×

blog/mau-weekend-staycation-cek-dulu-jadwal-buka-tutup-puncak-112022

Mau Weekend Staycation? Cek Dulu Jadwal Buka Tutup Puncak

10 Nov 2022

Untuk mengatasi volume kendaraan yang meningkat terutama saat akhir pekan, pihak kepolisian memberlakukan jadwal buka tutup Puncak. Ya, sudah bukan rahasia lagi kalau Puncak menjadi tempat wisata favorit terutama bagi para warga Jabodetabek.

Keindahan alam, suasana sejuk serta kulinernya yang menggiurkan menjadi alasan mengapa Puncak tidak pernah sepi pengunjung. Alhasil, penumpukan kendaraan pun terjadi.

Nah, buat kamu yang berencana menghabiskan weekend bersama orang-orang tersayang di Puncak, sebelum berangkat pastikan sudah mengetahui jadwal buka tutupnya jalurnya. Normalnya, untuk menuju Puncak tersedia dua jalur dengan dua arah.

Baca juga: Karpet Mobil Bisa Bikin Kecelakaan? Cek Dulu Faktanya!

Namun, ketika jadwal buka tutup Puncak diberlakukan, hanya terdapat satu jalur atau one way, yakni hanya jalur yang menuju ke arah Puncak saja. Untuk itu, agar tidak salah, cek dan catat jadwalnya!

 

Jadwal buka tutup Puncak

Dikutip dari website TMC Polda Metro Jaya, berikut jadwal lengkapnya.

 

Hari Sabtu

1. Pukul 09:00-11.30 WIB

Hanya dibuka satu arah ke jalur arah Puncak. Artinya lalu lintas kendaraan dari arah Puncak menuju ke bawah yakni Jakarta dan Ciawi ditutup.

2. Pukul 15.00 - 17.00 WIB

Hanya dibuka satu arah ke jalur arah bawah, yakni Jakarta atau Ciawi. Artinya lalu lintas semua kendaraan yang akan menuju Puncak ditutup.

 

Hari Minggu

1. Pukul 09.00 - 11.30 WIB

Hanya dibuka satu jalur ke arah Puncak. Artinya lalu lintas kendaraan dari arah Puncak menuju ke bawah yakni Jakarta dan Ciawi ditutup.

2. Pukul 15.00 - 18.00 WIB

Hanya dibuka satu jalur ke arah bawah, yakni Jakarta atau Ciawi. Artinya lalu lintas kendaraan yang akan menuju Puncak ditutup.

Baca juga: Efek Negatif Mobil Turbo Pakai Oli Mesin Tidak Sesuai

Jadwal buka tutup Puncak tersebut masih bisa berubah dan mengalami penyesuaian tergantung situasi dan kondisi di lapangan. 

Misalnya saja pada hari Minggu, pihak kepolisian biasanya akan menerapkan one way atau jalur satu arah ke Jakarta dalam durasi yang lebih lama akibat meningkatnya volume kendaraan.

 

Jalur alternatif Puncak

Tenang, meski ada jadwal buka tutup Puncak, bukan berarti akses kamu untuk menuju Puncak jadi terbatas. Masih ada jalur alternatif yang bisa kamu akses di luar jadwal tersebut.

Baca juga: Berapa Estimasi Biaya Turun Mesin Mobil?

Jika kamu menuju arah Puncak dari Jakarta atau Depok, bisa melalui daerah Sentul. Caranya dengan melalui pintu tol Sentul Selatan lalu pilih rute yang menuju Babakan Madang atau Perumahan Bukit Pelangi (Rainbow Hill).

Rute tersebut nantinya akan mengarahkan kamu langsung ke Jembatan Megamendung, Puncak. Dari Megamendung, kamu bisa langsung belok kanan di samping Vimala Hills setelah melewati Simpang Gadog.

Kemudian, ambil rute ke arah Cibedug. Jika sudah sampai di pertigaan Cibedug, pilih jalur kiri yang menuju Arca Domas. 

Baca juga: Komponen yang Rusak Jika Mobil Sering Menghantam Lubang

Setelah itu, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke arah Polsek Megamendung dengan melewati beberapa desa seperti Desa Pasir Muncang, Desa Megamendung, dan Desa Cidokom. 

Nantinya kamu akan sampai di Desa Citeko yang berlokasi cukup dekat dengan pasar Cisarua. Selain mengetahui jadwal buka tutup Puncak, sebelum pergi berlibur pastikan kondisi mobil kamu dalam keadaan yang prima agar berkendara terasa aman dan nyaman.

Begitupun dengan kondisi tubuh, pastikan kamu dalam keadaan yang fit dan sehat mengingat kontur jalan di kawasan Puncak cukup berkelok-kelok dengan tikungan yang tajam sehingga membutuhkan konsentrasi tinggi saat berkendara.

Baca juga: 7 Manfaat Rutin Servis AC Mobil

Untuk informasi dan tips-tips menarik lainnya, kunjungi mobbi, ya! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan