×

blog/kenal-lebih-dekat-dengan-speedometer-sumber-informasi-mobil-kamu-012023

Kenal Lebih Dekat Dengan Speedometer, Sumber Informasi Mobil Kamu!

24 Jan 2023

Speedometer merupakan salah satu komponen yang berperan penting dalam keamanan berkendara. Pengendara dapat memperoleh informasi kondisi mobil, baik saat berhenti maupun saat melaju. 

Baca juga: Odometer Digital Dipalsukan, Memangnya Bisa ya?

Jika komponen mengalami masalah, hal ini akan mengganggu keamanan dan kenyamanan berkendara. Kamu perlu memberikan perawatan tepat untuk komponen ini agar berfungsi optimal.

 

Fungsi speedometer

Dalam berkendara, speedometer juga memiliki beberapa fungsi penting untuk membantu pengendara, seperti:

 

1. Memberi informasi kecepatan mobil

Komponen ini memberikan informasi mengenai kecepatan yang ditempuh. Kamu dapat menyesuaikan kecepatan mobil sesuai kondisi jalan dan sekitarnya. 

 

2. Sebagai sumber informasi mengenai kapasitas bahan bakar

Pengendara mobil dapat mengetahui bahan bakar yang tersedia di tangki bensin tanpa perlu turun dari kendaraan. Pengendara juga dapat memperkirakan kapan perlu isi bahan bakar.

 

3. Memberi petunjuk posisi gigi transmisi dan lampu

Pengendara dapat mengecek gigi transmisi sudah sesuai atau belum dengan kondisi jalan yang dilalui. Penggunaan gigi transmisi yang tepat tentunya memberikan kenyamanan dalam berkendara. 

Baca juga: Tips Beli Mobil Bekas Online, Bagaimana Sih Caranya?

Selain itu, kondisi lampu sein maupun lampu utama yang menyala ataupun mati juga terlihat di komponen ini. Kamu tidak perlu turun dari mobil untuk mengeceknya.

 

4. Menunjukkan jarak tempuh yang dituju

Bagi pelaku perjalanan, kamu mengecek jarak yang ditempuh hanya dengan melihat ke speedometer. Kamu juga bisa memperkirakan kapan waktunya untuk ganti ban mobil, aki, dan lain-lain. 

 

Jenis speedometer

Secara umum terdapat dua jenis speedometer yang biasa digunakan oleh mobil-mobil yang ada di pasaran saat ini.

 

1. Speedometer analog

Speedometer jenis ini menggunakan sistem roda bergigi yang dipasangkan dengan poros roda. Data yang ditampilkan pada layar berupa jarum yang menunjuk pada  kecepatan berkendara. 

 

2. Speedometer digital

Speedometer jenis ini mudah ditemui pada mobil-mobil keluaran terbaru. Sistem kerjanya menggunakan magnetic dan pulser pada roda. Tampilan yang ditampilkan pada layar adalah berupa angka yang lebih akurat. 

Baca juga: Istilah Jual Beli Mobil Biar Luwes Saat Main ke Showroom dan Negosiasi

Baik analog maupun digital, speedometer membutuhkan perawatan agar kinerjanya maksimal walaupun berada di area dalam mobil. Dengan begitu, kamu dapat menghemat pengeluaran untuk service mobil. 

 

4 tips mudah bagi Anda untuk menjaga agar komponen tidak cepat rusak

 

1. Bersihkan speedometer secara berkala

Pembersihan secara berkala dapat menghilangkan jamur dan debu yang mengendap pada layar speedometer. Kamu dapat menggunakan kain lap lembut yang sudah dibasahi dengan air atau menggunakan kanebo. Usap perlahan dan keringkan agar tidak timbul bercak air yang kering.

 

2. Jauhkan dari air 

Komponen ini jangan sampai terkena air dalam jumlah yang banyak. Jika air masuk ke bagian dalam, komponen ini bisa mengalami korsleting yang menyebabkan kerusakan. 

 

3. Sebisa mungkin hindari komponen dari sengatan matahari secara langsung

Ketika memarkirkan mobil dalam jangka waktu yang lama, pilihlah lokasi yang rindang. Terkena sinar matahari lama tentu akan meningkatkan suhu di dalam mobil. 

Sinar matahari yang langsung mengenai speedometer dapat mengakibatkan rusaknya cat yang ada pada komponen. Sebisa mungkin pilih area parkir yang teduh. Jika terpaksa berada di tempat yang panas, tutupi komponen dengan cover khusus.

Baca juga: Tips Merawat Dashboard Mobil yang Sering Parkir Outdoor

Kamu bisa menyesuaikan bentuk penutup ini dengan desain interior dan warna mobil. Dengan begitu, tampilan dashboard mobil tidak hanya terlindungi, tapi juga stylish.

 

4. Jauhkan dari medan magnet yang kuat

Keberadaan medan magnet yang kuat di sekitar speedometer dapat berefek pada kinerja instrumen di dalamnya. Hal ini bisa menyebabkan  berkurangnya kinerja dan fungsi alat multifungsi ini. 

Speedometer yang selama ini pengendara lihat ketika berkendara ternyata memiliki peran dan fungsi yang penting saat berkendara. Dengan perawatan yang tepat, tentunya diharapkan komponen ini dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Baca juga: Dampak Negatif Bila Mobil Sering Terjemur Matahari

Tertarik untuk mengganti mobil dengan jarak tempuh yang lebih rendah dari mobil yang sekarang? Intip beragam jenis mobil bekas berkualitas hanya dalam satu kali akses di mobbi. Harganya bersaing dengan proses yang mudah dan cepat. 

Unduh segera aplikasi mobbi di Play store atau App Store di handphone kamu untuk mendapatkan informasi terbaru. Cari mobil bekas? Semua ada di mobbi!

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan