×

blog/mobil-matic-solusi-kenyamanan-berkendara-di-kota-padat-012023

Mobil Matic, Solusi Kenyamanan Berkendara di Kota Padat

25 Jan 2023

Mobil matic adalah solusi yang kamu butuhkan jika kamu termasuk pemula dalam mengemudi. Tak hanya itu, kamu pengemudi lama tapi kaki kerap mengalami kesemutan saat jalanan macet karena mengendarai mobil manual, bisa pakai mobil matic. 

Mobil matic memiliki berbagai jenis tampilan, ukuran, model, bahkan merk. Harga dari mobil bekas matic jauh lebih murah dibanding harga mobil bekas yang manual. 

 

Perbandingan matic dan manual.

Mobil ini menyuguhkan kenyamanan yang tidak didapatkan dari penggunaan mobil manual. Tak dapat dipungkiri mobil ini memang memiliki kelemahan seperti boros bensin, namun jika dibanding dengan dengan mobil manual perbedaan konsumsi bahan bakarnya tidak jauh beda.

Baca Juga : Konversi Mobil Listrik, Bagaimana Aturannya di Indonesia?

Meskipun mobil ini memang lebih banyak mengkonsumsi bahan bakar. Bagi sebagian orang yang terbiasa menggunakan mobil manual akan cukup kesulitan mengendarai mobil matic.

Begitupun sebaliknya yang terbiasa mengendarai mobil matic ataupun yang masih pemula dalam mengemudi  akan jauh lebih kesulitan jika mengendarai mobil manual. Padahal, mengendarainya sangatlah mudah jika telah mengetahui arti dan simbol pada transmisi pada mobil ini.

Mobil ini desain dan sistem transmisinya lebih sederhana dibandingkan dengan yang manual. Jadi kendali perpindahan gigi dan mekanisme kemudi tidak selalu dalam kontrol pengemudi.

 

Keunggulan mobil matic

Ada banyak perbedaan dalam kemudi manual dan matic terutama pada sistem transmisi, Adapun keunggulan dari mobil ini yang dapat dijadikan pertimbang dalam memilih mobil bekas. seperti

1. Penggunaan lebih mudah

2. Tidak membuat kaki pegal

3. Cocok menghadapi kemacetan

4. Cocok untuk belajar mengemudi

Banyak orang awam yang takut membeli mobil ini karena khawatir tidak kuat menghadapi tanjakan, padahal untuk menghadapi kondisi jalan yang menanjak mobil ini justru lebih aman digunakan karena tidak perlu menyeimbangkan pedal kopling dan gas yang membutuhkan tenaga yang cukup melelahkan. 

Baca Juga : Apa Bedanya Mobil Listrik dan Mobil Hybrid?

Terutama pada jalanan yang sempit dan menanjak jika ada mobil lain yang berlawanan arah tentu saja pengemudi manual harus tanggap dalam menyeimbangkan pedal gas, kopling, dan rem.

Hal ini jauh lebih rumit dan sulit dibanding dengan penggunaan mobil yang sistem transmisinya otomatis meskipun dalam kasus yang sama. 

Mobil ini akan lebih efektif karena akan mengatur perputaran mesin pada angka sekitar 3.000 RPM. Namun, perlu diingat transmisi pada mobil ini juga penting layaknya mobil manual, saat melewati tanjakan curam jangan biarkan tuas transmisi di posisi D.

Baca Juga : Kondisi yang Bisa Bikin Harga Mobil Bekas Jatuh

Karena perpindahan gigi yang dilakukan secara otomatis malah melemahkan kemampuan menanjaknya, meskipun pada faktanya mobil ini bisa dengan mudah melewati tanjakan curam. 

Selain pada kondisi jalanan menanjak Sebagian orang juga mengkhawatirkan pemakaian mobil ini pada kondisi jalanan menurun, hal ini dikarenakan banyak kasus mobil yang tiba -tiba rem blong saat melewati turunan. 

Kasus tersebut bisa terjadi sebab banyak yang tidak memanfaatkan engine brake dan hanya mengandalkan rem saja. Engine brake ada pada low gear biasanya berada di posisi L, pada beberapa tipe mobil ada di posisi 2. 

Baca juga: Pilih Elegan atau Sporty? Ini 5 Perbedaan Alphard dan Vellfire

Ada teknik dalam pengereman engine brake sendiri yaitu memperlambat kecepatan mobil dengan menurunkan tenaga mesin, pengemudi biasanya akan melepas gas dan menurunkan perseneling ke gigi yang lebih rendah. 

Kenapa mobil matic lebih aman dikendarai? Salah satu alasannya adalah mobil lebih stabil Ketika menyalip. Pada mobil ini Ketika ingin menyalip mobil didepan, cukup menginjak pedal gas secara penuh namun tetap memperhatikan kendali yang stabil dan fokus pada transmisi D.

Maka sistem transmisi akan berpindah secara otomatis dan akan terdorong berkat akselerasi pada pedal gas yang ditekan, hal ini lebih sederhana jika dibandingkan dengan sistem transmisi manual.

Baca juga: Cara Merawat Kaca Mobil Agar Selalu Kinclong

Apakah tertarik pindah ke mobil matic? Kunjungi mobbi menemukan penawaran harga yang sesuai, di mobbi kamu juga bisa ikut lelang mobil dan tukar tambah, dijamin makin mudah untuk mendapatkan mobil impianmu.

Unduh juga mobbi melalui Play Store dan App Store supaya tidak ketinggalan informasi terbaru mengenai mobil, komponen mobil, perawatan, dan juga bisa ikut lelang mobil impianmu.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan