×

blog/kode-tuas-transmisi-matik-apa-saja-fungsinya-122022

Kode Tuas Transmisi Matik, Apa Saja Fungsinya?

23 Des 2022

Setiap kode yang ada pada tuas transmisi matik memiliki arti dan fungsi yang berbeda-beda. Agar tidak keliru dan dapat mengoperasikannya dengan baik, yuk cari tahu fungsi dari kode-kode tersebut!

Sekarang sudah tahu kan arti dan fungsi kode yang ada pada tuas transmisi matik? Pastikan kamu mengingatnya, ya! Mobil matik sendiri dinilai lebih mudah dan simple secara pengoperasiannya. Hal ini karena kamu hanya perlu mengoperasikan dua pedal.

Dengan begitu, kaki tidak mudah pegal dan capek, sehingga cocok buat kamu yang akan sering mengemudi jarak jauh atau di wilayah perkotaan dengan lalu lintas yang padat. 

Baca juga: Belajar Mengemudi Mobil, Pilih Manual atau Matic

Nah, buat kamu yang lagi cari mobil untuk liburan akhir tahun, mobil dengan jenis transmisi ini bisa menjadi pilihan yang pas! Soalnya, selain mudah dioperasikan, mobil matik juga memiliki kelebihan lain. Apa saja?

 

Tuas transmisi matik mudah digunakan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya kalau mobil matik mudah digunakan. Tapi bukan hanya karena jumlah pedalnya saja, perpindahan tuas transmisi matik yang halus juga semakin menambah kemudahan pengoperasian mobil ini

 

Aman untuk menanjak

Baik mobil manual dan matik sebenarnya sama-sama untuk digunakan di jalanan menanjak,  tergantung keahlian si pengemudi itu sendiri. 

Baca juga: 6 Gejala Kerusakan Mobil Matik yang Harus Diantisipasi

Hanya saja, dengan mobil bertransmisi manual, kamu perlu mengatur perpindahan gigi, handbrake, gas dan kopling. 

Namun dengan mobil bertransmisi matik, kamu tidak perlu khawatir akan kerepotan, karena yang perlu dilakukan hanya menginjak pedal gas dan mencocokan tuas transmisi dengan kondisi jalan.

 

Cocok untuk pemula

Karena mudah untuk dioperasikan, mobil matik cocok buat kamu yang baru mau belajar mengemudi mobil. 

Baca juga: Perbedaan Tuas Transmisi Lurus dan Zig-zag Pada Mobil Matik

Kamu juga akan bisa menguasai cara berkendara dengan baik dan benar secara lebih cepat karena hanya menggunakan satu pedal untuk menambah dan mengurangi kecepatan.

 

Minim resiko mati mendadak

Saat menggunakan mobil manual, apabila pengemudi belum ahli dalam mengoperasikan tuas transmisi dan pedal kopling, mesin bisa tiba-tiba mati. Tapi, dengan mobil matik, hal tersebut lebih minim terjadi.

Soal harga, mobil matik memang cenderung lebih mahal dibandingkan mobil manual. Tapi jika kamu punya budget lebih dan menyukai kepraktisan, mobil matik layak untuk dipilih.

Baca juga: Berapa Sih Biaya Ganti Kaca Mobil yang Pecah?

Kalau mau yang lebih pas di kantong, mobil matik bekas bisa menjadi opsi yang pas. Jangan bingung belinya di mana, langsung aja kunjungi mobbi!

mobbi punya berbagai pilihan mobil buat kamu, tidak terkecuali mobil matik. Tenang, beli mobil bekas di mobbi dijamin bebas khawatir!

Soalnya, kualitas unitnya terjamin, surat-surat, nomor rangka hingga nomor mesin juga terjamin keaslian dan keabsahannya. 

Nah, spesial bulan Desember 2022, beli mobil bekas di mobbi bisa dapetin cashback senilai jutaan rupiah, diskon langsung, potongan TDP,  hingga asuransi gratis yang bikin mobil kamu terjamin perlindungannya! 

Baca juga: Miliki Mobil Daihatsu Idamanmu di Trade-In Festival Week with mobbi & Daihatsu

Tunggu apalagi? Yuk beli mobil bekas di mobbi sekarang agar tidak ketinggalan promonya! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan