×

blog/kelebihan-rem-abs-sebagai-fitur-keselamatan-di-mobil-122022

Kelebihan Rem ABS Sebagai Fitur Keselamatan di Mobil

29 Des 2022

Meski sudah menjadi fitur keselamatan standar pada mobil masa kini, nyatanya masih banyak yang tidak tahu apa saja kelebihan rem ABS. 

Anti-lock Braking System atau rem ABS sendiri merupakan fitur keselamatan pada kendaraan yang berfungsi untuk mempertahankan traksi ban terhadap jalan saat pengemudi melakukan pengereman.

Baca juga: 10 Tips Aman Menghindari Diri Dari Tindak Pencurian Mobil

Fitur ini juga dapat mencegah roda kendaraan agar tidak terkunci, dan menghindari laju kendaraan yang tidak terkendali. Lantas, apa saja kelebihannya?

 

Kelebihan rem ABS

Salah satu kelebihan rem ABS adalah sangat pakem saat digunakan di jalan raya beraspal atau berpasir. Tak hanya itu, jenis rem ini juga memiliki reaksi yang lebih cepat dibandingkan rem biasa model cakram atau tromol, sehingga risiko kecelakaan lebih kecil.

Karena rem ABS mampu mencegah roda kendaraan agar tidak terkunci, mobil pun menjadi mudah dikendalikan jika melakukan pengereman secara mendadak. Kelebihan rem ABS yang satu ini membuat mobil jadi lebih stabil dan terhindar dari risiko tergelincir atau terbalik.

 

Cara kerja rem ABS

Dengan berbagai kelebihan tersebut, ternyata begini cara kerja rem ABS.

 

1. Sensor kecepatan

Sensor kecepatan pada rem ABS berperan untuk membaca kecepatan putaran roda mobil selama berkendara.

 

2. Controller

Controller bekerja sebagai pengendali katup dan juga mengolah data dari sensor kecepatan yang ada di semua bagian roda.

 

3. Katup pengereman

Pada jalur minyak rem, terdapat sebuah katup pengereman atau hydraulic unit yang dikendalikan oleh controller ABS. Umumnya ada 3 katup rem pada ABS.

Baca juga: Perawatan Mesin Turbo, Jaga Oli dan Kualitas Bahan Bakar

Katup pertama merupakan katup yang tidak tertutup atau dalam kondisi terbuka penuh dapat meneruskan minyak rem tanpa hambatan ke rem secara langsung.

Katup kedua merupakan kebalikan dari katup pertama, yakni akan menghalangi proses perpindahan minyak rem, sehingga meskipun pengemudi menekan rem mobil tekanan tidak akan diteruskan menuju rem oleh sistem ABS.

Katup ketiga juga akan menghalangi sebagian minyak rem saat dialirkan menuju rem, sehingga walaupun pengemudi menekan rem penuh, tekanan yang diberikan berkurang menjadi setengahnya saja.

 

4. Pompa rem ABS

Rem ini juga memiliki sebuah pompa. Pompa tersebut berfungsi untuk mengembalikan tekanan pada jalur pengereman yang dilepaskan oleh katup ke rem.

Baca juga: 6 Cara Merawat Electric Power Steering Biar Lebih Awet 

Sederhananya, controller akan mengirimkan data yang didapatkan dari sensor, kemudian memerintahkan katup untuk menghalangi tekanan. 

Setelah itu, saat roda berputar kembali, sensor kecepatan akan memerintahkan katup pertama melakukan tugasnya, sehingga tekanan minyak rem akan berpindah ke rem.

 

Apakah rem ABS butuh perawatan?

Sama seperti komponen lainnya, perawatan yang baik juga dibutuhkan rem ABS. Apalagi, rem ABS juga memiliki beberapa kekurangan, seperti kurang optimal jika berjalan di medan yang berkerikil dan tidak rata. 

Baca juga: Jenis SIM Indonesia yang Bisa Digunakan di Luar Negeri

Kinerja rem ABS juga kurang optimal apabila komponen rem sedang basah. Itulah mengapa, perawatan sangat diperlukan agar kinerjanya tetap maksimal di segala kondisi. Begini caranya:

1. Guna menghindari kondisi rem blong, sebaiknya jangan terlalu      sering menginjak pedal rem.

2. Rem ABS memiliki sensor kecepatan pada roda. Untuk mencegah karat, bersihkan secara teratur dengan cairan khusus. 

3. Pengereman yang dapat bekerja dengan sempurna tidak luput dari kondisi ban yang prima. Untuk itu, apabila ban telah mengalami kebotakan, segera menggantinya dengan yang baru demi keselamatan.

4. Jika lampu sensor ABS menyala pada layar MID, segera bawa ke bengkel resmi. Hindari membongkar rem ABS sendirian tanpa tenaga ahli.

5. Gunakan minyak rem yang tepat dan sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Mudah kan? Selain merawat rem ABS, pastikan kamu juga merawat mobil secara keseluruhan agar kondisinya selalu prima dan harga jualnya terjaga.

Baca juga: Jual dan Tukar Tambah Mobil Bisa Dapet Cashback hingga Rp 3 Juta? YA IYA DONG! #mobbidariASTRA!

Yup, mobil yang sehat akan membuat kamu terhindar dari kerugian saat hendak menjualnya. Apalagi, kalau jual di mobbi!

Mobil kamu akan dicek secara akurat oleh ahli dari Astra, jadi kamu dijamin mendapatkan harga terbaik! Spesial bulan Desember 2022, jual mobil di mobbi bisa dapat tambahan cashback hingga Rp 3 juta!

Tunggu apalagi? Yuk kunjungi mobbi sekarang! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan