×

blog/prediksi-harga-toyota-bz4x-apa-benar-tidak-sampai-rp-1-milyar-112022

Prediksi Harga Toyota bZ4X, Apa Benar Tidak Sampai Rp 1 Milyar?

08 Nov 2022

Meski informasi resminya baru akan terungkap saat peluncuran pada 10 November 2022 nanti, prediksi soal harga Toyota bZ4X sudah banyak beredar. 

Toyota bZ4X sendiri, sebelumnya sudah diperkenalkan pada ajang otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang berlangsung pada Agustus 2022 lalu. 

Namun, pada gelaran tersebut, salah satu kendaraan resmi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 ini hanya diperkenalkan sebagai mobil konsep khusus untuk kendaraan elektrifikasi yang dikeluarkan oleh Toyota.

Baca juga: Sejarah Airbag Sebagai Fitur Keselamatan Mobil

Lantas, berapa prediksi harga Toyota bZ4X? 

 

Harga Toyota bZ4X

Sebagai gambaran harga Toyota bZ4X di Jepang dijual dengan harga 6.000.000 yen untuk versi Front Wheel Drive (FWD) dan 6.500.000 yen untuk versi All Wheel Drive (AWD). 

Jika kurs saat ini 1 yen senilai dengan Rp 106,51, artinya harga Toyota bZ4X di Jepang dibanderol mulai dari Rp 639 jutaan sampai Rp 692 jutaan. Namun, saat masuk ke Indonesia, akan ada penyesuain harga, sehingga harganya bisa lebih tinggi.

Baca juga:  7 Manfaat Rutin Servis AC Mobil

Hal ini karena adanya sejumlah pajak seperti PPn, BBNKB, hingga PPnBM. Diperkirakan harga Toyota bZ4X akan dibanderol mulai dari Rp 700 jutaan hingga Rp 800 jutaan.

 

Keunggulan Toyota bZ4X

Bukan tanpa alasan mobil listrik ini memiliki harga yang relatif tidak murah. Hal ini karena Toyota bZ4X memiliki sejumlah keunggulan. 

Sebut saja platform-nya, mobil elektrifikasi ini menggunakan platform e-TNGA, yakni platform yang dikhususkan untuk Battery Electric Vehicle (BEV).

Baca juga: Cara Memoles Mobil Agar Tetap Kinclong

Platform tersebut menerapkan sistem single dan dual motor elektrik serta sistem penggerak dua roda ataupun roda empat. Bukan cuma itu, berikut keunggulan lainnya.

 

Daya jelajah baterai hingga 500 kilometer

Bukan cuma itu, mobil dengan tampilan yang futuristik ini dibekali baterai lithium-ion 355 Volt dengan kapasitas 71,4 kWh. Baterai tersebut ditanam di bawah lantai dan memiliki pengontrol suhu untuk efisiensi.

Selain itu, baterai ini mendukung pengisian daya AC hingga 6,6 kW dan pengisian daya DC hingga 150 kW. Dengan sistem pengisian arus DC, mobil ini hanya butuh waktu 30 menit untuk mengisi daya sampai 80 persen.

Baca juga: Harga Towing Mobil, Ternyata Murah Loh!

Berkat baterai tersebut, Toyota bZ4X bisa melaju hingga 500 kilometer untuk versi FWD. Sementara varian AWD, daya jelajahnya mencapai 460 kilometer. Cukup jauh bukan?

 

Akselerasi cepat

Soal performa, Toyota bZ4X varian FWD dibekali motor listrik tunggal yang dipasang di gandar depan dan memiliki tenaga maksimal 204 daya kuda dengan torsi puncak mencapai 265 Nm. Akselerasi 0-100 kilometer per jam bisa dituntaskan hanya dalam 8,4 detik.

Sementara varian AWD-nya datang dengan dua motor listrik di gandar depan dan belakang. Masing-masing bisa menghasilkan tenaga hingga 107 daya kuda dengan output gabungan 215 daya kuda dan torsi puncaknya menyentuh angka 336 Nm.

Varian ini punya bobot 85 kilogram lebih berat dari varian FWD. Meski begitu, varian tersebut bisa berakselerasi lebih cepat, yakni 0-100 kilometer per jam dalam 7,7 detik.

Baca juga: Cara Mendapatkan Pelat Nomor Putih untuk Mobil Bekas

Nah, jika kamu tertarik untuk memilikinya, soal rencana penjualan Toyota bZ4X sempat beberapa kali diungkapkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Mengingat tren kendaraan listrik yang terus meningkat belakangan. 

Namun, soal kapan tepatnya, pihak TAM masih mempertimbangkan berbagai hal, seperti harga, infrastruktur dan kesiapan lainnya. Jadi, ditunggu saja ya update terbarunya!

Untuk informasi dan tips-tips menarik lainnya, kunjungi mobbi, ya! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan