×

blog/komparasi-toyota-yaris-cross-hybrid-dan-honda-hr-v-rs-dua-rival-yang-akhirnya-bertemu-062023

Komparasi Toyota Yaris Cross Hybrid dan Honda HR-V RS, Dua Rival yang Akhirnya Bertemu

28 Jun 2023

Pada Senin, 15 Mei 2023 silam, PT Toyota Astra Motor (TAM)  menggelar world premiere atau peluncuran secara global mobil All New Toyota Yaris Cross. Mobil ini mengisi segman Sport Utility Vehicle (SUV). dan bersaing dengan berbagai mobil lainnya pada kelas yang sama, termasuk Honda HR-V.

Baik Toyota Yaris Cross dan Honda HR-V masuk ke dalam kelas yang sama lantaran keduanya merupakan mobil di segmen SUV kelas menengah dengan mesin 1.500 cc.

Bedanya, untuk mendukung performa mesinnya, Yaris Cross menggunakan teknologi hybrid sedangkan HR-V menyematkan induksi turbo. Sampai sini sudah cukup terasa perbedaan kedua mobil. Lantas, apa saja perbedaan kedua mobil tersebut? Mari kita bedah satu-satu.

 

Performa Mesin

Mobil SUV keluaran Toyota mengadopsi mesin 1.500 cc dengan kode mesin 2NR-VEX yang disandingkan dengan motor elektrik. Mesin berbahan bakar bensinnya bisa mengeluarkan tenaga 90 hp dan torsi puncak 121 Nm.

Baca juga: Jelang Libur Idul Adha, Pemerintah Batasi Operasional Angkutan Barang

Sementara motor elektriknya yang dibekali dengan baterai lithium-ion mampu mengeluarkan torsi maksimum sebesar 141 Nm dan tenaga 79 hp. Sayangnya, performa total dari Toyota Yaris Cross tidak bisa ditambahkan secara manual antara mesin bensin dan motor elektrik.

Toyota mengklaim, tenaga maksimal yang bisa dikeluarkan mobil ini hanya 110 hp atau setara 111,5 PS. Performa ini jelas berbeda dengan performa yang dihasilkan oleh saingannya, Honda HR-V RS karena HR-V RS bermesin turbo.

Mobil SUV pabrikan Honda ini memiliki mesin berkapasitas 1.500 cc dengan induksi turbo. Dari mesin yang digunakan pun jelas kekuatannya sangat bertenaga. Secara teori, mobil ini sanggup memuntahkan tenaga sebesar 177 PS pada 6.000 rpm dan torsi 240 Nm pada 4.500 rpm.

 

Desain dan Dimensi

Toyota Yaris Cross memiliki desain yang sporty dan kompak dengan gari-garis tajamnya. Semenntara ukuran dimensinya pun lebih kecil jika dibandingkan dengan All New HR-V yang memberikan ruang lebih luas di dalam kabin. Mobil tersebut dilengkapi dengan desain yang aerodinamis.

 

Interior

Meskipun ukuran kabinnya lebih kecil jika dibandingkan HR-V, tetapi Yaris Cross memiliki interior yang lebih nyaman dengan tampilan modern. Sedangkan interior kabin HR-V lebih kepada sporty dengan tampilan interior yang melandai dan kursi yang serba besar.

Baca juga: Benarkah Mobil Matic Mogok Tidak Boleh Didorong?

Interior Toyota Yaris Cross sudah dilengkapi dengan Electric Seat Adjuster attau jok elektrik, terutama untuk jok pengemudinya. Sehingga pengaturan duduk bisa lebih mudah baik maju, mundur, naik atau turun.

Toyota pun mengklaim bahwa SUV hybrid miliknya ini memiliki posisi duduk yang paling tinggi dibandingkan saingannya. Hal ini memicu efek visibilitas saat berkendara jadi lebih jelas. Tentunya ini memuat pengemudi lebih merasa nyaman.

Jok elektrik ini pun menjadi keunggulan bagi mobil ini, lantaran HR-V belum menyematkan jok elektrik pada bangka pengemudinya. Tidak hanya itu, fitur yang menjadi kelebihan Yaris Cross lainnya adalah hadirnya Panoramic Glass Roof with Power Sunshade.

Baca juga: Mobil Alami Ban Bocor? Begini Cara Atasinya

Mudahnya, SUV ini dilengkapi dengan cover kaca pada bagian atapnya dan bisa buka tutup secara elektrik. Namun, sebagai panoramic glass roof, atap kacanya tentu tidak bisa dibuka. Berbeda dengan SUV keluaran honda tersebut yang proses buka tutupnya dilakukan secara manual.

Pada sistem hiburan, Toyota Yaris Cross pun unggul dengan ukuran head unit yang lebih besar dengan ukuran 10,1 inci dan dilengkai dengan wireless smartphone connectivity. Sedangkan head unit HR-V hanya berukuran 8 inci.

Keduanya telah dibekali fitur Power Back Door with Kick Sensor yang memudahkan pemilik mobil saat membawa banyak barang dan akan memasukkannya ke bagasi. Pemilik hanya peru mengayunkan kaki ke bawah area pintu bagasi dan pintu akan otomatis terbuka.

 

Fitur Keselamatan

Dari segi fitur keselamatannya, Toyota Yaris Cross dibekali dengan teknologi Toyota Safety Sense. Selain itu, mobil ini memiliki berbagai fitur lainnya seperti 6 airbag, rem yang dilengkapi dengan teknologi ABS, EBD, dan BA.

Baca juga: Pentingnya Pemeriksaan dan Perawatan Sistem Kelistrikan Mobil

Mobil ini pun dilengkapi dengan Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Rear Cross Traffic Allert (RCTA), hingga Blind Spot Monitor (BSM). Sementara itu Honda HR-V juga menyematkan teknologi yang mirip dengan Toyota dan dinamai dengan teknologi keselamatan Honda Sensing.

Teknologi keselamatan Honda Sensing terdiri dari Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC) dengan Low Speed Follow, Auto-High Beam, dan Lead Car Departure Notification System (LCDN).

Untuk fitur keamanan memang sangat mirip antara HR-V RS dengan Yaris Cross Hybrid. Namun HR-V RS lebih unggul dari Yaris Cross karena ada fitur LSF yang memungkinkan pengguna mengaktifkan Adaptive Cruise Control di kecepatan mulai dari nol kilometer sehingga bisa digunakan macet macetan.

 

Harga

Varian tertinggi pada All New Toyota Yaris Cross Hybrid dibanderol dengan harga sekitar Rp440 jutaan, dan varian terendah di kisaran Rp351 juta. Sedangkan untuk All New Honda HR-V RS ada di harga Rp531 Jutaan.

Baca juga: Kopling Mobil Keras dan Berat? Ternyata ini Biang Keroknya

Berbagai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki masing-masing mobil memang perlu dipertimbangkan. Saat akan membawa sebuah mobil pulang, kamu perlu sesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran yang kamu miliki.

Jika memang mobil yang baru dirasa tidak sesuai budget, mungkin cara lainnya yang bisa dilakukan adalah membeli mobil bekas impianmu. Harganya tentu akan lebih ramah di kantong. 

Kamu bisa mencari mobil bekas idamanmu di mobbi. Kamu juga bisa dapat informas menari lainnya. Caranya cukup dengan akses mobbi melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store. Yuk, akses sekarang juga!

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan