×

blog/seberapa-penting-lampu-sein-bagi-kendaraan-022023

Seberapa Penting Lampu Sein Bagi Kendaraan?

07 Feb 2023

Poles mobil bisa jadi solusi yang tepat saat terjadi baret atau goresan kecil pada mobil.  Poles mobil tidak soal penampilan mobil, namun banyak manfaat poles mobil yang tidak diketahui pengguna mobil. Apa saja kira-kira manfaat dari poles mobil?

Terdapat banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan poles  dan perawatan mobil. Baik dilakukan di salon maupun dilakukan sendiri. Namun poles mobil juga bisa memberikan dampak buruk jika dilakukan terlalu sering. 

Baca juga: Kondisi yang Bisa Bikin Harga Mobil Bekas Jatuh 

Kamu tidak perlu khawatir, karena kerusakan yang terjadi hanya terjadi bila terlalu sering memoles. Selain poles mobil, ada jenis perawatan lain yang bisa Kamu terapkan ke mobilmu. 

Waxing dan detailing adalah dua jenis perawatan rutin yang bisa dilakukan di salon mobil atau auto-detailing

 

Manfaat poles mobil?

Bagian eksterior adalah bagian depan atau muka ketika berkendara. Ibaratnya jangan sampai muka sobat tersebut terlihat kusam dan tidak lagi elok dipandang. Untuk membuat mobil terlihat seperti mobil baru, perawatan rutin termasuk poles mobil diperlukan. 

Berikut 4 manfaat utama poles mobil yang wajib diketahui!

 

1. Memudahkan perawatan

Mobil yang sudah mendapatkan polesan lebih mudah dibersihkan. Kamu tidak perlu bersusah payah untuk menekan terlalu dalam. Cukup disiram dan semua noda dan kotoran akan dengan mudah luntur. 

Baca juga: Tips Membersihkan Noda Aspal di Bodi Mobil

Jika dibandingkan dengan mobil yang belum terpoles, usaha untuk membersihkan sekaligus merawat mobil menjadi tidak mudah. Hati-hati pada tekanan berlebih karena hal tersebut dapat merusak cat. 

 

2. Melapisi cat dengan cairan pelindung

Kamu bisa melakukan poles dan waxing untuk membuat cat terlapisi cairan pelindung. Cairan tersebut akan bekerja layaknya permukaan pada daun talas. Beragam noda termasuk cipratan air tidak akan mudah menembus cat dan merusak warna. 

Bandingkan dengan mobil yang tidak dipoles dan tidak di-wax. Kotoran dan noda akan berdiam dan mengendap. Jika dibiarkan saja, kotoran dan noda tersebut akan merusak dan sulit dibersihkan. 

 

3. Memperlambat penuaan

Sinar ultraviolet ternyata memberikan dampak buruk bagi bodi mobil. Selain sinar UV, cipratan air juga memberikan dampak yang buruk. Bagaimana jika keduanya dikombinasikan? 

Tentu efeknya akan semakin buruk. Terlebih, Indonesia adalah negara dengan iklim tropis dimana panas dan hujan datang silih berganti dan sulit diprediksi. Efek buruk cuaca buruk tersebut akan ditambah polusi udara dan debu jalanan. 

Baca juga: Mitos atau Fakta, Jual Mobil Modifikasi Bisa Lebih Untung?

Akhirnya mobil akan cepat menua khususnya eksterior karena bagian tersebut adalah bagian yang paling terekspos. Dengan melakukan poles secara rutin, mobil akan lebih tahan lama

 

4. Tampilan Fresh dan Mengkilap

Poles tidak hanya memberikan perlindungan tetapi juga penampilan. Tampilan yang segar dan mengkilap tentunya enak dipandang dan memberikan kesan baru. Selain itu, tampilan fresh akan memberikan kenyamanan dan kepercayaan diri ketika berkendara. 

 

Perbedaan poles, waxing dan detailing pada mobil 

 

Jenis perawatan mobil apa saja yang diperlukan? Umumnya adalah poles atau polish dan waxing adalah dua jenis perawatan yang paling sering digunakan. Selain itu ada juga perawatan yang disebut detailing. 

Tiga jenis perawatan ini sering dimaknai sama. Ketidaktahuan makna pada istilah-istilah tersebut dalam membuatmu melakukan kesalahan ketika melakukan perawatan.

Baca juga: Mobil Bekas Siap Pakai, ya Cuma di mo88i (Mobi)! 

Wax dan poles sama – sama memfokuskan perawatan pada cat. Namun keduanya memiliki perbedaan. Poles bertujuan untuk membuat cat lebih fresh dengan cara menghilangkan kusam pada mobil. Wax bertujuan melindungi cat dari kusam.

Secara sederhana dapat dikatakan bahwa poles menghilangkan kusam pada cat, sedangkan wax mencegah kusam pada cat.

Detailing bertahan lebih lama dibanding poles. Poles bisa bertahan 2-3 bulan. Sementara detailing bisa bertahan 9 -12 bulan. 

 

Jenis perawatan mobil apa yang kamu pilih?

 

Di antara jenis jenis perawatan ini, mana yang Kamu pilih? Semua Kembali ke keputusanmu untuk merawat mobil kesayangan. Namun jika ingin hasil yang komplit dan tahan lama, maka detailing adalah jawabannya. 

Namun karena layanan perawatan yang lengkap, harga yang dibutuhkan juga bisa dibilang mahal  dan waktu menunggunya cukup lama. Jika tidak, kamu bisa memilih poles mobil. Yang terpenting, perawatan mobil secara rutin sebaiknya tetap dilakukan ya!

Baca juga: Warna Mobil Paling Laku Jadi Faktor Penentu Harga Jual? 

Di mobbi, kamu bisa mendapatkan berbagai informasi jual beli dan layanan tukar tambah mobil yang terpercaya, transaksinya pun aman dan nyaman. Jadi, jangan lupa download mobbi di Google Play Store dan Apple App Store

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan