×

blog/mitos-atau-fakta-ganti-karburator-mobil-bisa-bikin-hemat-bensin-042023

Mitos Atau Fakta, Ganti Karburator Mobil Bisa Bikin Hemat Bensin?

11 Apr 2023

Melakukan ganti karburator mobil atau memodifikasinya merupakan salah satu hal yang mungkin sering dilakukan oleh pemilik mobil. Banyak yang percaya cara ini efektif membuat mobil menjadi lebih hemat bahan bakar minyak (BBM) ketika digunakan. 

Sebab, karburator pada dasarnya merupakan bagian mesin mobil yang bekerja untuk mengontrol campuran udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar agar lebih efisien. 

Namun apakah apakah ganti karburator serta-merta membuat kendaraan menjadi lebih hemat? Berikut adalah jawaban yang dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Bisa, tapi dengan konsekuensi mobil kehilangan tenaga

Melansir Motorbiscuit.com, penggantian karburator dikatakan dapat mengurangi konsumsi BBM. Yang diperlukan hanya dengan melakukan beberapa penyetelan sekrup karburator agar tekanan udara yang masuk ke ruang mesin lebih hemat BBM.

Baca juga: Hati-Hati Beli Mobil Bekas! Telat Bayar Pajak 2 Tahun Dianggap Kendaraan Bodong

Hanya saja cara ini ternyata ada dampak buruknya. Penyetelan tersebut memang bikin mobil hemat BBM tapi dengan konsekuensi kendaraan kehilangan tenaga.

 

2. Tergantung usia karburator

Jika kendaraan sudah cukup tua dan karburatornya belum pernah diganti atau jarang dirawat dengan baik bisa bikin konsumsi BBM jadi boros. 

Sebab kondisi karburator yang buruk dapat menyebabkan mesin bekerja lebih keras dan menghasilkan lebih banyak gas buang, yang pada akhirnya dapat mengurangi efisiensi bahan bakar. 

Baca Juga: Bukan Cuma Ditilang, Pakai Pelat Nomor Palsu Terancam Pidana

Jika kendaraan kamu sudah tua dan karburatornya sudah tidak efisien, penggantian karburator tentu dapat membantu menghemat bensin.

 

3. Jenis karburator

Setiap kendaraan memiliki karburator yang dirancang sesuai dengan karakteristik mesinnya. Beberapa kendaraan memiliki karburator yang lebih efisien daripada yang lain. 

Jadi, jika kamu ganti karburator kendaraan yang tidak sesuai dengan kegunaanya, maka tidak akan terjadi penghematan bensin.

 

4. Original, bukan abal-abal

Jangan asal pilih ketika ingin melakukan penggantian karburator lama menjadi baru. Pilihlah yang orisinil, bukan abal-abal.

Baca Juga: Pelat RF Akan Ditertibkan Kapolri Demi Kenyamanan di Jalan

Jika kamu membeli karburator yang murah dan berkualitas rendah, tentu ini akan mempengaruhi kinerja mesin mobil. Bukannya hemat, karburator abal-abal bisa jadi pemicu konsumsi BBM kendaraan semakin boros. 

 

5. Kondisi mesin kendaraan secara keseluruhan

Karburator tidak melulu menjadi alasan mengapa bahan bakar menjadi boros. Mesin kendaraan yang rusak atau tidak terawat dapat menyebabkan efisiensi bahan bakar yang buruk, bahkan jika kamu telah ganti karburator terbaru yang paling jitu sekalipun. 

Salah satu kerusakan mesin yang paling memengaruhi efisiensi bahan bakar adalah kerusakan pada sistem pembakaran, filter udara yang rusak atau kotor, dan kebocoran pada saluran bahan bakar. 

Baca juga: 8 Tips Mengemudi Aman di Tengah Cuaca Ekstrem Jakarta

Selain itu, cara pengemudi mengatur kecepatan dan beban bawaan pun bisa menjadi alasan mengapa bahan bakar kendaraan boros.

Nah, jika kamu memutuskan untuk mengganti karburator, pastikan untuk melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Belilah karburator yang sesuai dengan kendaraan dan pastikan karburator tersebut berkualitas baik.

2. Pastikan karburator baru tersebut diinstal dengan benar dan disesuaikan dengan kendaraan yang dimiliki.

3. Setelah penggantian karburator, lakukan penyesuaian ulang pada mesin kendaraan untuk memastikan campuran udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar optimal dan sesuai dengan spesifikasi pabrik.

4. Jangan lupa melakukan perawatan rutin pada karburator, seperti membersihkan cara teratur dan ganti bahan bakar yang berkualitas baik.

5. Jangan langsung mengharapkan penghematan bahan bakar yang signifikan setelah ganti karburator. Biarkan kendaraan berjalan beberapa hari atau minggu dan pantau penggunaan bahan bakar sebelum dan setelah penggantian karburator.

Baca juga: Bea Balik Nama Mobil Bekas Bakal Dihapus, Kapan Mulai Berlaku?

Sebagai kesimpulan, penggantian karburator dapat membuat mobil lebih hemat bahan bakar. 

Hal ini utamanya  jika kendaraan kamu sudah cukup tua dan karburator mulai usang. Sebab itu, lakukan perawatan karburator dan mesin mobil secara rutin agar tidak mudah soak.

Temukan mobil idamanmu atau informasi serta tips-tips otomotif menarik lainnya di mobbi! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan