×

blog/pemutihan-pajak-jakarta-hingga-15-desember-begini-syaratnya-122022

Pemutihan Pajak Jakarta Hingga 15 Desember, Begini Syaratnya

01 Des 2022

Sudah tahu belum kalau hingga 15 Desember 2022 mendatang, ada pemutihan pajak Jakarta? Program ini sebenarnya sudah berlangsung sejak 15 September 2022 lalu loh. 

Aturan ini tertuang dalam Surat Keputusan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi DKI Jakarta Nomor 1588 Tahun 2022 tentang Penghapusan Sanksi Administrasi Pajak Daerah. Berikut rinciannya.

 

Syarat mengikuti pemutihan pajak Jakarta

Program ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat yang ingin membayar pajak kendaraan bermotor. Tidak ada ketentuan khusus untuk mengikutinya, kamu hanya perlu memastikan dan menyiapkan beberapa hal berikut ini.

1. Tidak memiliki tunggakan pajak kendaraan bermotor lebih dari 1 tahun Membawa e-KTP pemilik asli (sesuai STNK) beserta fotokopi 

2. Membawa BPKB asli beserta fotokopi 

3. Membawa STNK asli beserta fotokopi 

4. Surat kuasa disertakan materai dan fotokopi KTP penerima kuasa apabila dikuasakan

 

Apa saja yang ditawarkan?

Pemutihan pajak Jakarta ini menawarkan berbagai program, diantaranya berupa penghapusan pajak administrasi pajak kendaraan bermotor (PKB) dan bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB).

Baca juga: Mesin Mobil Ngelitik? Kenali 12 Penyebab dan Solusinya

Penghapusan sanksi administrasi berlaku untuk bunga yang timbul akibat keterlambatan pembayaran yang telah melewati jatuh tempo, bunga yang tercantum dalam Surat Tagihan Pajak Daerah (STPD) yang tidak atau kurang dibayar dan denda yang timbul akibat keterlambatan pendaftaran.

Untuk melakukan pembayaran pajak, kamu bisa melakukannya secara online atau daring melalui aplikasi Samsat Digital Nasional (Signal) yang dikembangkan oleh Korlantas Polri. Berikut langkah-langkahnya.

1. Unduh aplikasi Signal melalui Play Store atau App Store

2. Buka aplikasi Signal lalu klik ikon foto produk untuk mulai daftar

3. Masukkan identitas diri seperti NIK KTP, nama lengkap sesuai KTP, alamat email, dan nomor ponsel yang aktif

4. Buat kata sandi untuk akun Signal

5. Verifikasi KTP dan ambil foto selfie untuk verifikasi wajah. Kemudian, masukan kode OTP yang dikirim ke nomor ponsel. 

6. Setelah akun Signal sudah dibuat, daftarkan kendaraan yang dimiliki dan lakukan pengesahan STNK lewat opsi yang muncul di halaman awal aplikasi.

7. Masukan NRKB untuk mengetahui nominal pajak kendaraan yang harus dibayarkan.

8. Pembayaran kemudian bisa dilakukan di beberapa pilihan bank yang tersedia di aplikasi; di antaranya adalah bank BNI, Mandiri, BRI, BTN, atau bank pemerintah daerah seperti bank DKI, BJB, atau JATIM.

Selain Jakarta, ada 10 daerah lainnya yang menerapkan pemutihan denda pajak kendaraan dengan syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. 

Baca juga: Mesin Bensin Salah Isi BBM Pakai Diesel, Apa Akibatnya?

10 daerah tersebut di antaranya Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara dan Sulawesi Selatan.

Nah, mumpung masih ada waktu, sebaiknya segera manfaatkan program pemutihan pajak Jakarta ini ataupun daerah lainnya. Cocok banget nih buat kamu yang baru aja beli mobil bekas, kamu bisa memanfaatkannya untuk mengurus proses balik nama agar lebih hemat. 

Baca juga: STNK Mobil Bekas Diblokir, Bagaimana Mengurusnya?

Sedangkan, jika kamu baru mau beli mobil bekas, sebaiknya jangan ditunda-tunda lagi biar bisa ikut memanfaatkan program tersebut. 

Nah, kalau mau yang cepat prosesnya, beli mobil bekasnya di mobbi, aja! Nggak cuma cepat, beli mobil bekas di mobbi, keamanan dan transparansinya juga terjamin.

Selain itu, semua unit di mobbi dijamin tidak pernah mengalami tabrakan yang mengubah struktur rangka dan terendam banjir. Dokumen dan odometer pun dijamin keasliannya. YA IYA DONG! #mobbidariASTRA. 

Baca juga: Kenapa Nama Kijang Masih Digunakan Pada Innova Zenix?

Tunggu apalagi? Yuk beli mobil bekas di mobbi sekarang! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan