×

blog/https://www.mobbi.id/blog/konversi-mobil-listrik-bagaimana-aturannya-di-indonesia-102022

Komparasi Daihatsu Sirion, Suzuki Ignis, dan Honda Brio RS Bekas

07 Okt 2022

Daihatsu Sirion, Suzuki Ignis, hingga Honda Brio RS bekas jadi city car yang cukup banyak diincar lantaran ketiganya menawarkan sejumlah keunggulan. Tapi, keunggulan-keunggulan yang dimilikinya nggak jarang justru bikin bingung saat harus memilih salah satunya. 

Jika kamu salah satu yang sedang menjadikan ketiga mobil tersebut sebagai opsi dan bingung menentukan pilihan, berikut komparasi Daihatsu Sirion, Suzuki Ignis dan Honda Brio RS bekas.

 

Daihatsu Sirion

Daihatsu baru saja meluncurkan Daihatsu New Sirion pada Juni 2022 lalu dengan tampilan yang lebih stylish serta modern. Hal ini karena desain bumper depan dan belakangnya yang lebih aerodinamis seta headlamp-nya yang sudah full LED. 

Baca juga: Fitur Mobil Paling Berguna Di Indonesia

Interiornya juga nggak kalah ciamik karena sudah dilengkapi dengan desain meter cluster MID modern yang menghadirkan beragam opsi pilihan menu informatif. 

Disematkan pula head unit canggih yang dapat terkoneksi langsung dengan smartphone melalui Apple CarPlay atau Android Auto. Mobil ini juga memiliki kabin yang lega dibandingkan mobil-mobil sejenis di kelasnya. 

Hal ini karena Daihatsu New Sirion memiliki ukuran dimensi panjang 3.895 milimeter, lebar 1.735 millimeter, tinggi 1.525 millimeter, dan wheelbase atau jarak sumbu roda 2.500 milliliter, serta ground clearance (jarak terendah ke tanah) 150 millimeter.

Baca juga: 6 Perawatan Mobil Bekas Setelah Kamu Membelinya

Berkat dimensi tersebut pula, Daihatsu New Sirion memiliki head room dan ruang kaki yang luas sehingga membuat perjalanan semakin nyaman. 

Butuh ruang penyimpanan yang lapang? Bagasi Daihatsu New Sirion sudah nggak perlu diragukan lagi. Kamu juga bisa melipat kursi baris kedua sejajar dengan ruang bagasi (rear full flat mode) untuk memperluas ruang penyimpanan barang.

Nggak cuma nyaman, keamanan mobil ini juga terjamin berkat kehadiran fitur Hill Start Assist (HSA), VSC (Vehicle Stability Control), traction control,  ABS (Anti-Lock Braking System), EBD (Electronic Brakeforce Distribution) front and side airbag, hingga ISOFIX.

Baca juga: Mesin Bensin Salah Isi BBM Pakai Diesel, Apa Akibatnya?

Sementara itu di sisi performa, berkode 1NR-VE dengan konfigurasi 4-silinder DOHC 1.329 cc dual VVT-i dibenamkan pada Daihatsu New Sirion. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga 95 daya kuda/6.000 RPM dan torsi puncak 119,6 Nm/4.200 RPM. 

Hadir pula Dual Mode Continuously Variable Transmission (D-CVT) yang dapat meningkatkan akselerasi berkendara yang lebih responsif.

Tenang, ketangguhan mesinnya dijamin nggak bikin dompet kamu boncos akibat konsumsi bahan bakar yang boros. Berkat adanya fitur Idle Stop System, konsumsi BBM Daihatsu New Sirion 10 persen lebih irit.

 

Suzuki Ignis

Berbeda dengan Daihatsu New Sirion, Suzuki Ignis terakhir kali mendapat pembaruan pada April 2020 lalu dengan tampilan yang lebih sporty dan bergaya muda berkat sejumlah ubahan pada bumper depan, diffuser, grille, fog lamp, dan bezel-nya.

Baca juga: Mesin Mobil Ngelitik? Kenali 12 Penyebab dan Solusinya

Desain bumper belakangnya juga hadir dengan rear reflector dan diffuser. Sedangkan sisi interiornya mendapat ubahan berupa new seat cover design. 

Dari segi dimensi, Suzuki New Ignis memiliki panjang 3.700 millimeter, lebar 1.690 millimeter dan tinggi 1.595 millimeter. 

Sedangkan wheelbase-nya 2.435 millimeter dan ground clearance-nya 180 millimeter, sehingga memungkinkannya untuk bermanuver di jalanan perkotaan.

Baca juga: 10 Mobil MPV Paling Laris 2022, Siapa Juaranya?

Untuk menambah kenyamanan serta kemudahan dalam berkendara, Suzuki New Ignis dilengkapi push start/stop button, keyless entry, tilt steering, hingga steering wheel with switch audio control and bluetooth phone connection.

Hadir pula AC digial dengan heater, pelipatan kursi belakang 60:40, tampilan speedometer yang sporty, dan bagasi 260 liter. 

Sedangkan untuk keamanan, mobil ini dilengkapi ABS, EBD, Brake Assist (BA), dual SRS airbag, Side Impact Beam, ISOFIX, pretensioner front seat belt, dan new generation platform heartech.

Baca juga: Tips Merawat Dashboard Mobil yang Sering Parkir Outdoor

Menyoal jantung pacu, city car yang satu ini dipersenjatai mesin K12M 4 Cylinder 16 Katup berkapasitas 1.197 cc, yang menghasilkan tenaga 83 daya kuda pada 6.000 RPM dan torsi 113 Nm pada 4.200 RPM.

 

Honda Brio

Generasi terbarunya yang bertajuk Honda All New Brio diluncurkan pada September 2018 lalu. Ubahan paling mencolok pada generasi ini yakni pada desain belakang yang tidak lagi didominasi oleh kaca besar, namun dibuat layaknya mobil pada umumnya.

Meski berstatus All New, nyatanya interior dan dapur pacu mobil ini hanya mendapat sedikit ubahan, yakni adanya tambahan akses garis berwarna oranye di bagian dasbor.

Baca juga: Yuk Kenali Perbedaan Safety Driving dan Defensive Driving!

Sedangkan fitur-fiturnya masih sama, seperti adanya head unit layar sentuh seluas 6,1 inci yang dapat memutar lagu dari CD/DVD, AM/FM Radio, iPod/iPhone, bluetooth, dan USB. Ada juga tweeter agar kualitas suara dari audio mobil ini terdengar jernih.

Dari segi penyimpanan barang di kabin juga tidak ada bedanya dengan model terdahulunya, hanya saja sedikit lebih besar.

Sementara itu di sisi keamanan, mobil ini dilengkapi ABS, EBS, SRS Airbag, Compatibility Engineering (ACE), hingga Pretensioner with Load Limiters Seatbelt.

Baca juga: Tips Membersihkan Noda Aspal di Bodi Mobil

Untuk dapur pacunya masih menggunakan mesin tipe L12B dengan kapasitas 1.199 cc, 4 silinder, SOHC, i-VTEC yang dapat mengeluarkan tenaga sebesar 89 hp pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 110 Nm pada 4.800 RPM.

Sebagai informasi, pada awal 2021, PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan Brio RS Urbanite yang merupakan varian baru yang dilengkapi berbagai aksesori seperti New Tailgate Wing Spoiler, New Matte Black Alloy Wheels Design hingga Emblem Urbanite.

 

Pilih mana?

Jika tertarik untuk memiliki salah satunya namun dana terbatas, mobil bekas bisa jadi solusi.

Tapi, kamu harus tentukan pilihan dulu nih, mau Daihatsu Sirion, Suzuki Ignis, Honda Brio RS Bekas?

Baca juga: Fan Belt Mobil Bunyi, Apa Sih Penyebabnya?

Jika pertimbangannya adalah konsumsi bahan bakar, kelegaan kabin dan kelengkapan fitur, Daihatsu Sirion bisa menjadi pilihan yang tepat mengingat mobil ini punya fitur paling lengkap, serta kabin dan bagasi paling lapang di kelasnya.

Ini artinya, Daihatsu Sirion mampu mengakomodir segala jenis kebutuhan. Dengan segudang keunggulan yang dimilikinya, kamu bisa dapetin city car yang satu ini mulai dari Rp 80 jutaan aja. Tenang, kalau belinya di mobbi, kondisinya dijamin kaya baru! 

Kalau ragu dengan kondisinya, kamu bisa lakukan test drive dengan cara langsung datang ke showroom atau diantar ke rumah. Keduanya bebas biaya, kok. No booking fee!

Baca juga: mo88i Berubah Nama menjadi mobbi, Yuk Kenalan Lagi!

Yuk kunjungi mobbi sekarang dan temukan Daihatsu Sirion, Suzuki Ignis atau Honda Brio RS bekas idamanmu sekarang! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan