×

blog/mudah-dan-cepat-begini-cara-bayar-pajak-progresif-mobil-di-minimarket-012023

Mudah dan Cepat, Begini Cara Bayar Pajak Progresif Mobil di Minimarket

09 Jan 2023

Untuk membayar pajak progresif mobil, kini semakin variatif caranya. Yup, kamu nggak perlu lagi antre di loket Sistem Administrasi Manunggal Satu (Samsat), karena kamu bisa membayarnya di minimarket

 

Apa itu pajak progresif?

Pajak progresif sendiri adalah jenis pajak kendaraan bermotor (PKB) yang dibebankan kepada pemilik yang memiliki lebih dari satu kendaraan bermotor, dengan nama pribadi atau nama anggota keluarga yang tinggal di satu alamat atau kartu keluarga (KK).

Dasar pengenaan pajak ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 28 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Baca juga: Harga Mobil dan Motor Listrik Makin Terjangkau dengan DP 0% dari OJK

Sejumlah daerah di Indonesia telah memberlakukan pajak progresif, seperti Jakarta yang sudah menerapkannya sejak 2010, Jawa Timur sejak 2011, Jawa Tengah dan Kepulauan Riau pada 2018.

Nah, untuk membayarnya, kamu bisa melakukanya di minimarket terdekat. Cek syarat dan caranya di bawah ini.

 

Syarat bayar pajak mobil di minimarket

Sebelum melakukan pembayaran pajak progresif mobil, terdapat sejumlah dokumen yang harus kamu lengkapi sebagai syarat. Dokumen tersebut adalah:

1. KTP (Kartu Tanda Penduduk) asli pemilik kendaraan.

2. STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) asli.

3. Nomor HP aktif.

Jika dokumen sudah lengkap, kamu bisa menuju ke minimarket terdekat seperti Indomaret atau Alfamart, pastikan kamu membawa smartphone dengan akses internet, ya. 

 

Cara bayar pajak progresif mobil di minimarket

Pembayaran PKB hanya dapat dilakukan jika sistem sedang online atau terhubung dengan sistem pembayaran di Samsat, untuk itu pastikan terlebih dahulu kepada bagian kasir apakah pembayaran dapat dilakukan.

Baca juga: Pengemudi Arogan dengan Pelat Dewa Minta Jalan, Apa Harus Ngalah

Setelah dipastikan online, kamu cukup sampaikan perihal pembayaran PKB kepada kasir dan menyerahkan dokumen yang diperlukan. Berikut langkah selanjutnya:

1. Kasir akan meminta data berupa nomor pelat kendaraan, nomor mesin kendaraan, dan nomor ponsel pemilik kendaraan.

2. Data tersebut akan diinput oleh wasit yang bertugas dan nominal PKB kendaraan yang harus dibayarkan akan muncul. Selanjutnya lakukan proses pembayaran dengan kasir.

3. Setelah pembayaran tuntas, kamu akan menerima struk pembayaran dan SMS balasan berupa tautan bitly yang berisi Electronic Registration and Identification (ERI) dari Polri.

4. Klik tautan bitly yang kamu dapatkan, nantinya akan muncul gambar tanda bukti pelunasan kewajiban pembayaran elektronik (e-TBPKP) yang dilengkapi dengan barcode (QR Code).

5. Simpan bukti pembayaran tersebut untuk dilakukan pengesahan dan mendapatkan STNK kendaraan bermotor di kantor Samsat.

Setelah proses di atas selesai maka kamu diberikan waktu 30 hari untuk melakukan pengesahan di kantor Samsat sesuai domisili untuk mendapatkan lembar STNK yang baru.

 

Alur pengesahan PKB di Samsat

Untuk melakukan penukaran dan pengesahan STNK di kantor Samsat, kamu wajib membawa sejumlah dokumen berikut ini:

1. KTP pemilik kendaraan (asli & fotokopi).

2. STNK (asli & fotokopi).

3. BPKB (asli & fotokopi).

4. Bukti pembayaran PKB tahunan di minimarket.

Kemudian untuk prosesnya, pertama kamu perlu menyerahkan dokumen tersebut di loket pencetakan STNK. Setelah itu tinggal menunggu dipanggil untuk mengambil STNK baru dan KTP asli.

Baca juga:Hati-Hati Beli Mobil Bekas! Telat Bayar Pajak 2 Tahun Dianggap Kendaraan Bodong

Jika kamu sudah mendapatkan STNK baru, langkah terakhir adalah datangi loket pengesahan STNK, kemudian serahkan STNK untuk mendapatkan stempel tanda telah membayar PKB. 

Perlu diketahui, pembayaran pajak progresif di minimarket ini hanya berlaku untuk pajak kendaraan tahunan. Sedangkan jika ingin membayar pajak kendaraan 5 tahunan, kamu wajib datang ke Samsat sambil membawa unit kendaraan untuk melakukan cek fisik.

Bagaimana, mudah bukan caranya? Jadi, tidak ada alasan untuk tidak membayarnya, ya. Yuk, jadi pengendara yang taat pajak!

Baca juga: Parade Promo Seru, Tukar Tambah Mobil di mobbi Bisa Dapet Cashback Rp 3 Juta!

Untuk informasi dan tips-tips menarik lainnya, kunjungi mobbi, ya! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan