×

blog/review-toyota-agya-gr-sport-sudah-bukan-lcgc-lagi-042023

Review Toyota Agya GR Sport, Sudah Bukan LCGC Lagi!

03 Apr 2023

Di tahun 2023 ini Toyota Astra Motor (TAM) membuat gebrakan dengan memisahkan varian Agya GR Sport dengan varian lainnya. 

Disebutkan TAM, Agya GR Sport tidak masuk dalam kategori kendaraan LCGC (Low-Cost Green Car), berbeda dengan Agya varian E dan G.

Baca juga: 8 Tips Mengemudi Aman di Tengah Cuaca Ekstrem Jakarta

Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai perbedaan Agya GR Sport dengan Agya kategori LCGC sebelumnya, yaitu varian E dan G.

 

Beda Agya GR Sport dengan Agya varian LCGC

Secara visual, konsep tampilan luar Agya GR Sport masih berbentuk small hatchback. Sementara bagian mekanikal dan beberapa bagian luarnya, ada beberapa yang berubah cukup signifikan, perubahan tersebut di antaranya:

Baca juga: Hati-Hati Beli Mobil Bekas! Telat Bayar Pajak 2 Tahun Dianggap Kendaraan Bodong

1. Aero kit pada unitnya juga berubah untuk mendukung sisi estetika dan aerodinamikanya.

2. Penambahan downforce dan shock absorber pada kaki-kaki sehingga bantingannya lebih lincah dan stabil.

3. Koefisien drag-nya semakin rendah 3% menjadi 32 Cd.

4. Machinery alloy wheel 15 inci.

5. Tuning (setel ulang) pada power steering menjadi lebih tinggi.

6. Ratio steering gear jadi lebih rendah.

7. Coil spring lebih rigid dibanding versi regulernya.

8. Ada beberapa ornamen tambahan pada kabin seperti signature GR Sport yang identik dengan warna dark silver di kisi-kisi AC, serta logo GR Sport dan red stitch di bangku depan dan bawah kemudi.

9. Tambahan floor mat dan shift knob dari kulit.

10. Indikator AC dan meter juga sudah digital.

11. Head unit seluas 7 inci.

12. Sisipan paddle shift di balik setir untuk mengatur perpindahan gigi secara virtual.

13. Sektor pengeremannya dilengkapi ABS plus EBD.

14. Rear Parking Sensor, Seat Belt Warning, dan alarm.

15. Dilengkapi Speed Sensor Lock.

16. Immobilizer pada kuncinya.

17. Terdapat Isofix sehingga cocok dijadikan kendaraan keluarga.

18. Dual Airbag (di seluruh variannya).

19. Vehicle Stability Control (VSC).

20. Hill Start Assist (HSA) jadi standar.

Baca juga: Simak Kelebihan dan Kekurangan Memakai Lampu Led Mobil!

Mesin Agya seri ini menggunakan mesin WA-VE 1.200 cc tiga silinder Dual VVT-I, dengan torsi 113 Nm pada 4.500 RPM. 

Toyota mengklaim, buncahan tenaga 88 PS di 6.000 RPM membuat power bandnya tetap baik di putaran mesin rendah, juga lebih irit bahan bakar.

Ditambah, sistem transmisi terbaru  CVT dan Active D Control membuat mobil ini lebih halus dan lebih nyaman dikendarai.

 

Sepadankah dengan harganya?

Dengan konsep terbaru ini, TAM membanderol Agya GR Sport M/T dan AT dengan harga mulai Rp 237,5 juta hingga Rp 253,5 juta. Sementara harga resmi untuk varian G yang merupakan model LCGC dimulai dari Rp175,4 juta (M/T STD) hingga Rp 191,4 juta (CVT STD).

Baca juga: Bahaya Air Hujan untuk Cat dan Bodi Mobil, Jika Malas Mencucinya

Bagaimana menurut kamu, apakah ini sepadan dengan kelengkapan tampilan dan fitur terbaru Agya GR Sport? 

Jika kamu mempertimbangkan value for money dan suka berkendara sporty dan dinamis. Tentu saja Agya GR Sport ini sangat menarik dimiliki karena bukan hanya ia lincah  namun dengan segala tuningan GR-Sport yang membuatnya dia lebih sporty dan dinamis untuk dikendarai. Cocok buat kamu yang memang mencari mobil city car yang ringkas namun punya performa dan pengendalian yang jempolan.

Temukan mobil idamanmu atau informasi serta tips-tips otomotif menarik lainnya di mobbi! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan