×

blog/sebelum-beli-ini-tips-test-drive-mobil-bekas-yang-tepat-dan-aman-062023

Sebelum Beli, Ini Tips Test Drive Mobil Bekas yang Tepat dan Aman

14 Jun 2023

Test drive atau uji berkendara merupakan kegiatan yang wajib dilakukan sebelum kamu membeli mobil bekas. Hal ini karena bisa menjadi kesempatan bagi kamu untuk merasakan langsung performa mobil bekas pilihan dan memastikan kondisinya sesuai dengan harapan.

Meski demikian, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan saat melakukan uji berkendara pada mobil bekas sebelum kamu melakukan pembelian mobil. Berikut penjelasannya.

 

1. Periksa indikator dan kebocoran

Saat melakukan test drive, perhatikan indikator suhu mesin, kondisi accu, tekanan pelumas, dan keseluruhan kondisi mesin. Pastikan tidak ada indikator yang menyala terus menerus atau tidak menyala sama sekali. 

Baca juga: Mengenal Sistem Stabilitas Mobil VSC dan Cara Kerjanya

Selain itu, perhatikan apakah ada kebocoran pelumas atau cairan lainnya. Periksa juga fungsi lampu dan fitur kelistrikan lainnya, seperti wiper dan audio. Rasakan karakter setir dan perhatikan apakah ada getaran atau setir terasa menarik ke salah satu sisi, yang dapat menandakan masalah pada kaki-kaki dan kemudi. 

 

2. Perhatikan keadaan eksterior dan interior mobil

Sebelum memasuki mobil, perhatikan beberapa hal terkait kondisi eksterior dan interior mobil. Periksa apakah terdapat tanda pengecatan ulang berlebihan pada bodi mobil, yang dapat mengindikasikan mobil bekas banjir atau pernah mengalami kecelakaan parah.

Periksa juga kondisi ban dan ketebalan ban untuk mengetahui sejauh mana ban telah terkikis. Selain itu, perhatikan juga kebersihan dan kekentalan oli mesin. Jika oli terlihat berdebu atau terlalu kental, ini dapat menunjukkan kurangnya perawatan pada mobil.

 

3. Uji akselerasi dan transmisi

Lakukan test drive di jalanan dengan beberapa tingkat kecepatan yang berbeda. Rasakan mobil saat berjalan dan perhatikan adanya suara atau getaran yang tidak normal. 

Baca juga: Bikin Enteng Setir, Power Steering Ternyata Punya Banyak Jenis

Pastikan akselerasi mobil berjalan dengan baik dan responsif, terutama pada mobil manual. Jika mobil terasa sulit untuk mengubah persneling atau terdapat masalah pada kopling, ini dapat menjadi tanda adanya masalah pada transmisi mobil.

 

4. Uji kestabilan dan kenyamanan berkendara

Cobalah berkendara di jalanan yang tidak mulus untuk menguji stabilitas dan kenyamanan mobil saat melewati jalan rusak atau tanjakan. 

Perhatikan apakah terdapat suara getaran di dalam mobil, suara kaki-kaki yang mengganggu, atau hentakan yang tidak wajar akibat shockbreaker yang buruk. Pastikan juga kamu merasa nyaman saat mengemudikan mobil tersebut.

 

5. Periksa kelistrikan dan sistem rem

Selama test drive, perhatikan indikator pada layar kemudi, fungsi infotainment, lampu, wiper, AC, locking system, warning light, dan fungsi-fungsi lainnya pada mobil. 

Baca juga: Cara Mengurus STNK Mobil Bekas yang Hilang

Pastikan semuanya berfungsi dengan baik untuk mengetahui apakah mobil pernah terkena banjir atau mengalami masalah kelistrikan. 

Selain itu, periksa juga tingkat respons pada perpindahan persneling dan respons setir mobil. Perhatikan juga suara decit saat mengerem dan kecepatan mobil saat pedal gas diinjak.

 

6. Perhatikan tanda-tanda mobil bekas banjir

Beberapa tanda mobil bekas banjir dapat diperhatikan selama test drive. Jangan hanya terkecoh dengan bau pengharum ruangan yang ada pada mobil. 

Baca juga: Ternyata ini Arti Kode Angka yang Tertera pada Pom Bensin Pertamina

Tutup kaca, pintu, dan ciumlah mobil dengan nafas panjang. Jika mencium bau lepek atau karat seperti besi, itu adalah tanda mobil bekas banjir. 

Periksa juga kondisi oli mesin, apakah masih kental dan berwarna hitam. Jika oli terlihat coklat pucat dan terasa lengket, itu menandakan oli sudah bercampur dengan air.

Test drive mobil bekas sangat penting untuk memastikan kamu mendapatkan mobil yang sesuai dengan harapan. Dengan mengikuti tips di atas, kamu dapat menguji performa mobil bekas dan mengidentifikasi masalah potensial sebelum melakukan pembelian. 

Baca juga: Daftar Terbaru Tarif Parkir Mobil di Bandara Soekarno-Hatta

Jadi, usahakan untuk test drive sebelum memutuskan untuk membeli mobil agar kamu dapat memiliki kendaraan yang tepat!

Temukan mobil idamanmu atau informasi serta tips-tips otomotif menarik lainnya di mobbi! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan