu sedang mengincar BMW 320i E90 sebaiknya kamu mempertimbangkan untuk meminang model tahun 2010 ke atas atau model LCI. Pada model ini sistem mechatronic nya sudah diperbarui sehingga tidak sering bermasalah. Apabila kamu mengincar model pre-LCI atau model tahun 2010 kebawah, pastikan kamu mengecek sistem mechatronic nya dengan detail di workshop BMW yang terpercaya seperti misalnya di bengkel resmi Astra BMW.

Apabila sistem mechatronic nya bermasalah tentu saja bisa memakan biaya yang cukup banyak. Jadi pastikan untuk mengeceknya secara detail ya.

 

Biaya perawatan dan suku cadang

Sebagai mobil mewah, biaya perawatan dan suku cadang untuk BMW 320i E90 relatif lebih tinggi dibandingkan dengan mobil non-premium. Running cost mobil ini juga lumayan tinggi karena membutuhkan bensin oktan minimal 92 (direkomendasikan 95) dan oli full sintetik dengan jumlah yang diatas rata rata mobil non-premium agar mobil ini tetap berjalan lancar. Ban mobil ini juga bawaannya sudah menggunakan RFT yang harganya diatas Rp 5 Juta per buah bannya.

Mobil BMW juga cenderung tidak bisa diakali bagian yang rusak atau diganti sparepart kualitas KW. Pun kalau bisa, pastinya sparepart KW tersebut tidak akan bertahan lama. Sedangkan harga sparepart asli mobil ini lumayan tinggi harganya karena terbayar dengan feel yang premium dan rasa berkendaranya yang super enak dan nyaman.

Jadi, pastikan kamu siap menghadapi biaya perawatan dan pemeliharaan yang sesuai dengan standar merek ini, jangan sampai kamu membeli mobil ini tanpa memperhatikan cost lanjutannya ya!

Nah, jika kamu tertarik dengan BMW 320i E90, pastikan untuk melakukan test drive dan merincikan biaya biaya seperti pajak, running cost, maintenance cost dan sebagainya guna memastikan kecocokan dengan preferensi kamu

Kunjungi mobbi sekarang dan temukan mobil idamanmu serta informasi menarik lainnya yang kamu butuhkan! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan