×

blog/perbedaan-land-rover-dan-range-rover-jangan-sampai-salah-ya-032023

Perbedaan Land Rover dan Range Rover, Jangan Sampai Salah Ya!

29 Mar 2023

Land Rover dan Range Rover, merupakan dua mobil yang memiliki kesamaan pada namanya, alhasil tidak heran banyak yang memiliki anggapan yang salah terhadap keduanya. 

Namanya yang serupa membuat tidak sedikit orang yang mengira bahwa Land Rover dan Range Rover adalah model mobil yang sama. Padahal anggapan tersebut sepenuhnya keliru.

 

Lantas, apa perbedaan Land Rover dan Range Rover?

Masih banyak orang yang masih belum mengetahui perbedaan antara Land Rover dan Range Rover, padahal sebenarnya perbedaan keduanya cukup sederhana.

Baca juga: Pengertian Karoseri beserta Fungsinya, Jangan Sampai Salah Kaprah

Di mana, Land Rover adalah nama dari produsen mobil atau perusahaan yang membuat mobilnya, sedangkan Range Rover adalah model mobil yang dirilisnya. Oleh karena itu, semua Range Rover adalah Land Rover, tetapi tidak semua Land Rover adalah Range Rover.

 

Sejarah Land Rover

Nama Land Rover sendiri pada mulanya bukan nama sebuah perusahaan. Di awal kemunculannya, Land Rover merupakan sebuah proyek mobil karya Maurice Wilks, seorang Chief Designer dari Rover Company

Ia mengembangkan sebuah model yang mengambil basis jeep Willys yang diberi nama Land Rover. Lalu pada tahun 1948 Land Rover Series I pun muncul di dunia dan resmi diumumkan ke publik lewat pameran otomotif bertajuk Amsterdam Motor Show.

Baca juga: Perpanjang SIM Online, Mudah dan Nggak Perlu Antre!

Land Rover Series I hadir sebagai mobil multifungsi yang memiliki kemampuan seperti Jeep Willys dengan mesin P3 berkapasitas 1.600 cc dengan tenaga 50 daya kuda, serta dikombinasikan dengan transmisi manual 4 percepatan. Kehadiran Series 1 direspons positif oleh pasar. 

Model tersebut cukup laris dan memiliki banyak peminat. Seiring waktu Land Rover kemudian berubah menjadi sebuah nama perusahaan, di mana Range Rover yang meluncur pada tahun 1970 menjadi model pertama yang menginisiasi perubahan nama tersebut. 

Kini Land Rover pun semakin dikenal sebagai produsen mobil spesialis bodi bongsor berkemampuan offroad nan mewah.

Baca juga: Beli Mobil Bekas, Mending Orisinil Atau Hasil Modifikasi? Kenali Kelebihan Dan Kekurangannya!

Hingga saat ini, sudah ada berbagai model Range Rover yang diciptakan oleh perusahaan ini dan Land Rover tetap mempertahankan model kotak ikoniknya yang sudah melegenda.

 

 

Deretan mobil Land Rover

Saat ini, Land Rover memiliki empat model Range Rover, yakni Land Rover Range Rover Evoque, Land Rover Range Rover Velar, Land Rover The New Range Rover Sport, dan Land Rover The New Range Rover. Berikut daftar harganya:

1. Land Rover Range Rover Evoque: dibanderol mulai dari Rp 5.805.000.000

2. Land Rover Range Rover Velar: dibanderol mulai dari Rp 4.821.000.000

3. Land Rover The New Range Rover Sport: dibanderol mulai dari Rp 2.751.000.000

4. Land Rover The New Range Rover: dibanderol mulai dari Rp 2.311.000.000

Selain Land Rover Range Rover, Land Rover juga memiliki model lainnya di antaranya Land Rover New Defender yang dibanderol mulai dari Rp 2.606.000.000 dan Discovery, serta Discovery Sport. 

Baca juga: Gelegar Promo Maret bikin GREGET, Beli Mobil di mobbi Benefit s.d Rp 3 Juta!

Sayangnya, dalam situs resmi Land Rover, harga untuk model Land Rover Discovery dan Land Rover Discovery Sport tidak tertera. Sekarang sudah paham kan perbedaan Land Rover dan Range Rover? Jadi, jangan salah kaprah lagi, ya!

Yuk kunjungi mobbi dan temukan mobil idamanmu atau informasi serta tips-tips otomotif menarik lainnya! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan