×

blog/perbedaan-rambu-dilarang-parkir-dan-berhenti-012023

Perbedaan Rambu Dilarang Parkir dan Berhenti

17 Jan 2023

Rambu dilarang parkir dan berhenti merupakan rambu lalu lintas yang cukup banyak ditemui di jalan. Meski begitu, nyatanya banyak masih pengemudi yang keliru dan kerap melakukan pelanggaran karena salah mengartikan kedua rambu tersebut.

Padahal, sebagai pengendara wajib untuk mengetahui rambu-rambu yang berlaku, termasuk rambu dilarang parkir dan berhenti. Bukan hanya untuk menghindari tilang, tetapi juga demi keselamatan bersama. Maka dari itu, yuk ketahui perbedaannya!

 

Bedanya dilarang parkir dan berhenti

Sebelum memahami artinya, pastikan kamu tahu perbedaan fisik kedua rambu ini terlebih dahulu. Untuk rambu dilarang parkir, bentuknya lingkaran dan terdapat huruf P (parkir) besar berwarna hitam di tengahnya, serta dicoret dengan garis miring berwarna merah.

Baca juga: Kelebihan Jalan Berbayar Atasi Kemacetan Jakarta, Apa Lebih Efektif Dibanding Ganjil Genap?

Sedangkan untuk rambu dilarang berhenti memiliki bentuk lingkaran dengan huruf S (stop) berwarna hitam di bagian tengah dan dicoret dengan garis miring berwarna merah.

Aturan mengenai parkir dan berhenti sendiri sudah diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. 

Dalam UU tersebut dijelaskan berbagai aturan mengenai lalu lintas termasuk rambu dilarang parkir dan berhenti. Dalam pasal 1 ayat 15, tertulis bahwa parkir adalah keadaan kendaraan berhenti atau tidak bergerak untuk beberapa saat dan ditinggalkan pengemudinya. 

Baca juga: Dapat Insentif dari Pemerintah, Ini Daftar Harga Mobil Listrik Terbaru

Dalam pasal 1 ayat 16, berhenti adalah kondisi kendaraan tidak bergerak hanya dalam sementara waktu saja, serta pengendaranya masih berada di tempat kemudi.

Jadi, perbedaan utama dari arti kedua rambut ini adalah pada posisi pengemudi, yaitu sudah meninggalkan kendaraan atau tidak. Sederhananya, berhenti artinya kendaraan belum ditinggal pengemudi, sedangkan parkir sebaliknya.

 

Bolehkah berhenti di dekat rambut dilarang parkir atau sebaliknya?

Meski memiliki fungsi yang sama, yakni melarang kendaraan berhenti di dekat area yang terpasang rambu-rambu tersebut, tapi keduanya memiliki ketentuan yang berbeda. 

Baca juga: Pengemudi Arogan dengan Pelat Dewa Minta Jalan, Apa Harus Ngalah?

Sesuai dengan ketentuan UU di atas, pengendara dilarang berhenti di dekat rambu dilarang berhenti, meski hanya hitungan menit, bahkan detik. Apalagi jika berniat untuk parkir, tentu hanya hal tersebut tidak diperbolehkan. 

Begitu pula pada rambu dilarang parkir, kamu tidak boleh memarkirkan kendaraan di area yang memiliki rambut tersebut. 

Namun, kamu masih bisa menghentikan kendaraan untuk beberapa saat, dengan catatan tidak turun dari mobil, mesin masih tetap menyala, dan memberikan isyarat berupa lampu sein sebelah kiri sebagai peringatan bagi orang lain bahwa kendaraan sedang berhenti.

 

Bagaimana jika melanggar?

Jika ada pengemudi yang melanggar rambu lalu lintas tersebut, akan dikenai sanksi seperti yang telah diatur dalam pasal 287 ayat 3, yang berbunyi:

Baca juga: Hati-Hati Beli Mobil Bekas! Telat Bayar Pajak 2 Tahun Dianggap Kendaraan Bodong

"Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang melanggar aturan gerakan lalu lintas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (4) huruf d atau tata cara berhenti dan parkir sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (4) huruf e dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda Rp 250 ribu."

Maka dari itu, jika tidak ingin menjadi pelanggar lalu lintas dan dikenai sanksi, patuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada, ya. Mematuhi rambu lalu lintas juga akan menjauhkan kamu dari risiko kecelakaan dalam berkendara. Yuk jadi pengendara yang taat aturan!

Baca juga: Parade Promo Seru, Tukar Tambah Mobil di mobbi Bisa Dapet Cashback Rp 3 Juta!

Kunjungi mobbi untuk temukan mobil idamanmu dan informasi serta tips-tips menarik seputar otomotif! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan