×

blog/keunggulan-connected-cars-mobil-yang-terhubung-dengan-smartphone-062023

Keunggulan Connected Cars, Mobil yang Terhubung dengan Smartphone

08 Jun 2023

Di era digital ini, konektivitas merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Masing-masing di antara kita mayoritas menggunakan dan memiliki smartphone untuk bisa selalu terhubung dengan orang lain.

Bahkan, di saat sedang mengendarai mobil pun terkadang kita dipaksa untuk tetap terhubung melalui smartphone. Seiring perkembangan teknologi, gawai pintar kini dapat terhubung dengan berbagai perangkat elektronik lain melalui jaringan internet termasuk mobil.

Mobil yang sudah dapat dikoneksikan dengan smartphone ini yang kemudian disebut dengan connected car

 

Mengenal connected cars

Jika kamu membeli mobil baru, banyak di antaranya yang mengklaim bahwa mobil tersebut berstatus connected cars. Mobil tersebut bisa tetap menghubungkan pengendara dengan dunia melalui telepon pintar yang terkoneksikan oleh fitur di dalam mobil.

Baca juga: Mengapa di Indonesia Setir Mobil Ada di Kanan?

Mobil ini merupakan inovasi terbaru yang dilengkapi dengan sistem berbasis Internet of Things (IoT) sehingga dapat terhubung dengan smartphone. Oleh karena itu, pengemudi bisa melakukan komunikasi dua arah menggunakan gawai pintar itu tanpa melepas setir.

Inovasi ini tentunya melengkapi sistem keselamatan dan keamanan yang terpasang pada kendaraan. Bahkan, teknologi yang berkembang semakin canggih ini pun bisa mendeteksi lokasi Global Positioning System (GPS).

 

Keunggulan connected cars

Selain melengkapi sistem keselamatan dan keamanan, tentunya inovasi yang disematkan pada mobil ini memiliki berbagai keunggulan yang menghasilkan pengalaman yang lebih baik. Pengalaman apa saja yang bisa diberikan oleh connected car? Berikut informasinya.

 

1. Riwayat kendaraan

Salah satu keunggulan yang ditawarkan connected cars adalah pemilik kendaraan dapat memantau kendaraan secara menyeluruh melalui smartphone. Hal ini merupakan pengalaman baru di industri otomotif.

Baca juga: Ternyata ini Arti Kode Angka yang Tertera pada Pom Bensin Pertamina

Untuk itu, pabrikan pun menyematkan beberapa fitur guna membantu melakukan pengecekan kesehatan kendaraan, di antaranya manual/automatic diagnostic report yang secara otomatis bisa mendiagnosis kejanggalan dalam mobil.

Tidak hanya itu, mobil ini memiliki fitur Driving Information and Vehicle Health Report yang memberikan laporan bulanan terkait aktivitas mobil. Fitur Vehicle Status Check/Notification juga menginformasikan kondisi perawatan mobil pada aplikasi.

 

2. Tingkatkan keamanan

Connected car dibekali dengan sistem keamanan canggih seperti fitur tracking yang terkoneksi dengan smartphone. Fitur ini mampu melacak dan melakukan panggilan kepada call center untuk mematikan pengoperasian kendaraan jika terjadi pencurian.

 

3. Atur batas kecepatan

Dilengkapi dengan fitur speed notification, pengendara bisa mengatur batas kecepatan maksimum kendaraan serta akan langsung mendapatkan notifikasi jika berkendara melebihi batas yang sudah ditentukan.

 

Ciri connected car

Sayangnya meskipun di tahun 2023 ini sudah banyak mobil yang punya teknologi canggih, tapi tidak semua mobil punya teknologi connected car atau IoT. Berikut adalah ciri ciri mobil yang biasanya punya teknologi connected car.

 

1. Bluetooth dan USB Power Port

Hadirnya teknologi bluetooth di dalam mobil atau head unit memungkinkan pengendara memutar lagu atau tayangan video melalui smartphone yang dikoneksikan pada layar dashboard tanpa menggunakan kabel.

Baca juga: Sedang Mengincar BMW 320i E90? Ini Dia Plus Minusnya!

USB Power Port tentunya digunakan untuk mengisi ulang daya baterai smartphone dalam perjalanan. Selain itu, port ini juga bisa digunakan untuk mengoneksikan perangkat penyimpanan seperti flashdisk untuk memutar lagu di mobil.

 

2. Hands-free

Teknologi hands-free pada mobil merupakan salah satu fitur yang menjaga keamanan dan kenyamanan pengendara. Pasalnya, meskipun pengendara wajib berkonsentrasi secara penuh saat mengemudi, mereka seringkali mendapatkan panggilan mendesak.

Fitur ini membuat pengendara dapat menjawab panggilan tanpa melepaskan tangan dari kemudi untuk mencari atau menjawab panggilan di telepon pintar dengan satu tangan. Hal ini tentu mempertaruhkan keamanan saat mengemudi.

 

3. Apple CarPlay atau Android Auto

Banyak pabrikan connected car yang telah menjalin kerja sama dengan Google maupun Apple. Oleh karena itu, head unit kerap dilengkapi dengan Apple CarPlay maupun Android Auto. 

Baca juga: Daihatsu dan Toyota Recall Ribuan Mobil, Apa Alasannya?

Dengan fungsi yang sama, keduanya dapat menghubungkan smartphone ke layar dashboard. Hal ini diperlukan agar pengendara bisa mengoperasikan tanpa menekan tombol, cukup dengan suara. Sehingga, tidak mengganggu aktivitas saat mengemudi.

Yang membedakan keduanya hanya ada pada konektivitas sistemnya. Apple CarPlay bisa menghubungkan produk Applenya dengan mobil, sedangkan Android Auto untuk smartphone dengan sistem operasi Android. 

 

4. Pengendalian fitur kendaraan di head unit

Salah satu ciri mobil connected car adalah semua fitur dan pengendaliannya diatur lewat head unit. Misalkan saja seperti pengaturan lampu, pengaturan spion, pengaturan sunroof dan lain sebagainya semua sudah ada didalam integrasi head unit tersebut.

Jadi gimana, setelah mengetahui berbagai keunggulan dan fungsi yang canggih, kamu tertarik untuk cari-cari mobil berstatus connected car? Tenang aja, supaya tidak merogoh kocek yang dalam, kamu bisa cari berbagai connected car atau varian mobil lainnya di mobbi.

Yuk, segera kunjungi mobbi dan kamu temukan mobil idaman beserta informasi menarik lainnya. mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan