×

blog/komparasi-mobil-crv-dan-wuling-almaz-duo-medium-suv-yang-tangguh-052023

Komparasi mobil CRV dan Wuling Almaz, Duo Medium SUV yang Tangguh

15 Mei 2023

Mobil Honda CR-V tampaknya cukup kewalahan dengan kehadiran Wuling Almaz. Sebabnya mobil asal Tiongkok tersebut mampu bersaing dengan Honda CR-V Turbo dalam segmen pasar SUV pada 2022.

Menurut data penjualan wholesale Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada bulan Juli 2022, posisi medium SUV terlaris dipegang oleh Honda CR-V dengan penjualan sebanyak 736 unit. Sementara itu, tipe termahal dari Honda CR-V menjadi model yang paling laris dengan total penjualan sebesar 630 unit.

Wuling Almaz, dengan total penjualan sebanyak 658 unit, mendekati posisi terdepan yang dipegang oleh Honda CR-V. Model terlaris dari Wuling Almaz, yakni Almaz RS Pro, berhasil menjadi favorit konsumen dengan total penjualan mencapai 353 unit.

Baca Juga: 10 Lagu Coldplay ini Cocok Buat Nemenin Kamu Pergi ke Kantor

Adapun di posisi ketiga dan keempat, masing-masing ditempati oleh Mazda CX-5 dengan penjualan sebesar 121 unit. Sementara Hyundai Ioniq 5 yang berada di posisi kelima berhasil menjual sebanyak 117 unit.

Lantas, mengapa CR-V dan Almaz bersaing ketat? Mari komparasi dua mobil tersebut berdasarkan fitur, mesin, kondisi eksterior, interior, beserta harga yang ditawarkan.

 

1. Eksterior 

Boleh dibilang, kedua mobil memiliki desain menarik yang memikat hati dari segi eksterior. Kedua mobil ini memiliki “DNA” sporty, modern, dan tangguh yang terpancar dengan sempurna pada keduanya. 

Baca juga: Bakal Konser di Jakarta, Intip Koleksi Mobil Chris Martin Vokalis Coldplay

Meski demikian, desain wajah Almaz terlihat lebih tajam ketimbang saingannya itu baik di bagian muka maupun belakang. 

Hal ini membuat sosok Almaz terkesan lebih futuristik dan berbeda dari mobil-mobil lain di kelasnya. Sekilas desainnya mirip mobil konsep yang sering dipajang pada saat pameran otomotif.

Sementara itu, sektor penerangan pada Almaz terlihat lebih kekinian dengan gaya bertingkat yang mempertegas keunggulannya dibandingkan desain Honda CR-V yang memang sudah lumayan berumur apabila dibandingkan dengan Wuling Almaz.

Teknologi yang penerangan yang digunakan ialah LED pada headlamp-nya yang diposisikan secara terpisah di bawah barisan lampu Future Eyes, yang terdiri dari daytime running light dan sein. 

Namun sayang seribu sayang, fog lamp Almaz masih menggunakan halogen berwarna kuning. Meskipun kekurangan tersebut terobati dengan desain yang terlihat lebih presisi pada bagian belakang Almaz. 

Mobil ini menggunakan stoplamp LED yang dipadukan dengan lampu tail yang menjulur hingga bagian bumper belakang. Adapun di pihak lainnya, Honda CR-V mempunyai ciri khas tersendiri. Mobil ini lebih bergaya tradisional ketimbang lawannya itu. 

Buktinya, mobil ini masih menjaga aura pendahulunya dengan masih menyatukan headlamp, DRL, dan sein. Hal ini membuat CR-V terlihat padat dan membulat. 

Untuk penerangan, terdapat keunggulan di mobil CR-V ketimbang Almaz. Soalnya mobil ini sudah menggunakan teknologi foglamp LED yang tentunya mampu menghasilkan cahaya yang lebih terang dan jelas.

Aura futuristik justru terlihat pada bagian belakang CR-V. Mobil ini berhasil menggabungkan unsur-unsur desain klasik dan modern dengan sangat apik dan memberikan pengalaman berkendara yang luar biasa. 

Terlihat dari lampu belakang dengan bentuk trademark khas CR-V yang memanjang dari atas hingga bawah dan dipadukan dengan dua muffler di bawah bumper. Meski begitu, bagian atap Almaz terbilang lebih unggul ketimbang CR-V. 

Almaz menggunakan panoramic roof yang dikombinasikan dengan sunroof, Sementara CR-V hanya mengusung teknologi sunroof saja di bagian atapnya.

Winner : Wuling Almaz

 

2. Interior

Untuk urusan ini, keduanya sama-sama menawarkan interior yang mewah nan canggih. Mobil ini juga sama sama punya kemampuan membawa 7 penumpang.

Namun, Wuling Almaz memiliki pendekatan yang unik dalam hal desainnya. SUV Wuling ini punya bagian dashboard yang sederhana tanpa banyak fitur yang ditempelkan di bagian tersebut. 

Hal ini bukan tanpa sebab. Nyaris semua fiturnya dapat diatur melalui head unit berukuran 10,4 inci yang ditempelkan di bagian tengah mobil. Sebut saja pengaturan AC, radio, 360 camera, hingga Tire Pressure Monitoring System (TPMS). 

Membuat Almaz menjadi pilihan menarik bagi mereka yang mencari sesuatu yang berbeda dan inovatif. Di lain pihak, kokpit CR-V terlihat lebih ramai dan dipenuhi sederet tombol dengan fungsinya masing-masing. 

Meski demikian, CR-V juga memiliki headunit yang sedikit lebih kecil, yakni sebesar 9 inci. Namun, panel indikator CR-V lebih dan Almaz sama-sama menarik perhatian tergantung selera masing-masing. 

Sesuai dengan desain eksteriornya, CR-V mengusung model analog dipadukan dengan mode digital yang membuat aura tradisional dan modernnya tetap konsisten.  

Berbagai informasi berkaitan dengan kendaraan, seperti kecepatan, konsumsi bahan bakar, jarak tempuh, dan lain-lain, dapat dilihat dengan mudah pada panel instrumen ini. 

Desain panel indikator Almaz dapat memenuhi kebutuhan pengendara modern yang ingin selalu terkoneksi dengan kendaraannya dan memantau performa kendaraannya dengan mudah.

Sementara itu, panel indikator Almaz terlihat serba digital dan memanjang. Dengan layar digital berukuran besar, panel instrumen ini memberikan tampilan yang jelas dan informatif bagi pengendara. 

Tidak hanya itu, pengaturan dan tata letaknya pun sangat ergonomis sehingga mudah diakses dan digunakan. Desain jok pada kedua kendaraan ini sangat ergonomis dan dilapisi dengan kulit berkualitas tinggi untuk kenyamanan ekstra. 

Namun, Honda CR-V kembali unggul dalam hal ini dengan penggunaan pengaturan elektrik untuk kedua kursi depan, baik untuk pengemudi maupun penumpang. Dengan menekan tombol yang mudah dijangkau, posisi dudukan dapat disesuaikan dengan mudah dan nyaman. 

Sementara itu, pada Wuling Almaz, fitur pengaturan elektrik hanya diterapkan pada bangku sopir, sedangkan sisanya masih menggunakan pengaturan manual. 

Meskipun demikian, kualitas kulit dan desain ergonomis pada jok Almaz tetap memberikan kenyamanan yang tidak kalah pentingnya bagi pengguna kendaraan.

Winner : Honda CR-V

Baca Juga: Habis Beli Mobil Bekas? Jangan Lupa Cek Bagian ini!

 

3. Mesin dan pengendalian

Kedua kendaraan, Honda CR-V Turbo dan Wuling Almaz, sama sama menggunakan mesin berkapasitas 1.5 liter yang dilengkapi dengan turbocharger. Meskipun demikian, output tenaga yang dihasilkan oleh kedua kendaraan tersebut tidak sebanding. 

Wuling Almaz mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 141 PS pada putaran mesin 3.500 rpm, jauh lebih kecil ketimbang CR-V. Sedangkan Honda CR-V mampu mencapai 190 PS pada putaran mesin 5.600 rpm. 

Perlu dicatat bahwa mesin 1.5L turbo i-VTEC yang digunakan pada Honda CR-V menggantikan mesin K24 2,4-liter pada model sebelumnya. Hal ini menjelaskan mengapa tenaga yang dihasilkan oleh CR-V jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Almaz. 

Tapi Almaz lebih unggul untuk urusan torsi mesin. Mobil ini menghasilkan torsi maksimum hingga 250 Nm pada rentang putaran mesin 1.600 hingga 3.600 rpm. 

Sedangkan Honda CR-V menghasilkan torsi maksimum sebesar 240 Nm pada rentang mesin 2.000 hingga 5.000 rpm. Sehingga Almaz unggul 10 Nm dalam hal torsi maksimum dibandingkan dengan CR-V, 

Namun demikian, kedua kendaraan ini menggunakan sistem transmisi continuously variable transmission (CVT) yang sangat penting bagi konsumen dalam mencari kendaraan dengan performa yang baik dan efisien. Hanya saja, terdapat perbedaan jumlah percepatan antara keduanya.

Almaz dilengkapi dengan 8-speed sedangkan CR-V hanya 7-speed. Hal ini memberikan keunggulan bagi CR-V untuk akselerasi yang lebih responsif dan cepat. Namun, hasil uji coba kami pada Almaz menunjukkan adanya turbo lag yang cukup besar serta respons CVT yang kurang lincah dibandingkan dengan milik Honda.

Konsumsi bahan bakar Honda CR-V dan Wuling Almaz juga terpaut sangat jauh meskipun kapasitasnya sama. Honda CR-V varian bermesin 1.5 Turbo menurut pengetesan kami dengan metode full to full dapat mencatatkan 1:11 untuk pemakaian dalam kota dan 1:16 untuk pemakaian luar kota dengan kecepatan konstan 100km/h. Sedangkan Wuling Almaz tercatat hanya bisa mencatatkan 1:7.5 untuk pemakaian dalam kota dan 1:13 untuk rute luar kota dengan kecepatan konstan 100km/h. Ini dikarenakan transmisi dan mesin Honda yang sudah jauh well-developed jika dibandingkan Wuling Almaz.

Winner : Honda CR-V

Baca Juga: Mobil ini Jadi Favoritnya Vin Diesel di Fast and Furious 10

 

4. Fitur

Dalam hal fitur, persaingan antara Almaz dan CR-V Turbo sangat ketat. Keduanya sama-sama menghadirkan sektor keselamatan yang lengkap, seperti dual SRS airbag + side airbag, rem ABS+EBS+BA, Traction Control System (TCS), Electronic Stability Control (ESC) dan Emergency Stop Signal (ESS) serta fitur Wuling IoV dan ADAS untuk varian tertingginya.

Adapula Hill Hold Control(HHC), Auto Vehicle Holding (AVH), Electric Parking Brake dan kamera yang memperlihatkan seluruh sudut atau 360 derajat. Meski demikian, Honda CR-V hanya memiliki alat pembantu parkir di bagian belakang saja

Hal berbeda juga terlihat pada fitur keselamatan yang ditawarkan oleh masing-masing mobil. Wuling Almaz hanya memiliki empat airbag yang disematkan dua di depan dan dua di samping. 

Sementara itu, CR-V  memiliki enam airbag dan dilengkapi dengan fitur Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Brake Override System (BOS), Emergency Stop Signal (ESS), Brake Hold.

Namun kedua mobil telah menggantikan kunci konvensional menjadi tombol start stop engine untuk menyalakan mesin. Untuk bagian ini, CR-V lebih unggul sedikit. Mobil ini memiliki fitur remote engine start. Dengan ini, pengemudi bisa menyalakan mesin dari jarak jauh.

Tapi CR-V dan Almaz sudah memiliki smart entry yang memudahkan pengemudi masuk ke dalam. Hanya perlu dekatkan smart key ke mobil, maka pintu mobil akan terbuka dengan sendirinya. 

Dalam hal kenyamanan berkendara, tersedia cruise control untuk membantu menjaga kecepatan stabil tanpa harus menekan pedal gas. Namun, hanya CR-V yang sudah dilengkapi paddle shift, yang dapat menambah keseruan dalam mengemudi. Di sisi lain, Almaz masih mengandalkan mode manual pada tuas transmisinya.

Tetapi keduanya bisa dibilang sama-sama nyaman untuk digunakan mengemudi dalam dan luar kota. Soalnya, konstruksi suspensi pada kedua SUV dilengkapi dengan MacPherson Strut untuk kaki-kaki bagian depan, sedangkan di belakang menggunakan suspensi Multi-link.

Winner : Seri

 

5. Harga

Adapun untuk urusan harga, terdapat perbedaan yang sangat signifikan. Honda CR-V dibanderol seharga Rp 525.300.000 untuk varian terendahnya yaitu tipe 2.0L i-VTEC. 

Sementara untuk varian tertinggi 1.5 Turbo Prestige Black Edition dibanderol seharga Rp 684.600.000. Ini hanya berlaku untuk wilayah Jakarta untuk produksi rangka tahun 2023.

Di sisi lain, Wuling Almaz hanya mematok harga Rp 303.500.000 untuk varian terendahnya yakni 1.5T Smart Enjoy MT. Sementara varian tertingginya (non-hybrid) adalah tipe Almaz Hybrid yang dibanderol seharga Rp 385.8 Juta. Cukup jauh ya bedanya.

Winner : Wuling Almaz

Kesimpulannya, mengingat keduanya memiliki keunggulan yang sama-sama ciamik, jika budget bukan masalah, maka Honda CR-V bisa jadi pilihan dikarenakan nama besar Honda dan mobil yang memiliki performa dan pengendalian yang sangat mantap. Sebaliknya, jika budget adalah pertimbangan terbesar kamu, maka kamu bisa menjatuhkan pilihan kepada Wuling Almaz.

Mau yang lebih ramah di kantong? Yuk cek berbagai pilihan mobil bekas berkualitas yang ada di mobbi! Kamu juga bisa mengakses mobbi dengan mudah melalui aplikasi yang dapat diunduh di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan