Toyota Land Cruiser 250 resmi hadir di pasar global. Toyota Land Cruiser terbaru ini mendapatkan platform Toyota New Global Architecture (TNGA)-F yang sama dengan Lexus GX dan Lexus LX terbaru.
Untuk desainnya, mobil SUV tersebut sangat terinspirasi oleh Land Cruiser 70 asli dengan proporsi kotak dan tegak.
Toyota sendiri menawarkan dua produk untuk pasar Jepang yaitu Land Cruiser 250 atau Prado dan Land Cruiser 70, sementara Land Cruiser 250 menjadi satu-satunya pilihan konsumen di pasar Amerika. Lebih lengkap, berikut spesifikasi Toyota Land Cruiser 250.
Eksterior Toyota Land Cruiser 250
Untuk bagian depan, mobil ini tampak gagah dengan mengusung kisi-kisi jaring logam yang tampak kokoh dengan tulisan Toyota di atasnya, kisi-kisi ini memanjang ke bagian bawah yang menjadi tempat pelat selip.
Baca juga: Tampang Mitsubishi XFC Versi Produksi Terungkap, Bakal Dirilis di GIIAS 2023
Rumah lampu depan berbentuk persegi panjang dan dilengkapi dengan unit LED, serta satu batang lampu LED siang hari.
Toyota Land Cruiser 250 juga terinspirasi dari varian Land Cruiser 1958 yang mengusung tema retro, dengan lampu depan bulat dan DRL melingkar. Pelanggan juga dapat memilih roda 20 inci, tetapi untuk standarnya tersedia juga roda 18 inci dengan ban segala cuaca.
Dimensi Toyota Land Cruiser 250
Toyota Land Cruiser 250 memiliki panjang 4.925 mm, lebar 1.980 mm, dan tinggi 1.870 mm. Prado jenis terbaru ini lebih panjang 100 mm, lebih lebar 95 mm, dan lebih tinggi 20 mm dibandingkan Prado terdahulunya, sementara jarak sumbu rodanya di 2.850mm.
Baca juga: Mobil Listrik Mitsubishi eK X EV Dipastikan Mejeng di GIIAS 2023
Jarak sumbu roda tersebut identik dengan Land Cruiser 300. Padahal, secara historis Prado lebih kecil dibanding Land Cruiser, tapi model terbaru ini meminimalkan perbedaan ukuran.
Interior Toyota Land Cruiser 250
Untuk Interior, semua varian Land Cruiser 250 hadir dengan tempat duduk untuk lima orang. Kabinnya didominasi layar dengan beragam tombol fisik di konsol tengah dan dasbor untuk berbagai mode off-road, kontrol diferensial, mode berkendara, kontrol iklim, dan pengaturan infotainment.
Terdapat pula layar berukuran 12,3 inci untuk infotainment dimana kedua layar mendapatkan Apple CarPlay nirkabel dan Android Auto.
Performa Toyota Land Cruiser 250
Untuk bagian mesin, mobil ini tersedia dalam beberapa pilihan, tergantung negara. Untuk Amerika Utara dan China, mobil ini ditenagai mesin T24A-FTS 2.4 liter turbocharged bensin empat silinder hybrid.
Baca juga: Nggak Perlu Emosi, Begini Cara Menghadapi Lane Hogger di Jalan Tol
Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 330 PS (326 hp atau 243 kW) dan torsi 630 Nm. Mesin dikawinkan dengan Direct Shift-8AT delapan kecepatan.
Di Timur Tengah, Eropa Timur dan pasar tertentu, mesinnya adalah T24A-FTS non-hybrid yang menghasilkan 281 PS (278 hp atau 207 kW) dan 430 Nm, juga dengan Direct Shift-8AT.
Selanjutnya, Australia dan Eropa Barat mendapatkan 1GD-FTV 2.8 liter inline-four turbodiesel dengan sistem hybrid ringan 48 volt yang menghasilkan tenaga 204 PS (201 hp atau 150 kW) dan 500 Nm, dengan Direct Shift-8 AT.
Baca juga: 7 Tips Memilih Kaca Film Terbaik untuk Mobil Kesayangan
Eropa Barat mendapatkan mesin 1GD-FTV tanpa sistem hybrid ringan, tetapi tetap mempertahankan Direct Shift-8AT. Kombinasi ini juga berlaku untuk pasar Eropa Timur, Jepang, Timur Tengah dan pasar terpilih lainnya.
Pilihan terakhir adalah mesin bensin empat silinder segaris 2TR-FE 2.7 liter dengan tenaga 163 PS (161 hp atau 120 kW) dan torsi 246 Nm.
Mesin tersebut tersedia untuk Eropa Timur, Jepang, dan pasar lain yang tidak disebutkan namanya. Mesin bensin 2.7 liter itu dipasangkan dengan gearbox otomatis Super-ECT enam kecepatan.
Fitur Toyota Land Cruiser 250
Ada beberapa fitur yang disematkan pada Toyota Land Cruiser 250, dimana pihak Toyota mengklaim performa suspensi dasar yang lebih baik dengan artikulasi roda yang lebih baik. Kini, Prado terbaru juga telah dibekali electric power steering.
Baca juga: Setelah Purging Diesel, Benarkah Harus Ganti Oli?
Dikutip DetikOto, fitur lainnya pada Prado terbaru ini adalah adanya Stabilizer Disconnect Mechanism (SDM) yang memungkinkan status stabilizer depan diubah melalui sakelar untuk menghadirkan performa berkendara dan kenyamanan berkendara saat off-road dan stabilitas handling saat on-road.
Selain itu, untuk membantu saat melintasi medan yang berat, mobil ini dilengkapi Multi-Terrain Monitor dan Multi-Terrain Select.
Bagaimana? Tertarik untuk memiliki Toyota Land Cruiser 250? Sayangnya, belum ada informasi terkait kehadirannya di Tanah Air. Semoga dengan tingginya antusias penggemar otomotif di Indonesia, mobil ini bisa mengaspal di sini, ya!
Temukan mobil idamanmu atau informasi serta tips-tips otomotif menarik lainnya di mobbi! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.