×

blog/mau-koleksi-mobil-klasik-sport-5-mobil-ini-bisa-jadi-pilihan-062023

Mau Koleksi Mobil Klasik Sport? 5 Mobil ini Bisa Jadi Pilihan

23 Jun 2023

Saat ini, mobil klasik telah menjadi konsumsi masyarakat golongan menengah ke atas dengan mengoleksinya. Terlebih mobil klasik sport yang dinilai memiliki desain mewah, sporty, dan dilengkapi dengan mesin bertenaga.

Bahkan, mobil klasik sport pun bisa diadu dengan mobil-mobil kekinian yang sedang ramai diperbincangkan. Tak ayal jika mobil ini pun masih memiliki segmen pasarnya sendiri di industri otomotif Indonesia.

Berikut ini kami informasikan beberapa mobil klasik sport yang menjadi incaran para kolektor:

 

1. BMW 2002

Mobil BMW 2002 merupakan mobil Eropa pertama yang memperkenalkan mesin Turbo di industri otomotif dunia. Mobil versi ini merupakan versi upgrade yang telah disempurnakan oleh BMW setelah sedan seri 1602.

Baca juga: Tips Memilih Bengkel Mobil Terpercaya dan Berkualitas

Seri 2002 ini sendiri memiliki makna sesuai spesifikasi mobilnya, yakni kapasitas mesin hingga 2.000 cc dan memiliki dua pintu. Alhasil, berkat kapasitas mesin yang besar, mobil ini mampu menghasilkan tenaga mencapai 170 HP.

Mobil legendaris ini dibuat pada era 1960 an dengan penampilan yang simple tapi menarik. Mobil ini dipatok dengan harga yang cukup terjangkau untuk golongan mobil klasik, yakni sekitar 32.459 dolar AS atau sekitar Rp 510 jutaan.

 

2. Chevrolet Impala 1961

Mobil Chevrolet Impala 1961 merupakan generasi ketiga yang dijual hingga tahun 1964. Secara desain, mobil ini memiliki bentuk yang lebih kotak dengan trim lebih banyak dibanding generasi sebelumnya.

Baca juga: Fungsi Kondensor Mobil dan Cara Merawatnya

Terkait performa mesin, mobil ini dibekali dengan mesin 3,9 liter blue flame dan mesin 4,6 liter Turbo Fire. Mobil ini pun hadir dilengkapi dengan opsi SS (Super Sport) dengan mesin yang lebih bertenaga.

Tidak hanya menggoda pecinta otomotif di luar negeri, mobil ini pun menggoda para pecinta otomotif dalam negeri. Hal tersebut dibuktikan dengan penampilannya yang menggoda di IIMS Surabaya 2023 lalu. Di pasaran, mobil ini memiliki banderol sekitar Rp 250-600 jutaan tergantung kondisi.

 

3. Lamborghini 400GT

Pada dasarnya, mobil ini tidak dirancang untuk tampil sebagai supercar, tetapi sebagai mobil untuk tour dengan kekuatan besar yang nyaman digunakan.

Baca juga: Kerap Dinilai Sulit, Begini Cara Parkir Paralel dengan Mudah

Sebagai mobil sport pada masanya mobil Lamborghini 400 GT ini lebih mengedepankan kenyaman serta  keunggulan utama fitur yang disematkan kepada mobilnya.

Dengan kapasitas yang besar yaitu 3.900 cc V12, dengan tenaga 320 HP, mobil ini yang kemudian dianggap sebagai awal mula kemunculan supercar dari brand Lamborghini yang produknya masih berlanjut hingga sekarang.

Mobil klasik yang bersejarah bagi Lamboghini ini dijual di pasaran klasik dunia dengan mematok harga kisaran 365,885 dolar AS atau sekitarnya. Harga ini merupakan harga jual internasional yang belum termasuk biaya impor jika mobil di bawa ke Indonesia.

 

4. Jaguar E- Type OTS Series 1

Mobil Jaguar tipe ini dianggap sebagai mobil tercanggih pada masanya karena spesifikasi mesinnya yang terinspirasi dari mobil balap. Di tahun peluncurannya sekitar 1961-1968, mobil ini telah menggunakan empat roda berjenis independent suspension.

Baca juga: Awas Ketipu STNK dan BPKB Palsu, Begini Cara Membedakannya

Kala itu, konsep roda independent suspension yang tidak saling terhubung ini belum biasa ditemukan di mobil-mobil saat itu. Kapasitas mobil ini pun cukup besar dengan 4.200 cc dan tenaga sebesar 265 HP.

Saat ini, Jaguar E-Type OTS Series 1 ini bisa didapatkan dengan harga 140.015 dolar AS atau setara dengan Rp 2,2 miliar. Harga yang cukup fantastis, bukan?

 

5. Porsche 911 Turbo 

Mobil ini merupakan salah satu mobil klasik yang kerap dijumpai di Indonesia. Bahkan, menurut kabar yang beredar, Porsche berencana untuk memproduksi kembali mobil klasik yang populer ini.

Baca juga: Cara Tepat Melakukan Engine Braking di Transmisi Matic

Mobil ini merupakan mobil asal Jerman dan penerus dari mobil sport Porsche 356 yang diluncurkan pada 1964. Mobil ini dianggap unggul dalam menghadirkan mobil berkapasitas besar yakni 2.200 cc dengan kecepatan 140 HP.

Mobil yang dilengkapi dengan 5 opsi transmisi ini dijual di Indonesia dengan harga mulai dari Rp 3,3 miliar hingga Rp 5,9 miliar. Harga yang variatif ini tergantung jenis transmisi dan warna mobil yang dipilih.

Setelah membaca 5 mobil klasik sport, apa kamu tertarik untuk membelinya? Atau kamu punya mobil lain yang bisa menarik perhatian mu? Tenang aja, kamu bisa cari mobil bekas impianmu di mobbi, lho.

Baca juga: Cara Cegah Mobil Tergelincir Akibat Aquaplaning

Segera akses mobbi melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store. Kamu bisa dapat banyak informasi seputar otomotif serta bawa pulang mobil bekas impianmu dengan harga terjangkau!

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan