×

blog/mudah-ini-tips-memilih-oli-mesin-mobil-yang-tepat-062023

Mudah, ini Tips Memilih Oli Mesin Mobil yang Tepat

14 Jun 2023

Oli mesin merupakan komponen penting dalam menjaga performa mesin mobil agar tetap optimal. Namun, dengan banyaknya pilihan oli di pasaran, memilih oli yang tepat untuk kendaraanmu bisa menjadi tugas yang membingungkan.

Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan memberikan tips-tips mudah yang dapat membantu kamu dalam memilih oli mobil yang tepat. Berikut penjelasannya.

 

Kenali jenis oli mesin yang diperlukan

Setiap kendaraan memiliki kebutuhan pelumasan yang berbeda. Oleh karena itu, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengenali jenis oli yang diperlukan oleh mobilmu. Beberapa faktor teknis yang perlu kamu perhatikan meliputi:

 

1. Viskositas

Viskositas mengacu pada kekentalan oli pada suhu kerja. Angka viskositas umumnya tertera pada kemasan oli, misalnya 10W-30, 5W-40, atau 15W-50.

Baca juga: Pengukuran Tekanan Ban Mobil Harus Dilakukan dengan Tepat, Begini Caranya

Angka pertama (misalnya 10W atau 5W) menunjukkan viskositas saat suhu rendah, sementara angka kedua (misalnya 30, 40, atau 50) menunjukkan viskositas saat suhu tinggi.

Sebagai contoh, oli dengan viskositas 10W-30 dan 10W-40 cocok untuk penggunaan umum pada mobil bermesin bensin di Indonesia.

 

2. Kualitas

Kualitas pelumasan juga sangat penting. Pastikan kamu memilih oli yang memiliki standar kualitas baik, seperti API (American Petroleum Institute) untuk kendaraan bermesin bensin atau ACEA (Association des Constructeurs Européens d'Automobiles) untuk kendaraan bermesin diesel. 

Oli berkualitas tinggi memberikan perlindungan maksimal terhadap komponen mesin dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

 

3. Persetujuan produsen

Produsen mobil umumnya merekomendasikan atau memberikan persetujuan terhadap jenis oli tertentu yang sesuai dengan mesin kendaraan mereka.

Persetujuan produsen merupakan indikasi bahwa oli telah melewati uji coba dan memenuhi standar yang ditetapkan oleh produsen. Memilih oli dengan persetujuan produsen akan memberikan kepastian bahwa oli tersebut sesuai dengan spesifikasi mesin mobilmu.

 

Pertimbangkan faktor lingkungan dan iklim

Iklim dan kondisi lingkungan juga mempengaruhi pilihan oli yang tepat. Misalnya, jika kamu tinggal di daerah dengan suhu ekstrem, seperti daerah yang sangat panas atau sangat dingin, kamu perlu memilih pelumas dengan viskositas yang sesuai untuk menjamin kinerja yang optimal dalam kondisi tersebut. Berikut beberapa contoh:

 

1. Daerah panas

Jika kamu tinggal di daerah dengan suhu yang tinggi, disarankan untuk menggunakan pelumas dengan viskositas rendah pada suhu tinggi, seperti 10W-40 atau 15W-40.

Baca juga: Biar Tetap Awet, ini Setelan AC Mobil yang Tepat

Oli dengan viskositas rendah akan memberikan perlindungan yang baik dan mencegah gesekan berlebihan pada suhu yang tinggi.

 

2. Daerah dingin

Jika kamu tinggal di daerah dengan suhu yang rendah, pilih pelumas dengan viskositas rendah pada suhu rendah, seperti 0W-20 atau 5W-30.

Oli dengan viskositas rendah pada suhu rendah akan memastikan aliran oli yang baik dan mencegah kerusakan saat mesin dihidupkan pada suhu rendah.

 

Pilih oli yang sesuai dengan kebutuhan kendaraanmu

Selain faktor-faktor di atas, kamu juga perlu mempertimbangkan kebutuhan khusus kendaraanmu.

Misalnya, jika kamu menggunakan mobil sport atau mobil dengan mesin performa tinggi, kamu mungkin memerlukan oli khusus yang dirancang untuk memberikan perlindungan ekstra dan meningkatkan kinerja mesin.

Baca juga: Daftar Terbaru Tarif Parkir Mobil di Bandara Soekarno-Hatta

Oli khusus ini biasanya mengandung formula tambahan untuk melawan panas yang tinggi dan tekanan yang lebih besar. Namun, perlu diingat bahwa oli khusus biasanya memiliki harga yang lebih tinggi.

 

Perhatikan jadwal pergantian oli

Selain memilih oli yang tepat, penting juga untuk memperhatikan jadwal pergantian oli. Setiap produsen mobil memiliki rekomendasi jadwal pergantian oli yang berbeda-beda. Mengganti oli secara teratur akan membantu menjaga kualitas oli dan kinerja mesin secara keseluruhan.

Jangan lupa untuk mengganti filter oli secara bersamaan, karena filter oli yang kotor dapat mempengaruhi kualitas oli yang baru.

Baca juga: Cara Mengurus STNK Mobil Bekas yang Hilang

Temukan mobil idamanmu atau informasi serta tips-tips otomotif menarik lainnya di mobbi! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan