×

blog/nggak-perlu-repot-ke-bengkel-ini-cara-mudah-ganti-oli-mobil-sendiri-052023

Nggak Perlu Repot Ke Bengkel, Ini Cara Mudah Ganti Oli Mobil Sendiri

31 Mei 2023

Mengganti oli mobil sendiri sebenarnya tidaklah sulit. Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, kamu dapat menjaga kesehatan mesin mobil dan menghemat biaya servis di bengkel.

Sebelum memulai proses penggantian oli, ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan terlebih dahulu. Pastikan kamu memiliki oli yang sesuai dengan spesifikasi mobilmu.

Kamu juga akan membutuhkan alat seperti dongkrak mobil, kunci pas, wadah penampung, kain lap, dan pelindung tangan. Dengan peralatan yang tepat dan pemahaman yang baik tentang proses ini, kamu dapat mengganti oli mobil sendiri dengan mudah.

Baca juga: Awas Keliru, ini Perbedaan Toyota Corolla Cross Versi Bensin dan Hybrid

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah langkah-langkah untuk mengganti oli mobil sendiri di rumah:

 

1. Persiapan ganti oli mobil

Pastikan mesin mobil dalam keadaan mati dan sudah cukup dingin. Hindari mengganti oli ketika mesin dalam keadaan panas karena bisa membahayakanmu.

Selanjutnya, siapkan semua peralatan yang diperlukan seperti dongkrak mobil, kunci pas,, kain lap, dan pelindung tangan. Kamu juga wajib menyiapkan wadah untuk menopang oli bekas yang akan dibuang dari mesin mobil.

 

2. Posisikan mobil terparkir di tempat aman

Pastikan mobil berada di permukaan yang datar dan aman. Gunakan dongkrak mobil untuk mengangkat mobil dan pasang penopang agar mobil tetap stabil selama proses penggantian oli.

 

3. Lepaskan tutup penutup oli dan plug penampung oli

Setelah semua persiapan sudah dilakukan, maka kamu bisa langsung ke proses penggantian oli. Langkah pertama adalah dengan membuka penutup oli di mesin mobilmu. Gunakan kunci pas untuk membuka plug oli pada bagian bawah mesin mobil.

Baca juga: Diprediksi Meluncur Juni 2023, ini Bocoran Toyota Alphard dan Vellfire Generasi Baru 

Oli mobil lantas akan keluar dari mesin. Sebab itu, letakkan wadah penampung di bawah plug oli untuk menangkap oli bekas yang akan keluar.

 

4. Tunggu hingga oli bekas mengalir sepenuhnya

Setelah membuka plug oli, biarkan oli bekas mengalir sepenuhnya ke dalam wadah penampung. Pastikan tidak ada lagi oli yang keluar dari mesin sebelum melanjutkan langkah berikutnya.

Kemudian cari lokasi pembuangan oli bekas yang aman dan sesuai dengan peraturan lingkungan setempat.

 

5. Pasang plug oli

Setelah oli bekas mengalir sepenuhnya, pasang kembali plug oli dengan kunci pas. Pastikan plug oli cukup kencang untuk mencegah kebocoran.

 

6. Ganti filter oli

Beberapa mobil dilengkapi dengan filter oli yang perlu diganti setiap kali mengganti oli. Pastikan untuk memeriksa manual mobilmu dan ganti filter oli jika diperlukan.

Baca juga: Review dan Harga Suzuki S-Presso, Compact City Car Rasa SUV

Buka filter oli lama dengan menggunakan alat yang sesuai dan pasang filter oli yang baru. Pastikan untuk mengencangkan dengan benar.

Namun jika mobilmu tidak diharuskan mengganti filter oli, maka kamu bisa langsung menambahkan oli baru ke kendaraanmu. Siapkan oli baru dan juga gunakan corong oli baru untuk memudahkan proses penggantian oli.

 

7. Ganti oli

Gunakan corong untuk menuangkan oli baru ke dalam mesin mobil melalui lubang penutup oli. Pastikan untuk menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi mobilmu. Tambahkan oli secukupnya dan periksa level oli menggunakan tongkat pengukur oli.

 

8. Periksa kebocoran

Setelah menambahkan oli baru, pastikan untuk memeriksa apakah ada kebocoran oli. Perhatikan bagian bawah mesin dan pastikan tidak ada oli yang bocor dari plug oli atau filter oli.

 

9. Bersihkan dan buang oli bekas dengan aman

Setelah selesai mengganti oli, tutup penutup oli dan pastikan semua alat dan wadah penampung oli bekas sudah dibersihkan. Buang oli bekas dengan aman sesuai ke tempat yang sudah ditentukan oleh peraturan lingkungan setempat.

Baca juga: Ada Uji Emisi Gratis di Jakarta, Catat Tanggal dan Lokasinya

Mengganti oli mobil sendiri di rumah bisa menjadi tugas yang cukup mudah jika kamu mengikuti langkah-langkah di atas dengan hati-hati.

Namun, jika merasa kurang yakin atau tidak memiliki pengetahuan yang cukup, disarankan untuk membawa mobil ke bengkel terpercaya agar proses penggantian oli dilakukan oleh mekanik yang berpengalaman.

Dengan melakukan perawatan yang baik terhadap mobil, termasuk mengganti oli secara teratur, kamu dapat memastikan agar mobil tetap dalam kondisi yang prima dan kinerja mesin tetap optimal!

Baca juga: Mengenal 4 Merek Baru di GIIAS 2023, Mulai dari GWM Tank hingga Haval

Kunjungi mobbi dan temukan mobil idamanmu atau informasi serta tips-tips otomotif menarik lainnya! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di  Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan