×

blog/pengukuran-tekanan-ban-mobil-harus-dilakukan-dengan-tepat-begini-caranya-062023

Pengukuran Tekanan Ban Mobil Harus Dilakukan dengan Tepat, Begini Caranya

08 Jun 2023

Tekanan ban mobil memainkan peran penting dalam kinerja dan keamanan kendaraanmu. Menyesuaikan tekanan ban dengan benar tidak hanya meningkatkan efisiensi bahan bakar, tetapi juga meminimalisir risiko kecelakaan akibat ban yang kurang tekanan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendetail cara-cara praktis mengukur tekanan ban mobil dengan akurat, termasuk metode pengukuran tanpa menggunakan alat khusus. Berikut penjelasannya.

 

Mengapa tekanan ban penting?

Pertama-tama, mari kita lihat mengapa pengukuran tekanan ban mobil sangat penting. Tekanan ban yang tidak sesuai dapat berdampak negatif pada performa kendaraanmu.

Baca juga: Deretan Koleksi Mobil Hotman Paris, Mewah!

Ketika tekanan ban terlalu rendah, ban cenderung lebih cepat aus dan mengurangi traksi, meningkatkan risiko tergelincir atau kehilangan kendali di jalan.

Di sisi lain, tekanan ban yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kestabilan yang buruk, memperpendek umur ban, dan mempengaruhi kenyamanan saat berkendara.

 

Cara cek tekanan ban mobil

Untuk memulai, mari kita simak langkah-langkah yang dapat kamu ikuti untuk mengukur tekanan ban mobil dengan benar. Adapun hal yang harus kamu lakukan adalah sebagai berikut.

1. Persiapkan alat pengukur tekanan ban yang akurat. Pengukur ban digital atau analog dapat digunakan. Pastikan alat pengukur dalam kondisi baik dan kalibrasi dengan benar.

2. Pastikan mobilmu dalam keadaan dingin sebelum mengukur tekanan ban. Pengukuran sebaiknya dilakukan saat mobil tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama. Ini penting karena tekanan ban akan meningkat ketika ban dipanaskan selama perjalanan.

3. Cari tahu rekomendasi tekanan ban yang dianjurkan oleh produsen mobil. Informasi ini biasanya dapat ditemukan di dalam buku manual mobil atau pada bagian dalam pintu pengemudi atau tutup tangki bahan bakar. 

Pastikan untuk memperhatikan perbedaan tekanan antara ban depan dan belakang. Namun informasi ini tampaknya tidak relevan ketika kamu mengganti ukuran ban atau tipe ban yang berbeda dari standar pabrik.

4. Lepaskan tutup katup udara pada ban dan pasang alat pengukur tekanan ban ke katup tersebut. Pastikan alat pengukur terpasang dengan rapat untuk mencegah kebocoran udara selama pengukuran.

5. Baca tekanan ban yang ditampilkan pada alat pengukur. Jika tekanan ban tidak sesuai dengan rekomendasi produsen, kamu perlu menyesuaikan tekanan ban dengan benar.

6. Sesuaikan tekanan ban. Untuk melakukan hal ini, kamu dapat menggunakan kompresor udara atau pompa ban yang tersedia di bengkel atau stasiun pengisian bahan bakar. Tambahkan atau kurangi tekanan ban perlahan hingga mencapai nilai yang direkomendasikan.

Baca juga: Ada Uji Emisi Gratis di Jakarta, Catat Tanggal dan Lokasinya

Selain menggunakan alat pengukur, ada juga metode pengukuran tanpa menggunakan alat khusus. Kamu dapat menggunakan tekanan tangan untuk memeriksa tekanan ban.

Dengan menggunakan jari-jari tangan, tekan permukaan ban dengan kuat dan perhatikan kekakuan dan kekenyalan ban. Jika ban terasa terlalu lembek atau terlalu keras, kemungkinan besar tekanan ban tidak sesuai dan perlu disesuaikan.

Penting untuk diingat bahwa pengecekan tekanan ban mobil harus dilakukan secara berkala, setidaknya sekali sebulan atau sebelum melakukan perjalanan jauh. Hal ini akan membantu menjaga tekanan ban dalam rentang yang optimal untuk kinerja dan keamanan mobilmu.

Baca juga: BMW X1 Bekas Jadi Incaran Para Kawula Muda? Jangan Lupa Perhatikan Ini

Selain itu, ada beberapa hal lain yang perlu kamu perhatikan terkait tekanan ban mobil. Periksa kondisi fisik ban secara berkala, termasuk keausan, retakan, atau benda asing yang menempel pada permukaan ban.

Dengan melakukan pengukuran tekanan ban dengan tepat, kamu dapat memaksimalkan performa kendaraan dan memastikan pengalaman berkendara yang aman dan nyaman.

Perhatikan langkah-langkah yang telah disebutkan sebelumnya untuk menjaga tekanan ban mobil dalam kondisi optimal. Tetap berhati-hati dan selalu periksa tekanan ban secara teratur demi keamanan dan kenyamanan perjalanan kamu!

Baca juga: Review KIA EV6 GT-Line, Mobil Kia Bertenaga Listrik Bernuansa Sporty

Kunjungi mobbi untuk temukan mobil idamanmu atau informasi-informasi menarik lainnya seputar otomotif. mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan unduh aplikasi mobbi di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan