Disebut-sebut Toyota GR86 meng-upgrade mesinnya menggunakan mesin boxer Subaru. Kabar ini bikin pecinta mobil sport makin senang karena mobil idamannya makin kencang dan lincah sana di jalanan.
Sejak pertama kali diberitahu beberapa tahun lalu bahwa generasi terbaru Toyota 86 akan hadir dengan mesin baru, kehadirannya terus dinanti. Perhatian pecinta mobil sport pun terus tertuju pada mesin boxer Subaru yang katanya akan ditanamkan di Toyota 86 terbaru.
Dan benar saja, Toyota GR86, generasi kedua Toyota 86, betulan hadir dengan mesin boxer 4 silinder dari Subaru. Dan ini bikin daya pacunya makin melesat dari generasi sebelumnya.
Baca juga: Harga BBM Pertamina Ada yang Turun Mulai Awal April
Mesin boxer berkode FA24 ini adalah mesin terbaru rilisan Subaru dengan kapasitas dengan kapasitas 2.400 cc, injeksi, twin scroll turbo. Dan mesin yang sama juga digunakan oleh Subaru BRZ.
Beda mesin Toyota GR86 dengan Subaru BRZ
Generasi sport car ini sama-sama generasi kedua dan memiliki perubahan di ukuran mesinnya. Ukuran mesinnya jadi lebih besar dari yang sebelumnya 2.000 cc menjadi 2.400cc.
Dengan peningkatan mesin tersebut, sudah pasti tenaga dan torsi yang dihasilkan juga bertambah. Tenaganya naik 30-35 PS menjadi 235 PS. Sementara torsinya 250 Nm, naik sekitar 40 Newton meter (Nm) hingga 50 meter diibandingkan generasi sebelumnya.
Baca juga: Puncak Arus Mudik 2023 Diprediksi Terjadi pada 19 April
Sedangkan pada Subaru BRZ, tenaganya 237 PS dan torsinya 250 Nm. Perbedaan 2 PS ini, banyak yang bilang, sekadar diada-adakan saja, padahal mungkin daya pacunya sama.
Menyoal blok mesin, terdapat tulisan Toyota dan Subaru. Ini karena bloknya memang menggunakan Subaru Boxer engine, tapi sistem injection masih buatan Toyota.
Mesin Subaru ini memang dikenal mesin boxer yang andal. Ini jadi keuntungan bagi Toyota GR86 karena laju mobil sport ini jadi makin lincah dan pesat. Bila dilihat spesifikasinya, twin scroll turbo ini dipakai juga oleh Toyota Supra. Tapi Toyota menjamin, GR 86 berada satu kelas di atas Supra.
Interior Toyota GR86
Toyota GR86 ini hadir dengan mengusung platform Toyota New Global Architecture (TNGA). Untuk desainnya sendiri menggunakan konsep desain car sport pendahulunya, Toyota MR2.
Baca juga: Mudah! Begini Cara Akses Samsat Online Jakarta!
Menyisir ke bagian interior, Toyota GR86 hadir dengan transmisi manual yang diyakini mampu memberikan rasa kesenangan yang lebih saat berkendara. Pada bagian dasbor tengah ada tombol-tombol transmisi otomatis yang terdiri dari P, R, N, D dan M. Juga tuas transmisi manual dengan shift knob merah yang dapat dibuka guna menyalakan mobil –starter-nya tersembunyi di balik shift knob itu.
Rem tangannya juga masih model konvensional, yakni menggunakan tuas. Sebagai mobil ber-DNA balap, Toyota menanamkan jok balap Recaro berbahan suede di dalamnya berwarna hitam dan putih pada benangnya.
Eksterior Toyota GR86
Bagian depan Toyota GR86 ada aksesori tambahan di bawah bempernya. Bentuk bumpernya sendiri tidak standar, sedikit lebih ke bawah yang bikin tampilannya makin sangar. Dan lis-nya juga lebih panjang. Grill bawahnya besar dan tertutup logo Toyota yang besar.
Baca juga: Guna Urai Kemacetan, Kemenhub Pertimbangkan Ganjil Genap Mudik Lebaran 2023
Untuk model lampunya LED dan DRL di bagian samping dengan aksen warna hitam tipis. Ada lampu rem di bagian atas bagasi, juga kameranya di bagian belakang. Desain bodykit-nya sendiri lebih besar dengan honeycomb.
Toyota GR86 juga memiliki 4 buah knalpot di bagian belakang. Diyakini mobil ini akan jadi mobil sport idola. Bagaimana menurut kamu? Tentunya, semua kembali lagi ke selera, ya.
Kunjungi mobbi dan temukan mobil idamanmu atau informasi serta tips-tips otomotif menarik lainnya! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.